Sukses

KSAU: Engine Fire Terjadi Saat Jet F-16 di Halim Mau Take Off

Jet tempur F-16 yang meledak dan terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma hibah dari Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) meledak dan terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pagi ini pukul 08.20 WIB. Pesawat tersebut hibah dari Amerika Serikat.

"Jadi, pesawat itu pas mau take off terjadi engine fire. Kemudian hingga terjadi kebakaran," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/4/2015).

Agus menjelaskan, di dalam tangki mesin jet tempur F-16 masih ada bahan bakar. Pesawat yang diproduksi tahun 1980-an itu pun terbakar.

Dia menyatakan, belum bisa memastikan penyebab pasti pesawat meledak dan terbakar. Pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu. "Saya mau ke sana sekarang (Lanud Halim perdanakusuma), tapi saya pastikan ada sesuatu di engine fire," kata Agus.

F-16 milik TNI AU meledak di Lanud Halim Perdanakusuma pada Kamis pukul 08.20 WIB. Jet meledak saat akan tinggal landas di landasan 6 Lanud Halim Perdanakusuma. Setelah meledak, api lalu membakar badan jet tempur tersebut.

Pilot jet tempur Letkol Penerbang Firman dinyatakan selamat setelah keluar dengan kursi pelontar. Dia kini tengah menjalani perawatan.

Jet tempur dengan nomor tail TS-1643 ini berencana melaksanakan misi Fly Pass dalam rangka pembaretan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai warga kehormatan TNI. Dalam misi itu, pesawat yang meledak dipiloti Letkol Pnb Firman, bersama 3 pesawat F-16 lain yakni TS-1606 dengan pilot Alimi, TS-1608 dengan pilot Andri, dan TS-1610 dengan Gigih. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.