Sukses

Ratusan Pengemis Rebutan Angpao Imlek di Wihara Petak Sembilan

Saat pembagian angpao, sempat terjadi kekacauan karena pengemis berebut uang angpao.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan imlek di Wihara Dharma Bhakti Petak Sembilan Glodok Jakarta Barat, tidak cuma dipadati etnis tionghoa yang datang ke tempat peribadatan tersebut. Wihara juga diserbu ratusan pengemis.

Para pengemis tersebut datang untuk meminta angpao dari para umat sebelum dan seusai sembahyang. Saat pembagian angpao, sempat terjadi kekacauan karena mereka berebut uang angpao.

Menurut anggota Linmas RW 02 Glodok yang tengah berjaga, Hawasi, ratusan pengemis musiman selalu mendatangi wihara tiap tahun. Para pengemis tersebut dipastikan bukan dari penduduk sekitar wihara.

"Ini (para pengemis) datang dari Tangerang, Cikarang, Indramayu," jelas Hawasi di Wihara Dharma Bhakti, Jakarta Barat, Kamis (19/2/2015).

Hawasi mengatakan, pengemis-pengemis ini sudah menginap dan berkeliaran di sekitar Wihara sejak Rabu 18 Februari 2015 kemarin. "Ini mereka dari kemarin sudah ada dari malam," kata dia.

Dia mengatakan, para pengurus wihara Petak Sembilan sudah menyediakan wadah yang dikhususkan untuk menampung uang pemberian para pesembayang yang nantinya akan dibagikan langsung setelah acara sembahyang selesai.

"Kita kumpulin dulu nanti kan kita bagi. (Kita bagi) rata semuannya," pungkas Hawasi. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.