Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Gunung Ruang di Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara yang Pertama Kali Meletus pada 1808

Top 3 berita hari ini yang pertama mengenai 6 fakta menarik Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang baru-baru ini meletus hingga mengenai review toilet tetangga dan resep kreasi bajigur.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini yang pertama mengenai 6 fakta menarik Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang baru-baru ini meletus. Gunung Ruang merupakan sebuah gunung berapi kerucut yang terletak di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara. 

Gunung Ruang yang terletak di Kepulauan Sangihe memiliki ketinggian 725 mdpl, menjulang tinggi dari batas pantai yang sekaligus membentuk satu pulau tersendiri yang terpisah dari pulau lain. Tidak terlalu tinggi, puncaknya pun dapat terlihat dari pulau Tagulandang, Sitaro, Sulawesi Utara.

Selanjutnya berita kedua yang paling banyak dibaca adalah mengenai konten treview toilet tetangga. Memang ada-ada saja konten online seputar Lebaran 2024, salah satu yang jadi sorotan adalah video TikTok review toilet tetangga yang menuai komentar pro kontra warganet.

Akun TikTok yang berbagai slide foto sejumlah toilet, diklaim berada di rumah-rumah tetangganya, itu memang mendedikasikan hampir seluruh kontennya untuk berbagai ulasan. Review toilet tetangga yang dibagikan pun disertai skor berupa bintang, serta penjelasan tentang apa yang disukai dan tidak disukainya dari ruangan tersebut.

Sementara itu berita ketiga yang paling banyak dibaca adalah mengenai tiga resep praktis bajigur. Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya, termasuk dalam hal kuliner. Salah satunya minuman tradisional bajigur yang berasal dari Sunda, Jawa Barat.

Bajigur bukan sekadar minuman untuk menghangatkan tubuh, tapi juga memiliki khasiat yang luar biasa. Selengkapnya di top 3 berita hari ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Gunung Ruang di Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara yang Pertama Kali Meletus pada 1808

Letusan pertama Gunung Ruang yang tercatat terjadi pada 1808. Pada April 2024, status Gunung Ruang dinaikkan dari normal ke waspada oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) karena aktivitas yang meningkat. Peningkatan aktivitas Gunung Api Ruang tercatat dari Level II (waspada) jadi Level III (siaga) sejak Selasa, 16 April 2024.

Mengutip dari Antara, Gunung Ruang memiliki karakteristik erupsi eksplosif, memanas setelah peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik dan awan abu. Letusan eksplosif terjadi ketika magma yang lebih dingin dan kental, seperti andesit mencapai permukaan.

Gas-gas terlarut hasil aktivitas vulkanik di Gunung Ruang tidak dapat keluar dengan mudah. Hal ini membuat tekanan dapat meningkat, hingga ledakan gas melontarkan pecahan batu dan lava ke udara. 

Berjarak 153 kilometer ke arah utara dari Gunung Ruang, kini Gunung Awu juga menyandang status siaga. Diketahui Gunung Awu sudah beberapa kali mengalami peningkatan aktivitas berupa kenaikan seismisitas terutama gempa-gempa vulkanik.

Selengkapnya..

3 dari 4 halaman

Konten Review Toilet Tetangga Saat Halalbihalal Lebaran yang Tuai Pro Kontra

Ada-ada saja konten online seputar Lebaran 2024. Salah satu yang jadi sorotan adalah video TikTok review toilet tetangga yang menuai komentar pro kontra warganet.

Akun TikTok yang berbagai slide foto sejumlah toilet, diklaim berada di rumah-rumah tetangganya, itu memang mendedikasikan hampir seluruh kontennya untuk berbagai ulasan. Review toilet tetangga yang dibagikan pun disertai skor berupa bintang, serta penjelasan tentang apa yang disukai dan tidak disukainya dari ruangan tersebut.

Sementara di keterangan unggahan si pemilik akun mengklaim bahwa konten tersebut diunggah sudah berdasarkan persetujuan tetangganya, tidak sedikit yang menanggap foto-foto itu tidak pantas. Saking heboh, konten ini pun dibagikan sejumlah akun lintas media sosial.

"Maka masuklah ke rumah orang lain dalam keadaan buta dan Keluarlah dari rumah orang lain dalam keadaan bisu," kata seorang pengguna Instagram. "Kalo ini bener, kamu emg bener bener nir adab, asli nggak punya adab dlm bertamu," komentar pengguna TikTok.

Selengkapnya..

4 dari 4 halaman

3 Resep Bajigur Khas Jawa Barat yang Dikreasikan Jadi Makanan Lezat

Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya, termasuk dalam hal kuliner. Salah satunya minuman tradisional bajigur yang berasal dari Sunda, Jawa Barat.

Bajigur bukan sekadar minuman untuk menghangatkan tubuh, tapi juga memiliki khasiat yang luar biasa. Mengutip Tim Health Liputan6.com, Rabu, 17 April 2024, kandungan jahe dan rempah di dalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, bajigur juga dipercaya bisa mencegah perut kembung, mengatasi masuk angin, dan mencegah radang.

Sejatinya, bajigur adalah minuman. Namun, ternyata bajigur juga bisa dikreasikan ke dalam kuliner lainnya termasuk makanan. Bagi Anda yang penasaran bisa dibuat apa saja, simak dan catat resep praktis yang telah dirangkum dari Cookpad berikut.

Karena tidak hanya dibuat minuman, bajigur juga bisa dibuat makanan seperti bubur sumsum yang satu ini. Rasanya tentunya tidak kalah enak dan wajib Anda coba.

Selengkapnya 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.