Sukses

Rumor Terbaru Apple Watch X, Punya Kamera Depan Buat Video Call dan Foto

Apple Watch X bakal hadirkan kamera punch-hole untuk hadirkan fitur FaceTime dan mampu diajak fotografi.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, Apple dikabarkan akan merilis jam tangan pintar terbarunya. Jam tangan tersebut dirumorkan bakal memiliki nama Apple Watch X.

Apple Watch X disebut menjadi smartwatch anyar Apple yang digadang-gadang menghadirkan sejumlah fitur baru. Hal itu dilakukan karena jam tangan ini akan menandai perayaan 10 tahun sejak perilisan Apple Watch generasi pertama.

Ada rumor baru bahwa Apple Watch X bakal menghadirkan kamera depan berbentuk punch hole. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (15/5/2025), agensi desain dari Jerman, Wordsmatrr, telah membuat desain konsep dari jam tangan Apple itu.

"Kami telah mengerjakan konsep desain detail Apple Watch X selama lebih dari 3 bulan hingga saat ini dan telah mengumpulkan beberapa rumor, paten, dan berita tentang Apple Watch yang akan datang" ucap perwakilan dari Wordsmatrr, Lukas Gehrer.

Desain Apple Watch terbaru dari Wordsmatrr ini menunjukkan bentuk yang mirip dengan Apple Watch Ultra dengan ketebalan lebih ramping. Tak hanya itu, terdapat kamera FaceTime 8MP berbentuk punch-hole di bagian atas smartwatch.

Konsep tersebut memperlihatkan Apple Watch X bakal mendukung video call dan bahkan bisa diajak buat fotografi.

Meski begitu, desain tersebut masih menjadi sebuah konsep dan masih belum diketahui secara pasti desain dan kemampuan yang akan dihadirkan oleh Apple Watch X.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Watch X Hadirkan Perubahan Besar-besaran

Berdasarkan laporan sebelumnya, Apple dirumorkan bakal menghadirkan sejumlah inovasi dan fungsi baru di Apple Watch X mendatang. 

Berdasarkan informasi yang beredar di internet saat ini, akun media sosial X @ConceptCentral dan Sam Kohl dari AppleTrack pun membuat sebuah gambar dan video render Apple Watch X.

Mengutip Gizchina, Senin (22/4/2024), Apple Watch X bakal tampil dengan desain baru dan digadang-gadang akan merevolusi pasar jam tangan pintar dunia.

Leaker terkenal Apple, Mark Gurman menyebutkan, perubahan besar-besaran seperti iPhone X akan terjadi terhadap jam tangan pintar generasi ke-10 milik Apple itu.

Banyak pihak meyakini, penerus Apple Watch 9 series ini akan memiliki fitur pemantauan kesehatan tingkat lanjut. Bocoran menyebutkan, perangkat ini kemungkinan bakal menggabungkan fitur pemantauan apnea tidur dan pemantauan glukosa darah.

3 dari 4 halaman

Fitur Kesehatan Apple Watch X

Pemantauan apnea tidur atau sleep apnea melibatkan pelacakan pola pernapasan dan tidur pengguna.

Selain itu, fungsi ini juga akan memperingatkan pengguna jika mereka mungkin menderita apnea tidur. Nantinya, pengguna akan mendapatkan rekomendasi kunjungan ke dokter jika perlu.

Sebaliknya, pemantauan glukosa darah dirancang untuk menunjukkan tren kadar gula darah pada kondisi pradiabetes bukan pembacaan tingkat medis untuk individu penderita diabetes.

Fitur ini dicapai melalui spektroskopi serapan inframerah gelombang pendek, menyinari kulit pengguna untuk menentukan konsentrasi glukosa dalam aliran darah.

4 dari 4 halaman

Apple Pernah Kepikiran Buat Apple Watch Kompatibel dengan Android

Di sisi lain, Apple saat ini tengah menghadapi gugatan dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Perusahaan itu dituduh telah melakukan monopoli dan menghindari persaingan.

Dalam gugatannya, Departemen Kehakiman AS menggunakan Apple Watch sebagai salah satu bukti kalau Apple melakukan monopoli.

Seperti diketahui, Apple Watch saat ini hanya kompatibel dengan perangkat besutan Apple, seperti iPhone. Menjawab tuduhan tersebut, perusahaan pun menyanggah kalau smarwatch besutan mereka eksklusif. 

Mengutip informasi dari 9to5Mac, Senin (25/3/2024), Apple mengungkap sebenarnya perusahaan pernah mencoba agar bisa membawa Apple Watch ke Android.

Bahkan, perusahaan menghabiskan waktu sekitar tiga tahun untuk mencoba melakukan hal tersebut. Namun, rencana itu tidak dilanjutkan karena persoalan teknis dan gagasan untuk membawa Apple Watch ke Android pun dibatalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.