Sukses

Cerita Sandiaga Uno Ambil Cicilan KPR 30 Tahun hingga Beli Rumah Dibantu Mertua

Properti apa yang harus dicicil Sandiaga Uno selama 30 tahun?

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno tercatat sebagai salah satu pejabat dengan kekayaan Rp10,98 triliun berdasarkan data LHKPN Desember 2022. Namun, siapa sangka ternyata Sandi, panggilan akrabnya, punya pengalaman menyicil berbagai properti.  

"Waduh, ini menarik. Pengalaman saya ini layak bisa jadi cerita nih," kata Sandi dalam sebuah video yang ia unggah di akun TikTok pribadinya, @sandiuno.official pada Kamis, 8 Maret 2024.

"Saya itu pernah beli properti itu KPR 30 tahun di Singapura. Tapi begitu beli langsung krisis pak. Jebol krisis 98, jadi nilai properti sama nilai kreditnya tinggian nilai kreditnya, akhirnya ya udah kita minta di-reschedule," lanjutnya

Saat krisis moneter terjadi, Sandi dan istri memutuskan pulang ke Indonesia. Ia pun memutuskan tinggal di rumah orangtua karena kondisi finansial sedang tak baik, sebelum akhirnya mereka menyewa rumah. Belakangan, ia dan istri memutuskan membeli rumah sendiri. "Nah saat pertama beli itu dapat kredit dari mertua," ungkapnya.

"Bank mertua indah," canda Sandi.

Sandi tak menyebutkan detail besar ia meminjam uang mertuanya untuk membeli rumah. Yang jelas, ia merasa kesusahan saat menyicil rumah pertamanya, bahkan harus mengirit dan tinggal di rumah dengan perabot seadanya. Meski begitu, pengalaman bergelut dengan cicilan memperkaya kenangannya bersama istri. Rumah itu masih ditempatinya bersama keluarga sampai saat ini.

Tak berhenti dengan rumah pertama, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu kemudian membeli rumah kedua dengan kredit dari perbankan. Sementara, rumah ketiga dibeli secara tunai setelah hampir 15 tahun ia menjadi pengusaha.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Properti Pertamanya Tidak Boleh Dijual

Sandi melanjutkan, properti pertamanya di Singapura saat ini masih dimilikinya, tetapi dimanfaatkan untuk disewakan. Properti itu tidak boleh dijual sebagai kenang-kenangan. Konten yang disukai oleh lebih dari 3.393 pengguna TikTok sampai berita ini ditulis, mendapat banyak reaksi warganet.

"KPR bapak uno di Singapore, beda nasib kita pak," tulis seorang warganet.

"Ambil hikmahnya. Jangan diambil hati perbedaan nasibnya," tulis yang lain.

"Orang kekayaan 10T jangan disamain sama kita," celoteh yang lain.

"Pak Sandiaga Uno baru beli rumah cash, di rumah ketiga. Keren banget permintaannya," kata warganet.

"Old man pak, wkwkw," yang lain ikut berkomentar.

"Kirain KPR nya di Tambun," balas warganet.

"Rumah di SG kalau landed house itu beda harganya sama di pinggiran kota-kota di Indonesia," sambung yang lain.

"Rumah pertama di Singapore pak, wkwkwk tadinya sedih nggak jadi," balas warganet lagi.

"Anaknya Mien Uno nyicil KPR, yang nanya rada-rada nih," tulis warganet.

3 dari 4 halaman

Finish di Tokyo Marathon 2024

Sandiaga Uno menjadi salah satu dari 400 pelari asal Indonesia di ajang Tokyo Marathon 2024. Ia mengabarkan berhasil finish dalam ajang full marathon yang digelar pada hari ini, Minggu, 3 Maret 2024.

"Alhamdulillah! Finish happy dan strong di Tokyo Marathon🏃🤝🏻Luar biasa rasanya setelah 10 tahun kembali ikut Tokyo Marathon bersama Aa @raffinagita1717, @yurayunita dan @yukikt," tulis Sandi di akun Instagram pribadinya.

Sebelum berlari, ia menyempatkan waktu berlatih untuk aklimatisasi suhu mengingat ajang lari itu digelar di suhu -10 derajat celcius. Ia pun sempat berbagi tips dengan Raffi Ahmad, Yuki Kato, dan Yura Yunita yang ikut menjadi peserta lari 42 kilometer tersebut.

"Pertama kalian harus bersyukur, karena kalian bagian dari 0,00001 persen orang yang bisa ikut Tokyo Marathon," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Yuki Kato berhasil menyelesaikan marathon pertamanya. Begitu pula dengan Yura Yunita. "Aku super happy karena ga nyangka aku bisa finish strong dan finish fun. Aduh, ini benar-benar hari terindah aku," ucap Yura dalam Insta Story @pocarisportid.

4 dari 4 halaman

Didukung KBRI Tokyo

Adapun bagi Raffi, ajang tersebut adalah event major marathon kedua yang diikutinya. Ia pun disebut berhasil memecahkan rekor pribadinya.

"Yeayyyy We Did it Guys ❤️🇯🇵Tokyo Marathon 2024 ✅ All Finish Happy 😍 42Km Alhamdulillah," tulis Raffi dalam unggahan di Instagram pribadinya.

Sementara, Sandi berharap ajang tersebut juga memicu perkembangan positif sport tourism di Indonesia. Apalagi pada hari yang sama digelar F1 Powerboat di Danau Toba. "Semangat ini harus kita bawa kembali ke Tanah Air untuk dukung kegiatan sport tourism, hadirkan event-event olahraga yang berkualitas, yang mampu menarik banyak wisatawan mancanegara," sambungnya di keterangan unggahan.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menyaksikan langsung ajang lari dunia Tokyo Marathon 2024 untuk menyemangati para pelari asal Indonesia. Heri mengatakan, semangat pantang menyerah para pelari Indonesia ini jadi cerminan semangat mental bangsa Indonesia yang kuat.

"Tadi, saya dan Tim KBRI Tokyo sempat menyemangati langsung sejumlah pelari Indonesia, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang turut lari dalam Tokyo Marathon 2024 ini. Saya kagum dengan semangat dan kegigihan para pelari Indonesia. Ini merupakan refleksi dari semangat dan keteguhan mental bangsa Indonesia," ujar Heri, dikutip dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.