Sukses

Dusun Jemblung Longsor Lagi, Jalan Utama Banjarnegara Terputus

Longsor kembali terjadi di Dusun Jemblung, Banjarnegara. Akibat longsor itu, ruas jalur utama Banjarnegara-Karangkobar terputus.

Liputan6.com, Banjarnegara - Longsor kembali terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah. Akibat longsor itu, ruas jalur utama Banjarnegara-Karangkobar terputus.

"Ruas jalan tersebut kembali tertutup longsor pada pukul 18.05 WIB akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Karangkobar sejak pukul 17.00 WIB," ujar Koordinator Posko Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo, Minggu (4/1/2015) malam.

Menurut dia, longsoran dari tebing setinggi 10 meter tersebut tidak hanya menutup ruas jalan tetapi juga jembatan darurat pelat baja di Dusun Jemblung. Sebab itu, ruas jalan Banjarnegara-Karangkobar yang juga merupakan jalan utama menuju Kabupaten Pekalongan, serta dataran tinggi Dieng untuk sementara ditutup dan arus kendaraan dialihkan melalui jalur alternatif.

"Alhamdulillah pada saat longsor itu terjadi, tidak ada kendaraan atau warga yang melintas. Mereka memilih jalur alternatif jika terjadi hujan deras. Kami berencana memberseihkan material longsoran yang menutup ruas jalan dan jembatan itu besok pagi. Jika kondisi cuaca cerah," kata dia.

Sebelumnya pada 12 Desember 2014, bencana tanah longsor yang melanda Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, 98 korban ditemukan meninggal, dan 21 lainnya dinyatakan hilang. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.