Sukses

Potret Royal Wedding Anak Mentan Amran Sulaiman, Pesta Megah Beradat Bugis Digelar Hampir 12 Jam Nonstop

Royal wedding anak Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman, dan Ihsani Nurul Izzah juga dimeriahkan penampilan dua band lokal Makkasar, serta tujuh artis ternama, termasuk Tiara Andini dan Tulus.

Liputan6.com, Jakarta - Resmi sudah anak Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman, melepas masa lajangnya. Pada Sabtu, 24 Februari 2024, ia telah menikahi kekasihnya, Ihsani Nurul Izzah, dalam gelaran pesta megah berkonsep royal wedding di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan.

Merujuk sederet unggahan foto di akun Instagram @thepotomoto, yang bertanggung jawab atas dokumentasi resepsi pernikahan tersebut, Senin, 26 Februari 2024, pesta digelar dengan mengusung adat Bugis yang "selalu menghadirkan hal unik," tulis pihaknya.

"Mewahnya chandelier yang mengisi latar utama berpadu apik dengan nuansa warna gold, hijau, dan merah muda di area acara yang digelar selama hampir 12 jam nonstop," imbuh mereka.

Di unggahan berbeda, pihaknya mengungkap, "Pernikahan Andi Amar Ma'ruf Sulaiman dengan Ihsani Nurul Izzah yang mengusung tema adat Bugis sebagai daerah kelahiran mempelai wanita berlangsung bak pesta rakyat."

"Bagaimana tidak? Royal wedding yang dilaksanakan pada Sabtu, 24 Februari 2024 di Phinisi Ballroom Claro Hotel Makassar ini dihadiri banyak tokoh penting hingga bintang tamu ternama. Bahkan tamu undangan yang hadir pun jumlahnya lebih dari 7.500 orang," beber mereka.

Sementara itu, di unggahan akun Instagram Amar, terlihat juga bahwa resepsi pernikahan itu dimeriahkan penampilan dua band lokal Makkasar, serta tujuh artis ternama, termasuk Tiara Andini dan Tulus. Busana pasangan pengantin merupakan rancangan desainer kenamaan Didiet Maulana melalui lini modenya, IKAT Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Riasan sampai Dekorasi Menawan

Dari sejumlah foto daring, terlihat bahwa ansambel hijau serasi Amar dan Enon, sapaan akrabnya, bervisual selaras dengan adat Bugis yang diusung dalam resepsi pernikahan mereka. Tampilannya dilengkapi wastra lokal yang jadi salah satu ciri khas kreasi Didiet Maulana. Ragam akesori pelengkap potongan busana pengantin pun dipakai kedua mempelai.

Menyeimbangkan fesyen, wajah pengantin perempuan dipulas riasan makeup artist (MUA) Muhdia Rafika. Merujuk portofolionya di Instagram, ia memang terlihat berspesialisasi merias wajah pengantin yang meresmikan ikatan pernikahan dengan acara adat, kendati ada juga resepsi "internasional" dengan mahkota modern.

Tidak kebanting dengan penampilan pasangan pengantin, venue pernikahan didekorasi sedemikian cantik oleh Stupa Caspea. Di akun Instagram-nya, baru-baru ini, mereka menulis, "Suasana Istana Kolonial Makassar memberi nuansa kebahagiaan pada pernikahan ini!"

"Memanfaatkan elemen bahari khas Sulawesi Selatan, campuran Belanda, burung merak yang cantik, dan motif bunga bernuansa merah muda dan ungu yang menampilkan tradisi dan budaya pasangan kami! @claromakassar," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Haturkan Selamat dan Doa-Doa Baik

Sederet potret pernikahan Amar dan istri pun dikomentari sejumlah warganet. Sebagian besar memberi selamat atas pernikahan mereka dan memberi doa-doa baik agar ikatannya terus langgeng, serta diberkahi.

Selain, tidak sedikit pula yang mengaku kagum pada konsep resepsi pernikahan yang digelar. "Wedding adat Bugis emang gak main-main," kata salah satu pengguna Instagram, sementara yang lain berkomentar, "Masya Allah dream wedding banget nih."

"Kalo mau kesan mewah yang gak tanggung-tanggung, nikah pake adat Bugis emang juara 😍😍😍," sahut pengguna berbeda. "NGUNDANG DUO TOP ARTIST INDONESIA DI SPOTIFY: TIARA, TULUS😭😭❤️," timpal yang lain. "Merinding liat perangkat adatnya. Wow mewah."

Sebelum menikah, Amar sudah lebih dulu berbagi bahwa ia menjalani prosesi mappacci. "(Ini merupakan) ritual dan tradisi pernikahan yang dipegang teguh orang Bugis hingga hari ini," tulis calon legislatif anggota DPR RI itu. "Mohon doa dan nasihat baik agar niat baik kami diberi kelancaran, dan semoga semua kegiatan kita dimudahkan."

4 dari 4 halaman

Seserahan Senilai Hampir Rp10 Miliar

Melansir situs web Kemendikbud, mappacci dijelaskan sebagai prosesi pemberian pacci pada calon pengantin. Pacci di sini merujuk pada tumbuhan yang awalnya hanya digunakan untuk penghias kuku. Pacci kemudian dikaitkan dengan kata Paccing dalam bahasa Bugis yang berarti kebersihan dan kesucian.

Sebelum adat Mappacci dimulai, orang yang akan memberi pacci pada calon mempelai akan dipilih terlebih dulu. Mereka biasanya adalah orang dengan status sosial yang baik atau keluarga-keluarga dalam kehidupan rumah tangga yang harmonis. Ini mengandung doa agar calon pasangan bisa seperti mereka yang meletakkan pacci di telapak tangannya.

Pada September 2023, Amar sudah lebih dulu jadi sorotan setelah melamar Enon, yang saat itu berstatus sebagai kekasihnya, dengan membawa seserahan yang totalnya hampir Rp 10 miliar. Acara lamaran mereka berlangsung pada 3 September 2023, di Hotel Claro Makassar, lokasi yang sama dengan resepsi pernikahan keduanya, dikutip dari merdeka.com, Kamis (29/2/2024).

Andi mempersembahkan seserahan berupa uang 88 riyal, satu steel perhiasan emas berlian, dua kg logam mulia, satu unit mobil Alphard, satu unit rumah, dan uang belanja sebesar Rp2 miliar. Keduanya disebut bertemu pertama kali saat jadi mahasiswa Universitas Hasanuddin, Makassar, sampai akhirnya menjalin hubungan romantis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.