Sukses

Guru Besar Ekonomi Khawatir Kasus BLBI Era Megawati Bisa Terulang

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia, Taufik Bahauddin menilai, kasus seperti penyalahgunaan fasilitas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dan penjualan aset negara kala pemerintahan dipimpin oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri bisa saja terulang, jika calon presiden Joko Widodo terpilih menjadi presiden Pemilu 2014.

"Bisa saja terulang. Kan bukan BLBI saja. Jual Indosat, jual kapal tanker VLCC Pertamina, jual gas murah ke China. Nanti (kalau kembali berkuasa) bentuknya bisa lain lagi," ujar Taufik dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/3/2014).

Kekhawatiran itu ada alasannya. Menurut Taufik, kualitas berpikir Jokowi memiliki kesamaan dengan Megawati. Apalagi sudah menjadi rahasia umum, kalau Jokowi sangat manut terhadap apapun yang diperintahkan Megawati.

Taufik mengatakan demikian, sebab sebagai orang nomor 1 di PDIP, pengambilan putusan Megawati terhadap anggota atau kadernya yang terbukti terlibat kasus korupsi masih perlu dipertanyakan. Hal itu yang dikhawatirkan Taufik, jika Jokowi tidak mengubah kualitas berpikirnya dalam mengambil suatu keputusan.

"Putusan seseorang adalah gambaran kualitas berpikirnya. Itu semuanya kan nyangkut ke korupsi. Kalau pola berpikirnya seperti itu, nilai-nilainya tidak berubah. Merasa malu tidak? Kan kira-kira begitu," tuturnya.

Mengenai upaya PDIP yang mengangkat sosok Jokowi sebagai capres supaya 'dosa' lama tak kembali diingat, Taufik menilai hal itu justru tidak berpengaruh. Apalagi, kata Taufik, Jokowi sebenarnya belum benar-benar teruji mengatasi masalah Jakarta.

"Dia (Jokowi) kan belum teruji. Di Jakarta sudah berhasil apa? Pencitraannya blusukan. Monorail? Macet? Ini kan belum. Pengadaan bus Transjakarta saja korup juga kan," pungkas Taufik.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Megawati Soekarnoputri
  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • PDIP