Sukses

Musim Paceklik Tiba

Kekeringan terjadi di sejumlah daerah antara lain di Kabupaten Cianjur, Bandung, dan Indramayu. Begitu pula di kawasan lainnya, yakni Tuban, Yogyakarta, serta Cilegon.

Liputan6.com, Cianjur: Musim kemarau menjelang, kekeringan pun menimpa sejumlah daerah di Tanah Air. Tengok saja ratusan hektare sawah di Cianjur, Jawa Barat yang tak tampak menguning alias terancam puso. Baru-baru ini, sejumlah petani di lumbung beras terbesar di Jabar ini mengungkapkan, sudah sebulan hujan belum mengguyur wilayah mereka.

Kondisi sawah-sawah yang kering diperparah dengan tidak berfungsinya saluran irigasi. Tanah di persawahan pun retak-retak. Para petani mengatakan, padi yang mengering kini diberikan untuk makanan ternak, seperti kambing dan sapi. Musim paceklik ini membuat rata-rata petani merugi sebesar Rp 2 juta per satu hektare sawah.

Menurut Dadang, sekretaris desa setempat, kekeringan ini telah dilaporkan ke Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur. Tapi hingga kini belum ditemukan solusi buat mengatasinya. Diperkirakan, produksi gabah pada musim panen tahun ini menurun sekitar 50 persen.

Sejumlah daerah di Pulau Jawa juga demikian, bahkan hampir merata di sepanjang Pantai Utara Jabar, Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Di Jabar, kabupaten yang kekeringan antara lain Bandung [baca: Ratusan Hektare Sawah di Kabupaten Bandung Kekeringan].

Kawasan lain di Jabar yang juga dilanda kekeringan adalah Indramayu, dan Cirebon [baca: Tanaman Padi di Indramayu Terancam Puso]. Adapun kekeringan di Jateng terjadi di Kabupaten Pemalang, Pekalongan dan Kabupaten Banyumas. Sedangkan di Jatim, kekeringan tampak di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro.

Musim kemarau kali ini juga membuat sekitar 1.200 warga di Desa Cipinang dan Cikebel di Kecamatan Grogol, Cilegon, Banten, kesulitan air bersih sejak dua bulan silam. Soalnya, sumur di dua desa tersebut tak lagi mengeluarkan air.

Kondisi ini kontan membuat warga di sana mengandalkan sumber air dari dua sumur yang ada di pinggiran desa. Mereka juga terpaksa mengambil air secara bergiliran untuk menghindari saling rebut. Di Banten, kekeringan juga melanda Kabupaten Serang, Lebak, dan Pandeglang. Di Daerah Istimewa Yogyakarta juga terkena dampak musim kemarau. Daerah yang belakangan ini tak diguyur air hujan adalah Kabupaten Kulonprogo dan Gunungkidul.(AIS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini