Sukses

Hujan Sepekan Membuat Ribuan Rumah di Aceh Barat Daya Terendam

Ribuan rumah di Kabupaten Aceh Barat Daya terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan yang turun dalam sepekan terakhir.

Liputan6.com, Banda Aceh - Ribuan rumah di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan yang turun di kawasan tersebut dalam sepekan terakhir.

Hujan deras yang terus menerus dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sungai-sungai di Kabupaten Aceh Barat Daya meluap dan menggenangi ribuan rumah warga sejak Sabtu, 1 November 2014.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, banjir juga melanda Kecamatan Lembah Sabil, Babahrot, dan Kota Blangpidie.

"Akibat hujan deras menyebabkan sungai-sungai seperti Sungai Mangging, sungai Tangan-Tangan dan lainnya meluap. Ketinggian banjir mencapai 50-100 cm," ujar Sutopo Purwo, Minggu (2/11/2014).

Di Manggeng, sebanyak 3.000 rumah terendam, sedangkan di Tangan-tangan 1.000 unit, dan 2.000 unit rumah lainnya di Lembah Sabil juga digenangi air.

Saat ini tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, SAR dan Damkar sedang melakukan penanganan darurat. "Saat ini BPBD  Aceh Barat Daya memusatkan kegiatan evakuasi di Kecamatan Babaros. Pendataan masih dilakukan," pungkas Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini