Sukses

Jokowi: Jangan Panas-panasi, Australia Kan Sudah Klarifikasi

Presiden Jokowi enggan menanggapi pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang ‎mengungkit bantuan 1 miliar dolar Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi enggan menanggapi pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang ‎mengungkit bantuan sebesar 1 miliar dolar Australia dari negaranya ‎saat tsunami Aceh 2004 silam.

"Itu kan sudah diklarifikasi (dari Menlu Australia) dari kemarin. Kita melihat sudah ada klarifikasi, itu saja," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Pusat, Senin (23/2/2015).

Menurut Jokowi, klarifikasi yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop sudah cukup jelas.

"Kita melihat ada klarifikasi. Jadi jangan panas-panasin. Kan sudah diklarifikasi," kata dia.

Terkait dengan aksi pengumpulan koin untuk mengembalikan dana bantuan bencana tsunami kepada pemerintah Australia, Jokowi juga enggan bersuara. Namun dia memastikan, apapun bentuk lobi pemerintah Australia, tidak akan mempengaruhi eksekusi mati yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Oh itu tidak. Itu kedaulatan hukum kita," tegas Jokowi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, pemerintah akan mengembalikan bantuan 1 miliar dolar Australia dari Australia saat tsunami Aceh 2004 lalu. Hal itu bakal dilakukan bila Negeri Kanguru itu mengharap pamrih menuntut pembatalan eksekusi mati 2 warganya yang terlibat dalam peredaran narkoba.

"‎Kalau begitu (pembatalan eksekusi mati) tidak dianggap kemanusiaan, kita kembalikan saja (dana bantuan dari pihak Australia)," ucap JK.

Warga seantero Tanah Air tengah gerah dengan pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang berharap pemerintah mau membatalkan hukuman mati itu dengan mengungkit bantuan negaranya saat tsunami Aceh 2004 lalu. Tak lama setelah pernyataan Abbott itu, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menelepon Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK.

Telepon dari Bishop itu untuk mengklarifikasi maksud dari pernyataan Abbott tersebut. Bishop mengatakan, Abbott tak bermaksud mengungkit bantuan untuk korban tsunami Aceh. Penyataan dari Abbott ditujukan untuk menggambarkan eratnya relasi antara Australia dan Indonesia. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini