Sukses

Bikin Bangga, Lukisan Karya Seniman Indonesia Arief Witjaksana Tampil di Digital Art Week Asia 2023 Jepang

Lukisan karya dari pionir seniman digital NFT Tanah Air Arief Witjaksana akan tampil di ajang Digital Art Week Asia 2023 Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Lukisan karya dari pionir seniman digital NFT Tanah Air Arief Witjaksana akan tampil di ajang Digital Art Week Asia 2023 Jepang.

Digital Art Week Asia merupakan ajang pameran bergengsi persembahan Shinwa ARTEX anak perushaan Shinwa Wise Holdings.

Ini merupakan gelaran ke-2 dari Digital Art Week Asia setelah sukses pada edisi pertama yang berlangsung Februari 2022.

Kegiatan Digital Art Week Asia akan berlangsung pada 24 hingga 29 Oktober mendatang. Acara ini akan menampilkan karya-karya para seniman ternama Jepang dan internasional dengan mengangkat tema 'gamifikasi'.

Dalam ajang Digital Art Week Asia kali ini, Founder perusahaan Art Company berbasis web3 Superlative Secret Society (SSS) Arief Witjaksana akan membawa karya seni yang disebut sebagai phygital.

"Sebuah karya seni lukisan yang menggabungkan unsur fisik dan teknologi blockchain NFT untuk melindungi karya seni fisik dari plagiarisme," ujar Arief melalui keterangan tertulis, Selasa (17/10/2023).

Dengan visi tersebut, Arief berhasil menciptakan sebuah mahakarya yang dinamakan 'Phygital Artwork' sebagai singkatan dari seni fisik dan digital secara bersamaan.

"Setiap lukisan fisik yang dipamerkan akan dilengkapi dengan chip NFC yang terhubung sebagai alat verifikasi keaslian karya," ucap dia.

Arief mengatakan, selain berguna sebagai alat verifikasi keaslian karya lukisan, NFC yang dibenamkan juga akan memberikan pengalaman yang lebih menarik dalam menikmati karya seni fisik. Dia berhasil memadupadankan teknologi Augmented Reality (AR) ke dalam karya Phygital miliknya.

"Hal ini memungkinkan pemirsa seni untuk merasakan perpaduan unik antara dunia fisik dan digital secara bersamaan," papar Arief.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Galeri NFT Fisik Pertama

Arief Witjaksana yang lahir pada 1989 itu berhasil menggemparkan pasar NFT lewat peluncuran karyanya melalui Superlative Secret Society dalam bentuk koleksi NFT dan menjadi pionir di Indonesia yang hingga saat ini mempunyai kolektor yang tersebar di seluruh dunia.

Arief Witjaksana merupakan salah satu orang yang telah berhasil menciptakan 11,111 proyek generative NFT artwork yang dapat dikoleksi yang terinspirasi oleh coretan pribadi.

Arief bekerja antara Jakarta dan Bali, tempat mengelola galeri digital-sentris terbesar dan satu-satunya di Indonesia. Dia akan membawa seni fisik digital blockchain ke Digital Art Week Asia 2023.

Superlative Gallery merupakan Galeri Digital Kelas Dunia Pertama di Asia Tenggara, Galeri NFT fisik yang dibangun oleh Superlative Secret Society untuk menyebarkan kesadaran dan memberikan paparan global kepada lebih banyak seniman. Dibangun dengan menerapkan konsep industrial di Bali, Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.