Sukses

Jokowi Makan Malam Bersama Dubes-dubes Negara Amerika

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri acara jamuan makan malam dengan para perwakilan duta besar negara-negara di sebagian benua Amerika. Acara yang dibalut dengan tema 'Diplomatic Corps Gathering' itu digelar di sebuah restoran mewah di Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat.

Pantauan liputan6.com, Jokowi tiba di lokasi pada pukul 19.20 WIB bersama dengan Plt Kepala Biro Kepala Daerah dan Hubungan Luar Negeri DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Dengan mengenakan kemeja batik berwarna cokelat, Jokowi memasuki ruangan pertemuan dan langsung menyapa serta menyalami para duta besar yang seluruhnya telah berkumpul sejak pukul 19.00 WIB.

Tampak di antara duta besar yang hadir yaitu Dubes Amerika untuk Indonesia Robert O Blake. Blake menjadi duta besar pertama yang menyapa Jokowi di cara tersebut. "Apa Kabar Bapak Duta Besar?" tanya Jokowi dalam bahasa Inggris.

Selain dihadiri Blake, duta besar di benua Amerika yang hadir adalah Duta besar Argentina, Duta besar Brazil, duta besar Kanada, duta besar Chile, duta besar Kolombia, dubes Ekuador, dubes Meksiko, dubes Paraguay, dubes Peru, dubes Suriname, dan dubes Venezuela.

Sebelum melakukan jamuan makan malam, Jokowi dan beberapa Dubes sempat berbincang santai dan saling bertanya mengenai perkembangan situasi ekonomi dan politik di beberapa negara di benua Amerika.

Acara makan malam sendiri digelar secara tertutup. Para wartawan yang meliput acara tersebut pun tidak diperkenankan oleh panitia acara untuk meliput kegiatan dalam ruangan tersebut.

Jokowi sebelumnya mengatakan acara jamuan makan malam bersama 14 duta bukanlah membahas sesuatu yang spesial dan terkait masalah politik. Pertemua itu hanya sebatas silaturahmi dan ajang diskusi sejumlah duta besar dengan Pemprov DKI Jakarta.

"Kita bicara problem-problem Jakarta, bagaimana investasi di Jakarta. Ya kita sampaikan kondisinya, gimana perizinannya, gimana peluangnya," ujar Jokowi usai makan malam tertutup itu.

"Tapi itu biasalah, kita hanya makan malam biasa kok, silaturahmi saja," tutup Jokowi.

Loading