Sukses

Usai Anak SD Study Tour Naik Pesawat, Kini Viral Siswa SMA di Yogya Wisata ke Eropa

Bukan untuk sekedar berwisata, rupanya tujuan diberangkatkannya para siswa SMA dari Yogya ke Eropa ini merupakan bagian dari program pengenalan siswa yang punya proyeksi melanjutkan kuliahnya di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial belakangan ini diramaikan kisah sebuah sekolah di Salatiga, Jawa Tengah yang menyewa pesawat untuk kegiatan study tour mereka. Yang terbaru ada video viral yang memperlihatkan rombongan siswa asal Yogyakarta yang punya destinasi cukup jauh untuk study tour.

Bukan ke Bali atau ke daerah Indonesia yang lain, destinasi study tour para siswa SMA 3 Padmanaba ini menuju ke benua biru Eropa. Hal itu diketahui dari akun Instagram @wonderfuljogja, Sabtu, 11 Mei 2024 yang melansir dari akun Instagram @sma2padmanaba.

Unggahan di akun tersebut memperlihatkan momen rombongan siswa SMA sedang menikmati dinginnya salju Eropa dengan begitu gembira. "Banyak yang tanya, sekolah-sekolah luar Jogja pada study tour ke Jogja, nah sekolah-sekolah di Jogja pada study tour kemana ya?? Kalau SMAN 3 Jogja study tour ke Eropa nih lur," tulis keterangan unggahan tersebut.

Hal ini pun mengundang penasaran sekaligus rasa kagum warganet. Bukan untuk sekedar berwisata, rupanya tujuan diberangkatkannya para siswa ke Eropa ini merupakan bagian dari program pengenalan siswa yang punya proyeksi melanjutkan kuliahnya di luar negeri, terutama di Eropa. Selain itu, ada program pertukaran pelajar antar-siswa SMA Padmanaba dan siswa-siswi dari Eropa.

Melalui keterangan unggahan akun Instagram resmi SMA 3 Padmanaba, dijelaskan bahwa program ini bukan pertama kali dilakukan tapi sudah berjalan selama 10 tahun.

"Jelajahi Eropa bersama siswa Padmanaba "SMAN 3 Yogyakarta" dalam program study tour dan student exchange bersama BMEE sejak 2014!" tulis sebuah unggahan dari akun Instagram @sma3padmanaba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Study Tour di 4 Negara Eropa

Destinasi yang dikunjungi para siswa ini adalah Swiss, tepatnya ke Universitas Zurich. Di kampus ini, para siswa diantar pemandu untuk mengenal secara langsung profil dan sistem pendidikan di negara tersebut.

Selain itu, para siswa berkunjung ke Jerman, serta Stedelijk College Eindhoven, Belanda, dan jalan-jalan ke Paris, Prancis. Para siswa bisa merasakan atmosfer kuliah serta fasilitas belajar, kantin, area publik, ruang kelas, ruang multimedia, serta transportasi menggunakan kereta trem di empat negara Eropa itu. Mereka juga merasakan hujan salju yang selama ini belum pernah dialami.

Video momen para siswa study tour ke Eropa ini pun jadi perbincangan banyak warganet. Sejumlah warganet mengapresiasi program sekolah yang sangat maju ini.

"Zaman SMA study tour ke Jakarta aja sudah seneng banget Masha Allah, apalagi ini keluar negeri. Beruntungnya kalian," komentar seorang warganet.

"Programnya keren banget. Ya Allah masih ada waktu buat ngejar ke Padmanaba. Semoga anakku kelak sekolah di sini. Semangat anak anak ku...mama doakan kalian," harap warganet lain.

3 dari 4 halaman

Menyewa Pesawat Terbang

"Waw keren, semangat belajar di negeri orang selama perjalanan... jangan lupa pulang dan sebarkan kebaikan kpn semua orang,,, 🙌🙌❤️,” ujar warganet lain.

"Keren emang sekolah ini. Kalau pensi aja ngundangnya Sheila On 7," timpal warganet yang lain.

Sebelumnya, SD Muhammadiyah Plus Salatiga bikin heboh dengan menyewa pesawat terbang Garuda Indonesia untuk study tour ke Jakarta. Video rombongan siswa SD yang study tour menggunakan pesawat itu dibagikan oleh akun Twitter atau X @kegblgnunfaedh.

Dalam video terlihat rombongan anak-anak mengenakan seragam SD duduk rapi di kursi penumpang. Dalam narasi di video tersebut disebutkan bahwa anak-anak SD itu menyewa pesawat Garuda menggunakan uang tabungan kas yang dibayarkan sejak kelas 1.

"Berkat rajin bayar uang kas dari kelas 1 sampai kelas 5 SD, para siswa ini bisa sewa satu pesawat garuda buat study tour,” tulis akun tersebut pada 6 Mei 2024.

4 dari 4 halaman

Study Tour dengan Pesawat Sejak 2011

Melihat unggahan itu, banyak warganet yang memuji didikan yang dilakukan oleh guru terhadap siswanya tersebut agar rajin menabung.

"Penerapan untuk rajin menabung sejak dini keren banget sih. Apalagi ajaran gurunya. Salut banget buat keduanya. Naik pesawat adalah contoh dari berhasilnya menerapkan hemat pangkal kaya," tulis seorang warganet.

Kegiatan dari SD Muhammadiyah Plus Salatiga ini ternyata tidak hanya sekali saja. Kegiatan study tour yang diselenggarakan oleh pihak SD tersebut sudah dijalankan sejak 2011 ke berbagai daerah di pulau Jawa.

Dilansir dari laman pwmjateng.com, pada 2022 SD Muhammadiyah Plus Salatiga juga menyelenggarakan study tour ke Jakarta menggunakan pesawat. Bukan hanya puluhan, tetapi ratusan siswa berangkat untuk kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diawali dengan keberangkatan melalui Ahmad Yani International Airport. Sesampainya di Jakarta, mereka melanjutkan kegiatannya dengan mengunjungi gedung penting di Jakarta, seperti Kantor DPR RI, Museum DPR/MPR, kawasan hiburan wisata Ancol, dan Masjid Istiqlal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini