Sukses

Mengenal BARK Air, Maskapai Penerbangan Khusus untuk Anjing dengan Tiket Mulai dari Rp95 Juta

Anjing naik pesawat bukan layanan yang sepenuhnya baru. Lalu, apa yang membedakan BARK Air dengan maskapai lain yang juga melayani penerbangan hewan peliharaan seperti anjing?

Liputan6.com, Jakarta - Fasilitas penerbangan untuk anjing bukan sesuatu yang baru. Tapi, BARK Air menawarkan sesuatu berbeda. Mengutip New York Times pada Sabtu, 25 Mei 2024, BARK Air, maskapai penerbangan pertama yang melayani anjing, telah resmi lepas landas.

Penerbangan pertama maskapai ini berangkat dari New York pada pukul empat sore waktu setempat, tepatnya pada Kamis, 23 Mei 2024, dan mendarat di Los Angeles. Menurut situs pemesanan BARK Air, penerbangan perdananya telah terjual habis.

Satu tiket dihargai dengan USD6.000 atau sekitar Rp95 juta. Setiap tiket yang dibeli sudah termasuk biaya untuk satu anjing dan satu pendamping manusia. Jika dua orang ingin bepergian, mereka harus membeli dua tiket.

Bark, perusahaan hewan peliharaan yang didirikan pada 2011 tersebut mengumumkan peluncuran pengalaman pesawat yang dikhususkan untuk anjing pada April 2024 lalu sebagai cara "untuk merevolusi penerbangan untuk anjing". Perusahaan tersebut membagikan rincian penerbangan pertama dalam unggahan Instagram.

Dalam unggahan tersebut dituliskan, "Saat ini, di ketinggian 30.000 kaki, ada penerbangan yang dipenuhi anjing. Berbeda dengan penerbangan sebelumnya, anjing-anjing ini bukan hanya sekedar renungan, juga tidak diperlakukan sebagai kargo atau beban bagi awak pesawat dan sesama penumpang. Di sini, anjing adalah prioritas utama."

"Setiap detail dari pengalaman penerbangan ini dibuat dengan pola pikir 'mengutamakan anjing'. Hal ini memakan waktu 10 tahun, namun kami akhirnya yakin bahwa kami dapat memberikan semua anjing pengalaman perjalanan udara yang layak mereka dapatkan: pengalaman yang mengutamakan mereka."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiket Terjual Habis

Seseorang berkomentar betapa menyenangkannya melihat penerbangan pertama terjadi. Dia juga menambahkan bahwa 'sebagai dokter hewan', dia "tidak akan pernah" memasukkan anjingnya ke dalam kargo.

"Ini benar-benar penerbangan yang sempurna!" tulis yang lain. "Terima kasih telah menciptakan tempat yang menyenangkan di angkasa di mana anjing dari semua ras dan ukuran dapat terbang dengan damai bersama manusia dewasanya."

Saat ini, BARK Air menawarkan penerbangan satu arah dan pulang pergi antara New York melalui Bandara Westchester County (HPN) dan Los Angeles melalui Van Nuys (VNY), serta New York dan London melalui Biggin Hill (BQH). Penerbangan untuk Kamis, 30 Mei 2024, dari New York ke Los Angeles hanya memiliki tiga kursi tersisa, dan kedua penerbangan Mei dari Los Angeles ke New York (24 dan 31 Mei 2024) terjual habis.

Maskapai juga melayani penerbangan internasional dengan rute New York - London. Harga tiketnya USD8.000 atau sekitar RP127 juta per penumpang anjing dan manusia.

3 dari 4 halaman

Penumpang Manusia Harus Berusia Minimal 18 Tahun

Dalam penerbangan anjing, maskapai ini mengoperasikan pesawat Gulfstream G5. Dalam situs webnya disebutkan bahwa mereka tidak pernah memesan dengan kapasitas penuh "untuk memastikan Anda dan anjing Anda memiliki cukup ruang untuk menyebar dengan nyaman."

Setiap penerbangan memuat 15 anjing ditambah manusia pendampingnya, tetapi tidak pernah menjual lebih dari 10 tiket per penerbangan. Anak-anak tidak diperbolehkan ikut terbang menggunakan BARK Air. Semua penumpang manusia yang ikut harus berusia minimal 18 tahun.

"Saat kami memulai BARK pada 2011, kami memiliki misi untuk mengganggu dunia anjing dan menciptakan produk yang dirancang untuk anjing dan manusianya," salah satu pendiri dan CEO BARK, Matt Meeker, mengatakan dalam siaran pers April 2024 lalu.

"Kami sangat antusias untuk memanfaatkan wawasan yang telah kami pelajari selama bertahun-tahun untuk menciptakan pengalaman yang benar-benar mengutamakan anjing, yang sangat berbeda dari sekadar menerima anjing dari darat hingga ke angkasa," tambahnya dalam siaran pers.

4 dari 4 halaman

Pelayanan Mewah yang Didapat Anjing Selama Penerbangan

BARK Air telah memanjakan anjing dalam penerbangannya. Mengutip situs resmi BARK pada Sabtu, 25 Mei 2024, mulai dari pemesanan, kedatangan, hingga layanan dalam penerbangan dan pendaratan, anjing akan benar-benar menjadi VIP dan disuguhi kemewahan. Berikut merupakan pelayanan mewah yang didapat:

  1. Setelah pemesanan, manusia pendamping akan dihubungi oleh petugas BARK Air untuk mengumpulkan informasi tentang setiap anjing dan rencana perjalanan manusia untuk memastikan pengalaman terbaik.
  2. Pada hari perjalanan, anjing dan temannya akan tiba di bandara 45 hingga 60 menit sebelum lepas landas untuk proses check-in.
  3. Sebelum naik ke pesawat, petugas BARK Air akan menyambut anjing di gerbang untuk membantu mereka menyesuaikan diri. Petugas BARK Air juga akan memastikan mereka menikmati pengalamannya dan memberikan perawatan tambahan jika diperlukan sebelum naik ke pesawat atau setelah berada di pesawat.
  4. Sebelum naik ke pesawat, akan disuguhi persiapan penerbangan "Dogs Fly First" dengan feromon yang menenangkan, musik, dan warna yang disukai anak anjing. Semua anjing akan memiliki akses terhadap berbagai bantuan seperti suguhan yang menenangkan, penutup telinga peredam bising, dan jaket yang menenangkan untuk memastikan penerbangan bebas stres dan menyenangkan.
  5. Setelah berada di dalam pesawat, anjing akan disuguhi minuman pilihannya selama naik dan turun untuk memastikan mereka tidak mengalami ketidaknyamanan telinga yang biasanya disebabkan oleh perubahan tekanan kabin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.