Sukses

Laptopper, Alas Laptop Unik dan Multifungsi

Liputan6.com, Jakarta: Pengguna komputer jinjing atau yang lebih dikenal dengan laptop, tentu senang menggunakan perangkat ini kapan dan di mana pun. Termasuk ditaruh di atas meja. Namun, posisi laptop tidak selalu sesuai dengan harapan, yaitu berada pada dudukan yang pas dan nyaman.

Melihat kebutuhan masyarakat akan alas laptop, Juananda Sutan Assin atau Nana terinspirasi membuat alas laptop yang unik dan multifungsi. Dengan modal awal sekitar Rp 20 juta, pada Desember 2007 silam, Nana memproduksi alas laptop yang diberi nama Laptopper. Menurut Nana, ide pembuatan Laptopper muncul berdasarkan kebutuhan pribadi. "Kalau di rumah pakai laptop, bingung, mau pakai alas apa," ujarnya.

Pada tahun 1970-an di Amerika Serikat, alas untuk komputer jinjing sudah beredar dalam bentuk meja yang dipangku. Kini, guna memberi kenyamanan bagi pemakainya, Nana mengolah bahan Laptopper berbentuk segiempat dengan lapisan bantal berisi sterofoam di salah satu sisinya. Ada tiga ukuran variasi yang biasa dibuat Nana yaitu 40 x 30 sentimeter untuk ukuran kecil, 40 x 50 sentimeter untuk ukuran sedang, dan 40 x 60 sentimeter untuk ukuran besar.

Motif dan bentuk alas yang diproduksi Nana tergolong unik. Misalnya bentuk buah apel atau personal laptop yang dilengkapi foto pemiliknya. Ada juga bentuk huruf V yang dapat digunakan untuk membaca buku atau mengaji Alquran. Sementara untuk motif, garis-garis masih menjadi incaran banyak konsumen. Ada juga motif denim, jeans, warna hitam putih bagi pengguna laptop Apple, bahkan ada perpaduan denim dan arcrilic. Nana juga menyediakan motif batik, maskulin, feminim, football, atau tren animal print.

Nana tidak sendiri mengerjakan pesanan Laptopper. Sebanyak 35 karyawan meliputi tenaga produksi dan pemasaran membantunya memproduksi sekitar 2.000 Laptopper. Untuk pemasaran, Nana dan Ramelan Kosasih, suaminya, rutin mengikutkan Laptopper dalam berbagai pameran di dalam dan luar negeri. Dengan demikian, order domestik dan ekspor pun berdatangan. "Pertama kali kita ikut pameran itu Desember 2007. Sekarang di Jakarta, beberapa di luar kota juga, Singapura, Malaysia, dan Melbourne di Australia. Kita juga memiliki consingment di beberapa toko buku di Jakarta," ujarnya.     

Harga jual untuk Laptopper buatan Nana bervariasi. Untuk ukuran kecil dijual seharga Rp 195 ribu, Medium Rp 235 ribu, serta ukuran besar Imbroderry masing-masing Rp 285 ribu. Laptopper pun makin mendapat sambutan positif dari masyarakat. Selain harganya terjangkau, model serta kualitas, kehadiran Laptopper sebagai pemenuh kebutuhan membuatnya banyak dicari. Menurut salah seorang pengguna, efek panas yang dikeluarkan laptop saat dipangku sering membuatnya kerepotan.

Produk dengan kandungan 50 persen bahan baku lokal ini juga memberikan layanan purnajual. Seandainya bantalan Laptopper kempes, akan diberikan layanan pengisian ulang sterofoam. Ke depannya, Nana dan suami berniat mengembangkan karya mereka agar lebih menarik dan multifungsi.(OMI/Tim Usaha Anda)


Feature ALAS LAPTOP (LAPTOPPER)
CP: Ibu Juananda Sutan Assin (Nana)
Jl. Karang Tengah Raya 1 No. 10
Jakarta Selatan 12440
Telp & Fax: 021 75816340 / 41
Hp: 08176633711