Sukses

Prestasi Timnas Indonesia dan Minat Fitness Bantu Dongkrak Penjualan Produk-Produk Olahraga

Menangkap minat tersebut, Sports Direct menawarkan beragam peralatan olahraga di berbagai kategori utama, seperti sepak bola, lari, training, dan outdoor untuk laki-laki, perempuan, dan anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Praktik ragam olahraga sebenarnya tidak asing bagi orang Indonesia, namun minatnya tercatat naik usai pandemi COVID-19. Setidaknya itu menurut Presiden Direktur PT MapAktif Adiperkasa Tbk (MAPA) Nicholas Jones.

"(Pihaknya memprediksi) Indonesia akan mengalami antusiasme baru seputar olahraga," katanya di acara pembukaan Sports Direct di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis, 25 April 2024. "(Ini didukung) performa timnas (Indonesia) yang membaik. Basket juga banyak peminatnya."

Ia menyambung, "Sekarang, banyak orang yang merangkul kultur fitness. Mereka tidak hanya mau merasa segar, tapi juga berpenampilan menarik."

Merangkul tren tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Frasers Group untuk membuka sport departement store, Sports Direct. Chief Executive Officer Frasers Group Michael Murray mengatakan bahwa pihaknya selalu terobesesi dengan varietas produk di berbagai cabang olahraga.

"Kami tidak hanya menghadirkan sejumlah brand terbaik dunia, tapi juga memastikan pengalaman belanja yang menyenangkan (melalui kelengkapan produk olaraga di satu lokasi)," ucap dia di kesempatan yang sama.

Portofolionya meliputi sederet merek olahraga dan gaya hidup, seperti Nike, adidas, Puma, Under Armour, New Balance, dan ASICS. Selain itu, mereka memboyong banyak merek global di bawah naungan Frasers Group, termasuk Karrimor, Everlast, Lonsdale, Slazenger, dan USAPro. Merek lain dari ekosistem ritel olahraga asal Eropa tersebut, termasuk USC, menempati area khusus di toko untuk melengkapi daftar jenama gaya hidup yang ikonis dan premium. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kategori-Kategori Utama

Ia menjelaskan bahwa Sports Direct menawarkan beragam peralatan olahraga di berbagai kategori utama, seperti sepak bola, lari, training, dan outdoor untuk laki-laki, perempuan, dan anak-anak. "Kota Kasabalanka jadi lokasi yang tepat karena ini merupakan salah satu mal yang konsumennya suka gaya hidup terkait olahraga," sebut Nicholas, menambahkan bahwa banyak toko olahraga di pusat perbelanjaan tersebut.

Murray berkata, "Sebagai bagian dari strategi ekspansi internasional berkelanjutan dan keberhasilan bisnis kami di Malaysia yang saat ini memiliki 35 toko, kemitraan ini menandai langkah pertama ekspansi regional bagi Frasers Group Asia."

"Kami berharap dapat terus memperluas jejak kami di Indonesia bersama MAPA dan memberi (produk) ritel olahraga terbaik untuk jutaan atlet dan konsumen lokal," ia menambahkan.

Sebelumnya, Sports Direct diklaim telah memperkuat akar di Eropa sambil berekspansi ke Timur Tengah dan Afrika.  Dalam keterangannya, Managing Director Frasers Group Asia Paul Gibbons menyebut Indonesia sebagai pasar produk olahraga yang menarik.

3 dari 4 halaman

Pengalaman Belanja Multi-merek

Gibbons berkata, "Pasar Indonesia menawarkan kesempatan yang menarik untuk membawa destinasi olahraga terkemuka Frasers Group, Sports Direct, ke salah satu populasi terbesar di dunia. Kami memasuki kemitraan ini dengan pandangan jangka panjang untuk membangun destinasi multi-olahraga terbaik di Asia Tenggara setelah sukses besar di Inggris."

Sejalan dengan itu, MAPA menganggap kolaborasi dengan Frasers Group Asia bermaksud memperkenalkan pengalaman berbelanja multi-merek yang dinamis ke pasar Indonesia. Ini sekaligus "membuka jalan untuk pertumbuhan regional yang lebih lanjut," menurut mereka.

Kemitraan ini memanfaatkan jaringan yang luas dan keahlian lokal MAPA untuk membawa portofolio merek olahraga dan gaya hidup global yang beragam pada konsumen di dalam negeri. V.P. Sharma Group CEO PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), perusahaan yang menaungi MAPA, menekankan implikasi strategis gerai produk olahraga baru tersebut.

"Memperluas rangkaian merek MAP melalui kemitraan dengan Sports Direct tidak hanya mendiversifikasi portofolio kami," sebut dia.

4 dari 4 halaman

Buka Cabang Lain

Kemitraan dengan Sports Direct, menurut Sharma, secara signifikan meningkatkan penawaran pihaknya pada pasar Indonesia. "Mendatangkan merek-merek global berkualitas ini menegaskan komitmen kami untuk meningkatkan pengalaman belanja bagi pelanggan kami dan mengokohkan posisi kami sebagai pemain kunci di sektor ritel Asia Tenggara," kata dia.

Senada dengan itu, Nicholas menambahkan, "Kerja sama kami dengan Sports Direct didasarkan pada komitmen bersama untuk memberi hanya yang terbaik bagi konsumen Indonesia. Toko baru ini merupakan bukti dari dedikasi kami."

"(Kami) menampilkan merek-merek dan produk-produk unggulan yang sebelumnya tidak tersedia di pasar dan memenuhi kebutuhan yang cermat dari pelanggan kami, memastikan bahwa kualitas, kinerja, dan gaya dapat diakses semua penggemar olahraga di Indonesia." Setelah di Kota Kasablanka, gerai Sports Direct juga dijadwalkan buka di Plaza Senayan, Jakarta dan Karawaci, Tangerang, Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini