Sukses

Senyum Semringah Raja Charles III Usai Temui Pangeran Harry Setelah 16 Bulan Tak Bersua

Raja Charles III bahkan sengaja menunda kepergiannya ke Sandringham menaiki helikopter untuk menemui Pangeran Harry yang pulang ke Inggris usai diberitahu soal sakit kanker yang dideritanya.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III menyempatkan bertemu Pangeran Harry setelah dia terbang jauh dari Los Angeles ke Inggris pada Selasa, 6 Februari 2024. Pertemuan selama 30 menit itu menjadi pertemuan Charles dan Harry yang pertama dalam 16 bulan terakhir.

Mengutip The Sun, Rabu (7/2/2024), Harry mendarat di Bandara Heathrow Inggris saat jam makan siang setelah menempuh perjalanan 10,5 jam. Ia segera berangkat ke London saat sang ayah menunda penerbangannya ke Sandringham dengan helikopter. Charles membiarkan helikopternya menunggu agar dia bisa secara pribadi menyambut Harry di Clarence House, London.

Pertemuan mereka diperkirakan berlangsung kurang lebih setengah jam, dengan Pangeran Harry dan rombongan meninggalkan Clarence House sekitar 45 menit setelah tiba. Ini adalah pertama kalinya dia dan Charles bertemu secara pribadi sejak Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022, meski mereka tetap melakukan kontak telepon.

Charles tampak bahagia dengan reuni tersebut saat ia difoto untuk pertama kalinya sejak Istana mengumumkan diagnosis kankernya pada Senin, 5 Februari 2024. Dia tersenyum di samping Camilla di belakang State Bentley saat mereka melambai kepada orang banyak dalam perjalanan singkat antara Clarence House dan Istana Buckingham.

Raja dan Ratu akhirnya menaiki helikopter mereka dari taman Istana satu jam lebih lambat dari yang direncanakan. Sumber-sumber di istana mengatakan dia akan membagi waktu di kediamannya di pedesaan dan kembali ke London untuk pertemuan, urusan bisnis, dan pengobatan rawat jalan untuk kanker yang dideritanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangeran William Tidak Ikut Pertemuan

Seorang sumber berkata, "Charles selalu memiliki jadwal yang ketat dan memiliki rencana perjalanan meninggalkan London untuk beristirahat dan memulihkan diri di Norfolk." 

Raja Charles mengatakan kondisinya 'sangat baik' dan 'sepenuhnya normal'. Seorang teman yang menyaksikan Charles mengatakan, "Bila kamu tidak tahu ada yang salah dengannya kamu tidak akan tahu."

Sumber istana lain mengatakan bahwa Raja 'dalam kondisi baik' dan 'hanya sedikit frustasi karena kondisinya tidak hanya memengaruhi rencananya tetapi juga berdampak pada yang lain'.

Pangeran William tidak ikut dalam pertemuan tersebut. Sumber menyatakan bahwa Pangeran Wales itu 'tidak berencana' menemui Harry selama pulang kampung ke Inggris. William kembali bertugas setelah beberapa hari absen untuk mendampingi Kate Middleton yang menjalani operasi perut dan pemulihan di rumah mereka di Adelaide Cottage, Istana Windsor.

 

3 dari 4 halaman

Pangeran William Fokus Bekerja

Putra mahkota Inggris itu akan menghadiri pesta penggalangan dana tahunan London Air Ambulance malam ini, Rabu (7/2/2024). William, yang pernah menjadi pilot ambulans udara selama sekitar dua tahun di East Anglia, memfokuskan sebagian besar perhatiannya untuk menyoroti pekerjaan tim medis lintas udara dan layanan darurat lainnya dan menjadi pelindung organisasi tersebut empat tahun lalu.

Sementara, Meghan Markle tetap berada di Amerika Serikat bersama anak-anaknya dengan Harry, yakni Lilibet dan Archie. Meghan dan Harry sebelumnya berencana melakukan perjalanan ke Kanada akhir Februari 2024 untuk menghadiri Invictus Games. Namun, belum diketahui apakah rencana itu masih akan dilanjutkan atau tidak.

Mengutip laman NY Post, mantan kepala pelayan kerajaan Grant Harrold mengatakan kepada The Post alasan Meghan harus tetap tinggal di Amerika. "Meghan membuat keputusan bahwa yang terbaik adalah tinggal di rumah bersama anak-anaknya, dan mungkin dia merasa ini adalah sesuatu yang harus dilakukan Harry sendirian," katanya.

Dia melanjutkan, "Itu ayahnya. Dia menyadari hubungan dekat dan mungkin mendorongnya untuk datang."

4 dari 4 halaman

Kemungkinan Akan Kembali ke Inggris

Harrold juga memperkirakan Meghan mungkin 'akan datang lagi nanti', bahkan dengan anak-anaknya Archie dan Lilibet. "Saya yakin suatu saat mereka akan membawa cucu-cucunya ke sini, itu mungkin menjadi bagian dari apa yang sedang dibicarakan – sebuah kesempatan bagi mereka untuk datang sebagai sebuah keluarga," kata Harrold.

Charles sebelumnya disebutkan menyampaikan langsung kondisi penyakitnya kepada William dan Harry. Namun, sumber mengungkapkan bahwa Harry dan William belum berbicara satu sama lain sekitar setahun. Sekarang, ketika ayah mereka menghadapi masalah kesehatan, salah satu sumber istana penasaran apakah Harry akan turun tangan dan rela menghubungi William lebih dulu.

Sumber itu menyebutkan bahwa sebelum hubungan keduanya memburuk, Harry dipersiapkan untuk menjadi penasihat terpercaya William bila ia naik takhta kelak. Tapi, Harry memutuskan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris pada 2020 dan pindah ke luar negeri memboyong istri dan anak-anaknya.

Setelah kondisi kesehatan Raja Charles III terungkap, sejumlah pertanyaan lainnya bermunculan. Salah satunya tentang apakah William akan langsung bertindak sebagai Prince Regent. Hal itu memungkinkannya mengemban semua tugas Charles, termasuk kekuasaannya, bila raja tidak mampu bertugas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.