Sukses

Konferensi Asia-Afrika Libatkan Ratusan Wartawan Seluruh Dunia

Ratusan wartawan dari seluruh dunia telah terdaftar untuk meliput Konferensi Asia-Afrika (KAA).

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan ratusan wartawan dari seluruh dunia telah terdaftar untuk meliput Konferensi Asia-Afrika (KAA). Pihak Kemenkominfo yang ditunjuk sebagai penanggung jawab media mengatakan jumlah tersebut kemungkinan akan masih terus bertambah hingga seribu wartawan.

"425 Wartawan dengan melihat perkembangan jumlah tersebut untuk meliput KAA. Dalam rancangan yang saya paparkan adalah kapasitas untuk 600 orang, dan kita upgrade kapasitas jadi seribu orang," ujar Panitia KAA dari Kemenkominfo Ferdinand Bennyanto di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

Saat acara Konferensi Asia-Afrika digelar di Jakarta‎, para wartawan akan ditempatkan di Hall B JCC. Sementara, saat acara berlangsung di Bandung, para wartawan akan ditempatkan di beberapa tempat, yakni di Gedung PGN bisa tampung 200-300 orang dan ada halaman luas tapi berjarak 300 meter dari titik liputan hystorical walk, Ibis Style-Braga, dan New Majestic, dan Gedung Kimia Farma Braga-Asia Afrika.

‎"Akan disediakan 150 komputer, ada mini studio, LED screen 4 x 8 meter, booth media partner yang kami sewakan. Kami paham rekan media ingin ada privasi untuk editing dalam kaitan yang telah dilaksanakan," tutur Ferdinand.

"Untuk kecepatan internet sendiri, telah dipersiapkan kecepatan internet 2 GB per second. Ada beberapa tempat yang tak secepat itu, tapi minimal 100 MB per second," tambah dia.

Ferdinand juga menuturkan untuk peringatan Konferensi Asia-Afrika di Bandung, pemerintah telah menyiapkan 10 bus untuk mengangkut 200 media. Lokasi keberangkatan belum‎ diberitahu, tapi waktu keberangkatan akan dilakukan pukul 04.30 WIB. (Luq/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.