Sukses

Jelajah Kuliner: Nikmatnya Tiram Mentah di Sydney Harbour

Liputan6.com, Sydney - Singgah ke Australia belum lengkap rasanya bila belum mengunjungi Sydney Harbour. Ada ikon kota yang wajib Anda abadikan, yakni Opera House dan Sydney Harbour Bridge.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (22/11/2014), sambil pelesir di negeri kanguru, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas pelabuhan Sydney, yakni oyster atau tiram yang disajikan mentah. Tentu saja hidangan laut ini berasal dari perairan yang bersih.

Rhys salah satu koki di restoran The Sydney Cove mengatakan, ada 2 jenis tiram yang digunakan di tempat tersebut. Yakni Sydney oyster dan Pacific oyster.

"Kita ada 2 jenis tiram. Yakni tiram mentah Sydney yang lebih populer berasal dari daerah sekitar sini. Dan tiram dari lautan pasifik dengan ukuran yang lebih besar. Tiram ini berasal dari perairan dingin daerah Tasmania dan Australia Selatan," jelas Rhys.

Perbedaan 2 jenis tiram tersebut lebih terlihat pada ukurannya. Tiram Sydney ukurannya lebih kecil. Sedangkan tiram Pasifik ukurannya lebih besar. Meski mentah, penyajian tiram ini dijamin higienis.

"Tiram dibersihkan dengan cara disiram menggunakan air matang. Kemudian tiram disimpan dalam suhu 4 derajat hingga 7 hari," tambahnya.

Agar lebih nikmat, tiram mentah ini bisa disajikan dengan perasan jeruk lemon dan cuka Meksiko. Anda penasaran? Silakan mencobanya. (Ali)

Loading