Sukses

Ditolak 2 RS, Bayi Firdaus Akhirnya Dirawat di RSUD Koja

Bayi Firdaus yang mengalami cacat bawaan ini sebelumnya dilaporkan sempat ditolak 2 RS.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bolak-balik ke sejumlah rumah sakit, Muhammad Firdaus bayi pengidap kelainan konginetal multiple atau cacat bawaan lahir akhirnya mendapat penanganan medis yang memadai di RSUD Koja, Jakarta Utara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (2/12/2014), meski baru sejak semalam dipindahkan dari Puskesmas Koja, kondisi kesehatan bayi berusia 3 hari ini terus membaik.

Dari balik kaca inkubator ruang perinatologi putra pasangan Daud dan Nur Rahmah ini terlihat terlelap. Sesekali bayi mungil tersebut mencoba menggerakan anggota tubuhnya.

Pihak RSUD Koja sendiri membantah sempat menolak merawat Firdaus ketika dirujuk dari Puskesmas Kecamatan Koja pada Minggu 30 November malam lalu. Saat itu dokter Instalasi Gawat Darurat (IGD) menganggap jika Firdaus harus diperiksa oleh tenaga ahli yang menguasai kelainan konginetal multiple.

Lantaran tak memiliki tenaga ahli, RSUD Koja kemudian menyarankan agar pasien dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Dari hasil pemeriksaan di RSCM, kondisi Firdaus belum memerlukan tindakan medis lanjutan dan dianjurkan untuk rawat jalan.

Muhammad Firdaus lahir di Puskesmas Koja pada Minggu 30 November lalu. Bayi yang menderita kelainan bawaan ini lahir dengan berat 2,3 kilogram dan panjang 48 centimeter.

Kini orangtua Firdaus yang hanya bekerja serabutan bisa bernafas lega karena biaya pengobatan anaknya ditanggung Pemprov DKI Jakarta. (Nfs/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini