Sukses

Gara-gara Video Klip Heya, Jang Wonyoung IVE Diminta Mundur Jadi Duta Merek Miu Miu

Warganet menuduh IVE "mencuri" budaya China dengan mengklaim sebagai budaya Korea dalam video klip HEYA, hingga berimbas kritik Jang Wonyoung sebagai duta merek Miu Miu.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak didapuk sebagai duta merek Miu Miu, Jang Wonyoung telah mewakili merek tersebut di acara-acara besar di seluruh dunia. Namun belum lama ini, Jang Wonyoung IVE didesak mundur sebagai duta merek tersebut.

Mengutip dari laman Koreaboo, Rabu, 22 Mei 2024, warganet menargetkan Wonyoung dan Miu Miu usai tuduhan terhadap video klip "HEYA" milik IVE. Warganet menuduh IVE "mencuri" budaya China dengan mengklaim sebagai budaya Korea.

Di dalam forum, penggemar membagikan tangkapan layar dari video tersebut dan meletakkannya disamping karya seni dan inspirasi Tiongkok. Di Instagram, Miu Miu telah membagikan foto sang idola saat ia mewakili merek tersebut.

Karena kontroversi tersebut, mayoritas komentar warganet menyuarakan tuntutan agar Miu Miu mencopot Wonyoung sebagai duta merek asal Italia tersebut. Salah satunya mengatakan, "Mengapa Anda menjadikannya duta merek! Kami tidak akan menerima pencuri sebagai duta merek."

"Mungkin hanya kami yang mengatakan hal ini sekarang, tetapi mungkin saja kalian akan menjadi orang yang sepenuhnya masuk daftar hitam di pasar Tiongkok," timpal yang lain.

"Apakah Anda tidak takut menurunkan status merek Anda dengan menggunakan pencuri sebagai dutamerek? Atau kalian tidak ingin pasar sebesar China? Jika Anda terus memposting Jang Wonyoung, orang China akan berhenti membeli Miu Miu," tulis warganet lainnya.

"Mengapa Anda mendapatkan pencuri untuk menjadi duta merek? Selera Miu Miu hanya seperti ini," kritik yang lain.

Sementara yang lain ikut menambahkan, "Jika ada influencer Tiongkok yang membeli produk Anda, kami akan memecatnya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ancaman Warganet Boikot Miu Miu

Bukan hanya foto Wonyoung di akun Miu Miu yang membuat sang idola mendapat kecaman. Dalam foto-foto terbaru, entah hanya pakaian atau bintang lain yang mendukung merek tersebut, unggahan itu penuh dengan komentar yang meminta merek tersebut menghapus Wonyoung. Warganet bahkan mengancam akan memboikot Miu Miu jika tuntutan mereka tidak dipenuhi. 

Jang Wonyoung IVE acap kali digadang-gadang sebagai 'IT Girl' idol K-Pop generasi ke-4. Mengutip dari laman Fimela, Selasa, 22 Mei 2024, IT Girl sendiri merujuk kepada sebutan perempuan populer dan memberikan banyak pengaruh. Hal ini tak mengherankan, mengingat pengaruh yang diberikan oleh Wonyoung cukup besar kepada publik.

Tak hanya kepada brand yang ia naungi, Wonyoung juga menciptakan tren dan digemari. Menjadi sosok yang diidam-idamkan oleh banyak orang, penampilan Wonyoung pun kerap disorot, mulai dari gaya busana hingga visualnya. Wonyoung sendiri terkenal memiliki visual yang cantik luar biasa bak boneka hidup. 

3 dari 4 halaman

Pernah Dianggap Terlalu Kurus

Kontroversi terkait Jang Wonyoung IVE bukan hanya soal Miu Miu. Ia juga pernah menjadi viral setelah terlihat sangat kurus.

Walau Jang Wonyoung secara alami sudah langsing, banyak penggemar khawatir karena beratnya terlalu kecil mengingat tingginya 173 cm. Tapi, sebuah unggahan baru di forum komunitas online Nate Pann mengungkap bahwa foto-foto sosok super kurus Jang Wonyoung yang beredar dikabarkan palsu dan diedit untuk niat jahat.

Beberapa foto viral Jang Wonyoung diunggah di samping foto aslinya sebagai perbandingan. Hal ini untuk membuktikan bahwa fotonya telah diedit oleh seseorang untuk menarik lebih banyak kebencian terhadap anggota IVE.

Mengutip dari laman kpopstarz, Selasa, 4 Oktober 2022, dalam foto-foto terlihat sebagian besar lengan, kaki, dan pinggang Jang Wonyoung diedit agar lebih kurus. Tetapi, foto-fotonya yang tidak diedit menunjukkan bahwa lengan dan kakinya lebih berisi daripada yang dibuat di foto viral yang diedit.

4 dari 4 halaman

Foto Diedit

Warganet mengungkapkan kelegaan atas foto Wonyoung yang belum diedit. Walau Wonyoung masih tetap menjadi salah satu idola bertubuh langsing di luar sana dengan proporsinya yang tinggi, sosok aslinya tidak sekurus yang diyakini banyak orang.

Faktanya, dalam foto yang diambil di bandara oleh seorang reporter pada Senin, 3 Oktober 2022, ia terlihat lebih sehat. Sementara banyak yang masih mengkhawatirkan kesehatan Jang Wonyoung meskipun terbukti bahwa foto super kurus yang beredar adalah editan.

"Kamu melakukannya dengan baik dalam mengunggah ini. Aku sangat frustrasi karena tidak dapat membantahnya saat itu meskipun aku tahu itu diedit. Kerja bagus," tulis warganet.

"Bahkan ada artikel berita yang menggunakan foto-foto yang diedit sehingga para penggemar merasa tidak adil. Apa salahnya mengeluh kalau begitu? Mereka harus membuat ini menjadi artikel juga untuk melepaskan sebagian dari perasaan itu," kata warganet lainnya.

"Itu membuatku merinding memikirkan bagaimana mereka telah mengedit anggota tubuhnya satu per satu," yang lain memberi tahu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.