Sukses

Penampakan Memory Data Black Box AirAsia Paling Bikin Penasaran

Black box AirAsia berhasil ditemukan. Benda ini menyimpan memiliki memori modul yang merekam seluruh data penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta - Tim SAR berhasil menemukan dan mengangkat black box AirAsia Qz8501. Benda ini menyimpan seluruh data selama penerbangan sehingga dapat menguak apa yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi.

Ketua Tim Investigasi AirAsia Mardjono Siswosuwarno mengungkapkan memory data di black box. Kendati ukuran kecil, namun dapat merekam seluruh data penerbangan dan suara pilot selama menerbangkan pesawat.

Berita ini menjadi terpopuler sepanjang Rabu 14 Januari 2015. Selain informasi tewasnya ratu kecantikan usai sedot lemak.

Berikut 5 kabar yang paling hits yang dihimpun Liputan6.com, Kamis (15/1/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Misteri Angka 3

1. Misteri Angka 3 di Balik Pencarian AirAsia QZ8501

Angka 3 mewarnai proses pencarian dan evakuasi pesawat AirAsia di Perairan Karimata, Kalimatan Tengah. Seperti saat penemuan sinyal emergency locater transmitter (ELT) black box AirAsia pada Minggu 11 Januari 2015.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengatakan, penemuan ini lebih cepat 3 hari dari target yang ditentukan, yakni 17 hari. Pada hari penemuan sinyal black box, 3 jenazah korban AirAsia juga berhasil diidentifikasi. Tak hanya itu, ekor pesawat yang ditemukan pada Sabtu 10 Januari 2015 pukul 06.02 WIB, juga diwarnai angka 3. Yaitu diangkat dari kedalaman 34,6 meter.

Mengapa demikian? Selengkapnya silakan baca di sini.

3 dari 6 halaman

Ratu Kecantikan Tewas

2. Ratu Kecantikan Tewas Usai Sedot Lemak

Kematian tragis menimpa ratu kecantikan dari Duran, Ekuador. Gadis bernama Catherine Cando itu tewas mengenaskan usai menjalani prosedur sedot lemak (liposuction) yang merupakan hadiah dari ajang kontes tersebut.

Model glamor itu memenangi gelar Queen of Duran pada Oktober 2014. Sebagai kompensasinya, ia mendapatkan sebuah mobil baru, tablet pintar, dan  pengobatan bedah kosmetik gratis.

Bagaimana kronologinya? Berikut klik di sini.

4 dari 6 halaman

Penampakan Memory Data

3. Ini Penampakan Memory Data di Black Box AirAsia QZ8501

Black box berhasil ditemukan tim SAR. Bagian terpenting ada pada besi berbentuk tabung yang cukup besar pasa bagian tengah black box. Tabung ini terbuat dari besi baja dan dilapisi keramik. Sehingga tahan panas hingga 1.200 derajat Celsius.

Bagian ini menjadi penting karena menyimpan memori modul di dalamnya. Memori modul inilah yang merekam seluruh data penerbangan dan suara pilot selama menerbangkan pesawat.

Meski dapat menyimpan data begitu besar, memori modul sesungguhnya berukuran kecil. Hanya berdiameter 3 cm.

Selengkapnya ada di sini.

5 dari 6 halaman

Foto Mirip Ketua KPK

4. Abraham Samad: Foto Itu Gosip untuk Menghancurkan Saya

Sejumlah foto mesra pria yang mirip Ketua KPK Abraham Samad dengan seorang perempuan muda beredar di jagat maya. Foto itu menyebar hanya beberapa jam setelah pengumuman calon Kapolri Pol Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi.

Dalam pesan singkat ke Liputan6.com, Abaraham Samad mengatakan, "Ini gosip yang sengaja disebarkan untuk menghancurkan diri saya dan mengkriminalisasi saya."

Selengkapnya baca di sini.

6 dari 6 halaman

Badan Pesawat Ditemukan

5. Menhan Singapura Unggah Foto Badan AirAsia QZ8501 di Dasar Laut

Beberapa pecahan badan pesawat AirAsia QZ8501 akhirnya ditemukan di dasar laut perairan Laut Jawa. Puing-puing pesawat jenis Airbus A320-200 tersebut ditemukan oleh tim pencari dari Singapura.

Menteri Pertahanan (Menhan) Singapura Ng Eng Hen mengunggah sejumlah foto badan AirAsia QZ8501 yang berhasil dijepret perangkat canggih yang dikendalikan anak buahnya dari tim Angkatan Laut Negeri Singa. Foto itu dimuat di laman Facebook-nya.

Selengkapnya silakan klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini