Sukses

6 Fakta Menarik Masjid Kotacepe di Turki, Peninggalan Kesultanan Utsmaniyah yang Dibangun 20 Tahun

Masjid Kocatepe adalah salah satu yang terbesar di dunia. Anda bahkan dapat menemukan pusat perbelanjaan dan supermarket di ruang bawah tanahnya yang menunjukan sisi Turki yang modern.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Kotacepe merupakan sebuah kompleks masjid peninggalan Kesultanan Utsmaniyah yang berada di kota Ankara, Provinsi Ankara, Turki. Masjid ini dpat terlihat di kota Ankara saking megahnya pada cuaca dan langit cerah, namun mendatangi masjid langsung dan melihatnya dari dekat tentu akan lebih 

Masjid ini awalnya dibangun pada 1967--1987, namun ide untuk membangun masjid ini sudah ada sejak era 1940-an. Pada 1956 Perdana Menteri Türkiye saat itu mengalokasikan tanah untuk proyek pembangunan masjid ini dan permintaan proyek kembali diajukan pada 1957.

Lalu proyek disetujui dan dikerjakan bersama arsitek Vedat Dalokay dan Nejat Tekelioğlu yang terpilih. Masih banyak hal mengenai Masjid Kotacepe selain lokasi dan sejarahnya. Berikut enam fakta menarik Masjid Kotacepe yang dirangkum Liputan6.com pada Minggu, 17 Maret 2024.

1. Masjid Dibangun 20 Tahun

Sebagai salah satu keajaiban budaya abad ke-20 dan simbol mencolok di cakrawala Ankara, Masjid Kocatepe adalah pemandangan yang menakjubkan. Pembangunannya dimulai pada 1967 dan membutuhkan waktu 20 tahun untuk menyelesaikannya.

2. Menampung 24 Ribu Jamaah

Masjid ini dapat menampung 24 ribu jamaah dan mudah dikenali dari empat menara yang mengelilingi kubah masjid utama. Masing-masing berdiri setinggi 88 meter, menambah keindahan arsitektur masjid.

Dibangun cukup lama, Masjid Kocatepe adalah salah satu yang terbesar di dunia. Anda bahkan dapat menemukan pusat perbelanjaan dan supermarket di ruang bawah tanahnya yang menunjukan sisi Turki yang modern.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kubahnya Berlapis Emas

Mengutip dari laman Holidify, saat berdiri di pintu masuk utama masjid, Anda akan segera terpesona oleh skala bangunannya yang megah. Begitu masuk, wisatawan bisa melihat banyak jendela kaca berwarna dan ornamen rumit yang menutupi dinding serta atap.

Bangunan yang berdiri setinggi 288 kaki ini memiliki empat menara masjid serta kubah berlapis emasnya yang cantik sebagai pemandangan yang memukau. Karya seni kubah di bagian tengah dan penggunaan marmer serta jendela kaca berwarna yang indah mengambil inspirasi dari desain Ottoman neoklasik.

Interiornya dihiasi dengan langit-langit hias yang indah dan lampu gantung emas yang tampak anggun di pandang mata. Seperti beberapa tempat wisata lainnya di Ankara, turis harus mendaki bukit untuk mencapai masjid yang terletak di dekat alun-alun kota Ankara yang terkenal, Kizilay Square. 

3 dari 4 halaman

4. Pencahayaannya Menonjolkan Keindahan Masjid

Masjid Kotacepe merupakan salah satu instalasi terbesar yang mempercantik Kota Ankara, yang terdiri dari lebih dari 20 instalasi pencahayaan LED Signify di seluruh ibu kota. Dengan pencahayaan ini kawasan masjid telihat lebih hangat, elegan dan nyaman di malam hari serta memberikan keamanan bagi pengunjung.

Untuk menciptakan solusi pencahayaan guna memenuhi semua tujuan proyek, temperatur warna cahaya putih yang berbeda digunakan untuk menyorot semua detail arsitektur bangunan. Cahaya putih yang hangat, netral, dan sejuk diperlukan untuk memberikan suasana pencahayaan yang nyaman dan dinamis, serta menjaga area tetap aman dan terang bagi pengunjung.

Masjid Kocatepe juga diterangi indah dengan beragam suhu warna dan menciptakan suasana aman dan nyaman bagi pengunjung di malam hari. Pencahayaan LED baru menyoroti struktur dan arsitektur unik masjid, menjadikannya tempat yang menyenangkan setelah gelap dan sangat nyaman dikunjungi wisatawan pada malam hari. 

4 dari 4 halaman

5. Salah Satu Masjid Terbesar di Dunia

Masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di dunia, dan diterima oleh banyak orang sebagai garis depan Islam modern. Selesai dibangun pada 1987, Masjid Kaotacepe memiliki gaya arsitektur Ottoman neo-klasik.

Namun dulu sebelum pembangunannya dimulai desain masjid yang dibuat oleh Vedat Dalokay dan Nejat Tekelioglu dikritik keras oleh kaum konservatif atas tampilan modernisnya. Lalu pembangunan masjid dihentikan pada tingkat pondasi.

Vedat Dalokay kemudian membangun versi modifikasi dari Masjid Kocatepe setelah memenangkan kompetisi internasional untuk Masjid Shah Faisal di Islamabad, Pakistan pada tahun 1969. Kini Masjid Kotacepe merupakan bangunan eklektik yang terdiri dari masjid Selimiye di Edirne, serta masjid Sehzade dan Sultan Ahmet di Istanbul.

6. Wisata Kuliner di Sekitar Masjid

Pilihan makanan halal dan restoran halal di sekitar Masjid Kocatepe dapat dengan mudah ditemukan. Ada pula destinasi  populer di Ankara termasuk Besiktas Kebap, Tourist Hotel Restaurant, Meshur Adiyaman Cig Koftecisi Omer Usta,Barcelo Ankara Altinel, Zenger Pasa Konagi, Divan Ankara Cukurhan dan Hati Poglu Konagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini