Sukses

Istana Buckingham Dibuka untuk Umum, Turis Kini Bisa Pose di Balkon Ikonis Kerajaan Inggris

Bagian sayap kiri Istana Buckingham untuk pertama kalinya dibuka untuk kunjungan umum dan tiketnya bisa dipesan pada Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Kerajaan Inggris telah merayakan momen-momen penting di Istana Buckingham sejak 1851. Kini, penggemar keluarga kerajaan bisa mengikuti tur eksklusif ke Istana Buckingham yang legendaris untuk pertama kalinya pada musim panas ini.

Mengutip dari laman The Sun, Jumat (5/4/2024), pemandu ahli akan mengajak pengunjung berkeliling State Rooms yang terkenal sebagai bagian dari paket tur berdurasi 45 menit. Turis juga dapat melihat mahakarya dari Royal Collection dan ruang tengah yang sangat indah.

Anda bisa melihat ruangan yang mengarah ke balkon ikonis yang pertama kali digunakan oleh Ratu Victoria. Kamar utama sayap timur didekorasi dengan perabotan oriental dan menyimpan karya seni Royal Collection. Dekorasi tersebut ditempatkan kembali di istana setelah awalnya menghiasi Paviliun Kerajaan George IV di Brighton.

Sayap Timur ditambahkan pada istana utama pada 1849 untuk Ratu Victoria dan keluarganya. Ia pindah ke perkebunan mewah setelah kematian pamannya William IV. Sebelumnya, Istana Buckingham belum pernah digunakan sebagai kediaman raja. Edward Blore merancang sayap baru yang dimulai sebagai halaman, dan didanai oleh penjualan Royal Pavilion.

Arsiteknya dipuji karena karyanya membuat balkon tengah terkenal, yang diusulkan Pangeran Albert. Sekarang, balkon itu dianggap sebagai salah satu bagian paling berharga dari Istana.

Balkon tersebut melambangkan hubungan antara monarki dan masyarakat. Pada saat momen penting pernikahan hingga penobatan Raja, rakyat Inggris akan menunggu keluarga kerajaan menyapa mereka dari balkon Istana Buckingham.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tur ke Kastil Balmoral

Seperti disebutkan sebelumnya, Sayap Timur istana menampilkan dekorasi bertema Tiongkok, yang terinspirasi oleh Royal Pavilion. Inspirasinya berasal dari kecintaan George IV terhadap budaya dan artefaknya. Sayap Timur Istana Buckingham tersebut meliputi Ruang Gambar Kuning, koridor utama, dan ruang tengah.

Ada alasan tersendiri mengapa Istana Buckingham untuk pertama kalinya mengizinkan publik, selain anggota keluarga kerajaan dan tamu undangan, masuk ke ruangan yang digunakan oleh keluarga kerajaan. Menurut klaim, keluarga kerajaan ingin menghasilkan lebih banyak uang.

Tertarik mengikuti tur? Anda harus cepat memesannya karena slotnya dibatasi 20 orang per sesi. Tiket tur Istana Buckingham mulai dijual pada 1 Juli hingga 4 Agustus 2024 untuk kunjungan harian selama 15 Juli--31 Agustus 2024. Waktu yang tersedia dari pukul 09.30 - 13.30.

Secara detail, harga tiket dewasa 75 poundsterling (setara Rp1,5 juta) untuk usia 18--24 tahun. Sementara kategori anak dan remaja (5--17 tahun) harganya 63,5 poundsterling (setara Rp1,2 juta). Biaya tersebut sudah termasuk jasa pemandu dan untuk anak di bawah usia 5 tahun tiket gratis. 

 

3 dari 4 halaman

Kastil Balmoral Dibuka untuk Turis

Bukan hanya Istana Buckingham yang pertama kali dibuka untuk umum, Kerajaan Inggris juga membuka Kastil Balmoral dekat Ballater, Aberdeenshire, untuk kunjungan turis. Tempat ini merupakan tempat Ratu Elizabeth II menjalani sisa hidupnya.

Anda juga diperbolehkan masuk ke Ballroom Balmoral. Kastil Balmoral diketahui merupakan tempat yang disambangi Ratu Elizabeth II, usai perayaan Platinum Jubilee yang diadakan di London pada 2022.

Para tamu juga dapat melihat kamar di dalam kastil yang digunakan oleh Yang Mulia Raja dan Ratu serta anggota keluarga kerajaan lainnya. Ruangan-ruangan tersebut diharapkan mencakup Ruang Gambar, tempat mendiang Ratu terakhir kali berfoto bersama mantan PM Liz Truss. 

Namun, kamar tidur tempat Ratu yang telah mangkat diperkirakan tak termasuk area tur. Untuk Kastil Balmoral, hanya ada 40 tiket yang diterbitkan setiap hari dan dijual dengan harga 100 pound sterling untuk tiket biasa dan 150 poundsterling atau Rp3 juta, termasuk jamuan teh sore. Jenis kunjungan ini digambarkan sebagai "pengalaman khusus orang dewasa". 

4 dari 4 halaman

Blackpink Diundang ke Istana Buckingham

Istana Buckingham yang megah pernah menerima banyak tamu penting dari seluruh dunia, termasuk girl group Korea Selatan BLACKPINK yang berkesempatan untuk makan malam bersama Raja Charles III pada Selasa, 21 November 2023.  Raja Charles III mengundang BLACKPINK turut serta dalam perjamuan kenegaraan untuk Presiden Yook Suk Yeol dalam rangka memperkuat ikatan budaya antara kedua negara, seperti dikutip dari Korea JoongAng Daily pada Rabu, 22 November 2023. 

Selain BLACKPINK, para pemimpin perusahaan Korea juga turut serta dalam makan malam tersebut. Paling tidak ada 170 orang dari dua negara yang hadir dalam momen kemarin. 

Dalam pidatonya, Raja Charles III menyambut kedatangan Presiden Yoon dan juga tidak lupa memuji anggota BLACKPINK. "Saya memuji Jennie, Jisoo, Lisa dan Rose, yang lebih dikenal secara kolektif sebagai BLACKPINK, atas peran mereka dalam membawa pesan kelestarian lingkungan kepada khalayak global sebaagai duta besar untuk kepresidenan Inggris di COP26," sebut Raja Charles.

Saat KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia pada November 2021, BLACKPINK berperan penting sebagai duta dan advokasi aksi iklim. Mereka merilis video yang menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk menanggapi perubahan iklim dengan serius serta mendesak tindakan kolektif untuk memerangi ancaman lingkungan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.