Sukses

Sandy Walsh Pakai Kemeja Batik Saat Pertama Kali Ikut Mencoblos di Belgia, Kebingungan Baca Visi-Misi Capres dalam Bahasa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola Sandy Walsh termasuk salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang ikut mencoblos duluan di luar negeri. Saat ini, pemain belakang Timnas Indonesia tersebut sedang berada di Belgia untuk memperkuat timnya, Mechelen.

Walsh terlihat antuasias mengikuti pemilu pertamanya setelah ia resmi menjadi WNI pada 2022. Ia rela datang jauh-jauh dari Mechelen ke kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Brussels, Belgia untuk memberikan hak suaranya di Pemilu 2024. Hal ini terlihat dalam unggahannya di Instagram dan YouTube.

Dalam video di akun Instagram resminya, Sandy Walsh terlihat keren memakai kemeja batik hitam abu-abu dengan skinny pants senada. Ia melengkapi penampilannya dengan coat serta sneakers hitam.

Saat itu, pria yang lahir di Belgia tersebut tampak menunjukkan paspor Indonesia dan KTP yang ia miliki dan menerima penjelasan dari petugas KPPS di KBRI Brussels. Ia juga terlihat mencoblos bersama gelandang Timnas Indonesia lainnya, Marselino Ferdinan. Marselino juga bermain di Belgia, yaitu di klub Deinze.

"#VOTED Ayo Nyoblos ke TPS! Use the hashtag and tag me. Saya ingin melihat semua orang memberikan suaranya pada tanggal 14! 🇮🇩❤️," tulis Sandy dalam keterangan unggahannya pada Minggu, 11 Februarfi 2024.

Sandy mengaku sempat kesulitan untuk menerjemahkan dokumen Visi-Misi Capres-Cawapres yang ditulis dalam bahasa Indonesia. "Mereka mengatakan pada saya bahwa semuanya ditulis dalam bahasa Indonesia. Jadi, itu tantangannya, tetapi yah kenapa tidak, bahasa Indonesia harus lebih baik. Jadi, saya harus berusaha sekarang," kata Sandy.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sandy Walsh Rela Tempuh Perjalanan Jauh

Video Sandy Walsh mencoblos ini pun beredar di TikTok, salah satunya diunggah akun @168timnas. Tak sedikit yang memuji pemain yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda tersebut atas antusiasmenya ke TPS untuk mengikuti Pemilu.

Aksinya itu seperti menunjukkan bahwa dirinya tulus dan serius jadi WNI sehingga rela menempug perjalanan jauh untuk mengikuti Pemilu. Belum sehari dibagikan, unggahan di akun Instagram Sandy itu sudah disukai lebih dari 274 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 3.696 komentar.

"Dia pemain keturunan yang paling antusias," komentar seorang warganet.

"Dia selalu excited apapun tentang indonesia," kata warganet yang lain.

"Dari sekian banyak pemain naturalisasi kok aq ngerasa dia yang paling tulus sama indonesia, semua tulus tp dia keliatan smile trus," komentar warganet lainnya.

"Penasaran bang sandy coblos siapa ya🤣," ujar warganet lainnya yang seperti mewakili pertanyaan sejumlah warganet yang penasaran dengan capres yang dipilih Sandy.

3 dari 4 halaman

Cinta Laura Mencoblos di New York

Masyarakat Indonesia akan menjalani masa pemungutan suara Pemilu dan Pilpres pada 14 Februari 2024. Namun sebagian warga negara Indonesia yang sedang berada di luar negeri sudah lebih dulu mencoblos, termasuk Cinta Laura.

Penyanyi dan aktris terkenal tersebut diketahui mengikuti pencoblosan dan memberikan hak suaranya di New York, Amerika Serikat (AS). Momen dirinya mencoblos jauh-jauh di New York ini dibagikan Cinta di akun Instagram pribadinya, @claurakiehl. Artis berusia 30 tahun itu menunjukan momennya di bilik pencoblosan dan menunjukan jari ungu tanda dirinya sudah menggunakan hak suaranya.

"Nyoblos di New York, let’s go Indonesia," tulis Cinta dalam unggahannya pada Minggu, 11 Februari 2024. Saat pencoblosan, penampilan simpel tapi menawan Cinta bikin banyak warganet salah fokus. Cinta tampil dengan mix and match long sleeve hitam dan rok jeans biru. Sedangkan rambutnya dicepol ke atas dan riasan tipis.

Cinta juga berpose di bilik pencoblosan dan menunjukan kerta suaranya. Terakhir, tak ketinggalan, Cinta juga berpose menunjukan jari kelingkingnya yang bertinta ungu untuk menandakan dirinya sudah mengikuti Pemilu 2024 dengan baik dan benar. Tampilan gaya Cinta Laura mencoblos di New York, Amerika Serikat ini pun ramai pujian warganet.

4 dari 4 halaman

Tata Cara WNI di Luar Negeri Ikut Pemilu

Tidak hanya warga negeri Indonesia (WNI) yang ada di Tanah Air, Pemilu juga berlangsung untuk WNI yang ada di mancanegara. Dikutip dari akun kpu.go.id, Rabu, 10 Januari 2024, dijelaskan bahwa WNI di luar negeri bisa menyalurkan suaranya melalui Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dengan 3 tata cara memilih.

Pertama, yaitu memilih di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPS LN). Kedua, melalui Kotak Suara Keliling (KSK) dan ketiga melalui pos.KPU dalam keterangannya menyatakan, WNI bisa datang ke TPS yang biasanya dibangun di pusat berkumpulnya WNI, atau Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal.

Namun bagi WNI yang jauh dari lokasi Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN), bisa memilih dengan tata cara mencoblos surat suara dan memasukkan surat suara ke KSK yang dapat dijangkau PPLN di tempat WNI bekerja dalam satu kawasan.

Bagi WNI yang berlokasi lebih jauh dan terpencil, dapat mengirimkan surat suara tersebut melalui pos ke Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Proses Pemilu di luar negeri akan dilaksanakan lebih dulu atau early voting dibandingkan dengan Pemilu di dalam negeri, namun proses penghitungan dan rekapitulasi suara dilakukan bersamaan dengan di dalam negeri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini