Sukses

Jokowi Santap Mi Ayam Pedas yang Viral di Mataram, Pesan Level Berapa?

Gerai mi ayam pedas yang baru buka di Mataram itu sedang viral dan selalu ramai pengunjung. Jokowi menambah semarak karena kehadirannya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia menyempatkan diri berkunjung dan bersantap di outlet Mie Gacoan cabang Mataram Barat, NTB.

Gerai mi ayam pedas tersebut sedang viral karena baru membuka cabang di kota itu dan selalu ramai pengunjung. Kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu disambut begitu semarak oleh pengunjung lain.

Dilansir dari unggahan di akun Instagram resminya @jokowi pada Rabu, 1 Mei 2024, tampak momen ketika Presiden Jokowi membuat vlog sendiri ketika berada di sana. "Saya sekarang ini di Mataram, NTB dan ingin mencoba Mie Gacoan," kata Jokowi di awal video.

Suami Iriana ini bahkan merekam dirinya sendiri ketika menu yang dipesan telah tersaji di atas meja. Di satu meja bersama Jokowi ada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Pj. Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi.

"Pesanan sudah datang, mie gacoan. Saya mau coba ini. Pedes, pedas sekali," ungkap Jokowi setelah mencobanya.

Banyak yang berkomentar lucu di instagram Presiden Republik Indonesia itu. Seorang warganet menyoroti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang akrab disapa Pak Bas yang seperti kepedasan. "Pak Bas kepedasan sambil nuangin kecap," komentar seorang warganet.

Meskipun terlihat kepedasan, Basuki mengaku sudah makan mie Gacoan dengan level pedas 2. Sementara, Andi Amran mengaku sudah makan 1,5 porsi.

"Wah enak banget, padahal ini pedasnya baru level 1 tapi pedas banget tapi karena bapak Presiden makan, aku ikut makan juga. Akhirnya menyerah aku pesan yang kedua. Jadi saya makan 1,5," ungkap Andi Amran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menu yang Dipesan Jokowi

Dalam video tersebut, Jokowi juga terlihat berfoto bersama beberapa pengunjung restoran. Namun warganet masih penasaran dengan menu dan level pedas yang disantap Jokowi.

Dikutip dari laman presiden.go.id, Jokowi yang berkunjung ke restoran tersebut pada Selasa malam, 30 April 2024, ternyata memesan mi gacoan level 0 dan level 1. Ia juga memesan minuman teh panas dan jeruk panas. Yogi, Kepala Cabang Mie Gacoan Kota Mataram, menyatakan bahwa ini merupakan kunjungan presiden pertama ke tempat mereka yang baru beroperasi selama satu bulan.

"Saya terima kasih banget, sudah mau mampir, kita usahakan yang terbaik. Jujur kaget juga tiba-tiba didatengin, saya benar-benar terima kasih," tutur Yogi. Dia berharap kedatangan Presiden Jokowi dan jajarannya bisa meningkatkan kepercayaan pelaku usaha makanan lokal dalam mengembangkan usahanya.

Tidak hanya menikmati santapan, ayah tiga anak itu juga berbaur dan menyapa warga setempat. Salah satunya adalah Abi, seorang pengemudi ojek daring yang berswafoto bersama Jokowi.

"Lagi ambil orderan dari ojol di Mie Gacoan. Tadi lihat ramai-ramai kirain ada apa. Ternyata ada Pak Jokowi datang. Tadi sempat lihat di jalan, tapi mungkin rezekinya ketemu di sini alhamdulillah. Tadi coba minta-minta (foto), saya yang dipanggil sama Pak Jokowi, alhamdulillah," terang Abi.

3 dari 4 halaman

Jokowi Jadi Food Vlogger

Momen ketika Jokowi membuat video sendiri ketika berada di restoran mi ayam itu mendapat beragam komentar dari warganet. Beberapa warganet menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah cocok menjadi food vlogger.

"Mantap. Terusin bikin vlog-nya ya, Pak. Biar nanti rakyat bisa lihat Bapak terus kalau kangen," tulis seorang warganet.

"Wkakwa kok bisa pak jokowi ngevlog siapa yg ajarin ?😂," ujar warganet lain.

"Ngeri gacoan gak pernah undang influencer buat ngonten, eh sekali ngundang sekelas Presiden 😂😂🙌," kata warganet lainnya.

"Bapak kalau pegang kamera dekat banget, kalo bs jauhan dikit pak," timpal warganet lainnya member saran.

Ayam goreng juga termasuk makanan favorit Jokowi. Ayam Goreng Mbah Karto dikenal sebagai hidangan populer yang disukai oleh banyak orang termasuk Presiden Jokowi. Gerai Ayam Goreng Mbah Karto bisa ditemui di berbagai daerah karena terdapat cabang-cabangnya.

Mengutip kanal Regional Liputan6.com, 28 April 2024, Ayam Goreng Mbah Karto memulai bisnisnya di Kabupaten Sukoharjo dan mempunyai tempat makan sederhana bernuansa Jawa. Tempat makan ini menyediakan meja hingga kursi kayu untuk pengunjungnya untuk makan dengan nyaman.

 

4 dari 4 halaman

Restoran Ayam Goreng Favorit Jokowi

Meskipun sederhana, tempat makan ini sudah berdiri sejak 1960-an dan masih bertahan sampai sekarang. Bahkan, pelanggannya selalu bertambah baik masyarakat lokal maupun tokoh-tokoh populer di Indonesia.

Alamat Ayam Goreng Mbah Karto yang paling terkenal ada di Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto Nomor 8, Gabusan, Jombor, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.  Seperti namanya, menu paling populer di tempat ini adalah ayam goreng kampung yang memiliki bumbu pekat penuh rasa.

Diketahui ayamnya berasal dari ayam kampung muda yang kurang lebih berusia 3 bulan. Rasa ayam goreng di tempat ini dikenal sangat nikmat sampai ke tulang karena sebelum digoreng, ayamnya sudah diungkep terlebih dahulu di wadah di atas kompor yang menggunakan kayu bakar.

Selain ayam goreng, para pelanggan juga menyukai sambalnya yang khas bernama sambal blondho dan bawang. Sambal ini terbuat dari ampas minyak endapan santan kental atau areh matang dengan sambal bawang. Menu sambal ini juga jadi salah satu favorit Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.