Sukses

Partai Nasdem Terima Hasil Lobi KIH dengan KMP

Nasdem menyebut hasil lobi yang dilakukan KIH dengan KMP adalah sebuah kemajuan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem di DPR menyatakan menerima hasil lobi yang dilakukan perwakilan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yakni Pramono Anung dan Olly Dondokambe dengan Pihak Koalisi Merah Putih (KMP). Sekretaris Jenderal Nasdem Patrice Rio Capella bahkan menyebut hasil lobi yang dilakukan kedua politisi PDIP dengan KMP tersebut sebuah kemajuan.

"Nasdem memandang ini adalah kemajuan dan ini hal terbaik untuk kepentingan bangsa agar kita bisa bekerja maksimal," kata Rio di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/11/2014).

Rio berujar, dengan terjadinya islah dari hasil lobi tersebut, DPR dan pemerintah bisa mulai bekerja maksimal. Karena dengan adanya perseteruan KIH dan KMP, tugas DPR terganggu dan tidak bisa melakukan konsolidasi dengan pemerintah sebagai mitra kerja.

"Nasdem sambut gembira bahwa yang paling penting DPR dan pemerintah kuat. Tak boleh DPR lemah dan pemerintah lemah, harus ada titik keseimbangan," ujar dia.

Salah satu poin dalam kesepakatan islah adalah, KIH mendapatkan 21 kursi pimpinan alat kelengkapan dewan. Rio menambahkan, fraksinya berharap segera dilakukan paripurna agar proses di legislatif cepat berjalan.

"Pada prinsipnya pertemuan itu mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat segera dilakukan sehingga proses berjalan. Hal-hal prinsip harus dikoreksi dan diperbaiki," imbuh Rio.

Rio juga menyatakan agar proses pengubahan UU MD3 berjalan cepat yang menyebutkan soal pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD), Faksi Nasdem akan segera mengirim nama anggotanya untuk masuk ke Badan Legislasi terlebih dahulu.

Menurutnya, setelah revisi dilakukan, anggota KIH dapat mengisi posisi tambahan di pimpinan alat kelengkapan dewan.

"Tapi kalau memang diminta langsung memasukkan nama untuk semua alat kelengkapan dewan, kami akan mengikuti keputusan bersama," tandas Rio. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.