Sukses

Umumkan Kabinet Kerja, Jokowi Minta Menterinya Lari

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengumumkan nama-nama menterinya hari ini, Minggu (26/10/2014), tepat pukul 17.16 WIB.
Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla. Terlihat juga disamping Jokowi istrinya, Iriana. Jusuf Kalla juga didampingi istrinya, Mufidah Jusuf Kalla.

Presiden Jokowi mengumumkan susunan kabinetnya di halaman belakang  Istana Merdeka. Berbeda dengan presiden-presiden sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan kabinetnya, yang disebut Kabinet Kerja, dengan cara unik.

Berseragam kemeja putih, seperti Jokowi dan JK, para menteri menunggu di tangga Istana Merdeka untuk dipanggil namanya satu-persatu.

Jokowi pun kemudian memanggil nama menterinya satu per satu. Diawali dari memanggil Rektor Universitas Gajah Mada, Pratikno, yang diangkat menjadi Menteri Sekretaris Negara.

Para menteri yang dipanggil namanya berlari dari tangga istana menuju presiden dan wakil presiden. Beberapa menteri yang berjalan diminta berlari oleh Jokowi. "Lari Pak," kata Presiden Jokowi kepada beberapa menteri pria.  

Namun Ketika Susi Pudjiastuti, yang disebut namanya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, lari menuju tempat pengumuman, Jokowi berceletuk, "Nggak usah lari-lari bu."   

Jokowi menunjuk 34 orang menteri. Empat di antaranya menjadi Menteri Koordinator.