Sukses

Daftar 10 Pantai Terbaik 2024 Versi Conde Nast, Ada Wakil Indonesia

Conde Nast kembali merilis daftar pantai-pantai terbaik di dunia. Salah satu pantai Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut. Ada yang bisa menebak?

Liputan6.com, Jakarta - Conde Nast Traveller kembali merilis daftar pantai terbaik di dunia pada Sabtu, 24 Februari 2024. Dilansir dari cntraveler.net, Rabu, 6 Maret 2024, perusahaan media yang berpusat di New York tersebut mengurutkan beberapa titik wisata pantai yang alih-alih hanya berisikan tempat berpasir yang dipenuhi payung pantai dengan matahari terik dan sekelompok turis, pantai justru memiliki keindahan yang harus dijelajahi lebih jauh.

Dari 10 pantai teratas, Australia merajai daftar dengan empat pantai terbaik. Dari Indonesia, Pantai Ora, Maluku Utara jadi satu-satunya pantai lokal yang masuk ke dalam daftar tersebut di posisi ke-5.

Pantai Ora terletak di Negeri Saleman, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku Utara. Pantai itu dideskripsikan sebagai Maladewa-nya Indonesia. Dengan airnya yang bening dan pasir pantai yang putih, Pantai Ora sangat indah dipadukan dengan suasana bukit yang berbaris dan hutan tropis yang masih asri.

Dikutip dari laman indonesiakaya.com, akses menuju daerah penuh privasi ini cukup sulit dan menghabiskan banyak biaya. Dari Pulau Ambon, kita perlu menyeberang menuju Maluku Tengah lalu ke Pulau Seram dengan menggunakan kapal cepat sekitar dua jam perjalanan. 

Dari Pelabuhan Masohi, perjalanan dilanjutkan lewat jalur darat menggunakan kendaraan bermotor yang memakan waktu 3--4 jam perjalanan hingga sampai di Desa Saleman, Seram Utara. Setelah sampai di tempat tersebut, perjalanan harus dilanjutkan lagi dengan menggunakan kapal nelayan selama kurang lebih 15 menit untuk sampai di Pantai Ora.

Di wilayah pantai ini hanya ada satu resort yang terkenal. Namun bila kita ingin menginap di tempat lain, ada beberapa alternatif seperti di Desa Sawai maupun Saleman yang terletak tidak jauh dari Pantai Ora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Pantai Australia di Daftar Pantai Terbaik

Pantai Palm Cove di Negara Bagian Queensland, Australia didapuk sebagai pantai terbaik dalam daftar yang dirilis tersebut. Pantai yang terletak di sebelah timur Kota Cairns ini menawarkan pemandangan dengan pohon palem berjajar serta atraksi menyelam untuk melihat Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) yang bisa diakses lewat kawasan sekitar pantai. 

Area Pantai Palm Cove hanya dihuni 2000 orang sehingga bebas dari keramaian warga lokal. Selain itu, lumba-lumba dan paus masih sering terlihat dari dermaga pantai ini.

Dikutip dari laman milik daerah Kota Cairns yang melingkupi wilayah Pantai Palm Cove, palmcove.net, Pantai Palm Cove telah memenangkan banyak penghargaan sebagai Pantai Terbersih di Australia selama bertahun-tahun. Hingga saat ini, Pantai Palm Cove masih dipenuhi dengan ekosistem alam yang lengkap.

Pantai Noosa dari Queensland menemani Palm Cove dalam daftar ini. Pantai Noosa adalah pantai tempat berlibur orang-orang dari Brisbane, Australia. Pantai Noosa juga menjadi tempat nongkrong populer dengan jejeran butik desainer dan restoran ramai dengan pantai pasir putih yang luas dan tenang. 

Selain dari Queensland, Pantai Wategos dan Pantai Mona Vale dari Negara Bagian New South Wales juga ikut dalam daftar. Wategos yang berada di Teluk Byron adalah tempat favorit para selebriti Hollywood untuk menikmati musim panas, sedangkan Mona Vale adalah pantai kebanggaan warga New South Wales, terutama Kota Sydney, yang selalu ramai oleh wisatawan.

3 dari 4 halaman

Pantai Dune du Pilat Prancis yang Punya Pantai dan Gurun Bersamaan

Selain Pantai Palm Cove di Australia, pantai lain yang ikut masuk ke dalam daftar ini adalah Pantai Dune de Pilat yang terletak di Departemen Gironde di barat daya Prancis. Letaknya tepat di pintu masuk Teluk Arcachon, di wilayah kota kecil La Teste de Buch, sekitar 40 mil barat daya Bordeaux. 

Dikutip dari laman dunedupilat.com, Pantai Dune du Pilat memiliki bukit pasir yang membentang sepanjang 2.7 kilometer dari Utara ke Selatan. Kawasan Dune du Pilat menawarkan wisata pantai dan gurun yang disatukan. Ketinggian bukit pasir pada pantai ini bisa sampai 100 meter dari permukaan laut (mdpl). 

Tidak hanya bukit pasirnya yang tinggi, dimensi yang dimiliki oleh bukit pasir Pantai Dune du Pilat ini juga sangat besar dan warna dari pasirnya yang dapat berubah-ubah sesuai waktu dan musim. Di bagian belakang pantai, terdapat hutan pinus yang berjajar. Pantai ini juga menyediakan kios-kios yang menjual hidangan laut.

Pada daftar ini, Pantai Dune du Pilat berada di urutan ketujuh dari sepuluh pantai terbaik di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

Daftar 10 Pantai Terbaik di Dunia 2024 Versi Conde Nast

Bagi banyak orang, pantai adalah lokasi pokok untuk liburan musim panas. Pantai diimpikan menjadi tempat untuk berjemur, berenang, membaca dan bermimpi. Pantai juga bisa menjadi tempat petualangan dan intrik bagi liburan Anda.

Dalam daftar ini, selain Palm Cove, ada tiga pantai Australia yang juga ikut masuk sebagai pantai terbaik di dunia. Sementara, Hawaii, Skotlandia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan turut menyumbangkan satu nama dalam daftar.

Secara keseluruhan, ini daftar 10 pantai terbaik di dunia 2024 menurut Conde Nast:

  1. Palm Cove, Cairns, Queensland, Australia
  2. Honopu, Pulau Kaua'i, Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat
  3. Brekon, Pulau Yell, Kepulauan Shetland, Skotlandia
  4. Wategos, Kawasan Konservasi Tanjung Byron, New South Wales, Australia
  5. Ora, Pulau Seram, Kepulauan Maluku Utara, Indonesia
  6. Mona Vale, New South Wales, Australia
  7. Dune du Pilat, Departemen Gironde, Perancis
  8. Pantai Noosa, Queensland, Australia
  9. Awaroa, Taman Nasional Abel Tasman, Pulau Selatan, Selandia Baru
  10. Die Plaat, Cagar Alam Walker Bay, Afrika Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.