Sukses

Kebun Binatang Ajaib di Situbondo Jawa Timur, Kambing Disulap Jadi Zebra hingga Singa

Sebuah kebun binatang yang kurang lazim di Situbondo, Jawa Timur menempatkan kambing maupun domba jadi berbagai jenis hewan seperti zebra, singa, macan tutul, hingga zebra.

Liputan6.com, Jakarta - Kebun binatang biasanya memiliki banyak koleksi satwa untuk dipamerkan agar menarik perhatian pengunjung. Namun, sebuah tempat di Situbondo, Jawa Timur, menyulap kambing maupun domba menjadi berbagai jenis hewan seolah-olah menjadi penghuni kebun binatang.

"Ini kebun binatang terbaru yang ada di Desa Kotakan, Kabupaten Situbondo," ungkap pembuat konten dengan akun @pakpet.chanel, diunggah pada Jumat, 23 Februari 2024.

Terlihat sebuah ruangan yang dindingnya ditempeli stiker suasana hutan dengan air terjun. Setelah melewati sebuah tangga kayu di satu bagian kandang, tampak sekumpulan kambing yang "didandani" jadi berbagai jenis hewan seperti singa, macan tutul, zebra, bahkan jerapah.

"Ini zebra-zebranya udah pada hamil, pada bunting semua," sambungnya sambil memperlihatkan kambing yang bulunya diwarnai dengan motif hitam putih bak zebra.

Menurutnya, total kambing di tempat itu sekitar 20 ekor, diperkirakan jumlahnya akan bertambah seiring banyaknya kambing yang telah hamil. Di siang hari. kambing tersebut dilepas di area terbuka untuk makan selayaknya kambing pada umumnya.

Warganet yang penasaran kemudian menanyakan soal harga tiket masuk ke 'kebun binatang' tersebut. Pembuat konten pun merespons bahwa tempat itu ternyata belum dibuka untuk umum karena masih dibangun.

"Karena nanti di sini akan ada wisata petik buah, ada wisata. InsyaAllah pemancingan juga, kemudian ada kafenya juga," katanya sambil menunjuk lokasi kafe dekat kebun alpukat dan durian. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Konten yang disukai oleh lebih dari 898 ribu pengguna TikTok itu pun menuai beragam reaksi. Kebanyakan warganet juga merespons dengan bercanda dan hampir tertipu dengan bentuk binatang macan tutul hingga zebra seperti aslinya. 

"Pengen denger suara harimau sama singanya," komentar warganet.

"Wong kok unik," kata yang lain.

"Kebahagiaan orang beda-beda, tapi ini beda banget," sambung warganet lainnya.

"Lah mana gua percaya-percaya aja," seru yang lain seperti kaget ternyata kambing didandani berbagai jenis binatang.

"Lagi malas ketawa," tulis warganet.

"Qurban kambing x, qurban singa v," balas warganet.

"Pas anaknya lahir, "aku ini siapa mah, kenapa aku berbeda?" bercanda warganet.

"Macan tutul polkadotnya lucu banget," kata yang lain menimpali.

"Mana awalnya aku percaya lagi," tulis warganet merasa tertipu.

"Cape banget liat komennya," kata warganet.

"Beh.. terlanjur kreatif ki," sambung yang lain.

"Kambing be like: aku salah apa pak," yang lain menambahkan.

3 dari 4 halaman

Kebun Binatang Ajak Namai Kecoak dengan Mantan

Di tempat berbeda, dikutip dari Tim Hot Liputan6.com, sebuah kebun binatang di Amerika Serikat membuat penawaran unik untuk merayakan Hari Valentine yang dikenal juga sebagai hari kasih sayang. Dilansir Liputan6.com dari NDTV, Sabtu, 27 Januari 2024, Kebun Binatang Bronx menawarkan program menamai kecoak dengan nama mantan pacar.

Pihak kebun binatang menawarkan kesempatan itu kepada seseorang yang telah putus cinta dan ingin melampiaskan kekesalannya terhadap mantan pacar. Program tersebut pun langsung mencuri perhatian netizen. Bukan hanya karena unik saja, namun harga yang ditawarkan juga jadi sorotan.

Kebun Binatang Bronx diketahui membolehkan pengunjung untuk memberi nama kecoak usai mendaftar secara online. Usai mendaftar, orang tersebut pun dikenakan biaya sebesar 15 dolar AS atau sekitar Rp236 ribu.

Kecoak yang dimaksud yaitu kecoak Madagaskan yang menjadi kecoak terbesar di dunia dengan panjang sekitar 10 cm. Tak hanya itu, nantinya orang-orang yang telah mendaftar juga mendapatkan bingkisan hingga sertifikat.

4 dari 4 halaman

Nama untuk Kecoak Madagaskar

 

Jika bersedia membayar tambahan 20 dolar AS atau sekitar Rp315 ribu, Anda juga bisa mendapatkan virtual dengan kecoa dan "tamu hewan kejutan spesial". Pihak kebun binatang mengumumkan kampanye mengenai pemberikan nama untuk kecoak melalui akun X (Twitter).

Pesan dalam unggahan di media sosial kebun binatang tersebut pun tak lepas dari sorotan. "Hari Valentine kembali digelar. Hanya satu kado yang memiliki enam kaki dan aura romantisme yang tak tertahankan. Itu benar! Beri nama kecoa Madagaskar di Kebun Binatang Bronx dengan nama seseorang yang spesial dan nyatakan rasa cinta Anda kepada mereka dengan huruf besar, tebal, dan besar," tulisnya. Namun, masa pendaftaran sudah lewat yaitu pada 8 Februari 2024. 

Program tersebut rupanya agenda tahunan. Pada 2023, sedikitnya 3.246 orang terlibat dalam program Valentine yang tak boleh dihilangkan. Meski menjadi sorotan, terutama karena biaya yang cukup mahal, rupanya hasil donasi tersebut akan disumbangkan. Pihak kebun binatang mengungkapkan akan menyumbangkan seluruh donasi ke Wildlife Conservation Society, yang bertujuan melindungi keanekaragaman hayati di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini