Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Salahutu dengan Pemandangan Pulau Seram di Puncaknya

Lokasi pendakian di Gunung Salahutu sangat berharga karena memiliki pemandangan luas ke pantai timur Pulau Ambon dan beberapa puncak kecil di Seram bagian barat di kejauhan.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Salahutu merupakan puncak tertinggi di pulau Ambon, dengan dua puncak yang tingginya lebih dari 1000 mdpl. Meski kedengarannya tidak terlalu tinggi, pendakian ini cukup menantang untuk gunung sebesar itu dan puncak tertingginya jarang dikunjungi.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Sabtu, 27 Januari 2024, Banyak pelajar lokal yang mendaki Salahutu dari desa Waai terkenal dengan belut–belut keramat. Sayangnya mereka hanya mendaki ke puncak tertinggi kedua yang hanya mencapai angka seribu.

Lokasi pendakian ini sangat berharga karena memiliki pemandangan luas ke pantai timur Pulau Ambon dan beberapa puncak kecil di Seram bagian barat di kejauhan. Dibutuhkan sekitar 5 jam untuk mencapai puncak dari desa Waai di semenanjung Leihitu dan jalur dimulai hanya beberapa meter di atas permukaan laut.

Masih banyak hal mengenai Gunung Salahutu selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Salahutu yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Rute Awal Pendakian

Dari tepi bukit kecil di jalan utama dekat Waai, terdapat jalur perkebunan kecil yang mengarah ke pegunungan. Menemukannya mungkin sulit tanpa pemandu karena tidak ada tanda dan Anda dapat dengan mudah melewatinya. Ikuti jalan setapak yang melewati perkebunan.

Pada ketinggian sekitar 140 mdpl terdapat persimpangan di mana Anda mengambil belok kanan yang turun ke sungai kecil dan kemudian sampai ke sisa-sisa bangunan yang disebut Rumah Cengkeh (‘Rumah Cengkih’, 214m).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pendaki Akan Menyeberangi Sungai Waai Tasoi

Setelah melewati rute awal, pendaki akan menemui jalan setapak kemudian mulai menanjak ke tanjakan sempit dengan turunan curam di kedua sisinya. Tak begitu banyak pohon di pendakian awal, namun jalan yang sempit akan membuat Anda bisa berteduh dari teriknya matahari jika berjalan pada siang hari. 

Memang benar, kemajuannya sangat lambat dan bahkan ketika Anda akhirnya mencapai ketinggian 450 mdpl. Lalu pendaki akan menemukan bahwa jalurnya menurun tajam ke kiri menuju sungai Waai Tasoi (317 mdpl).

Ini adalah tempat yang baik untuk beristirahat sebelum menyeberangi sungai dan mendaki lagi. Terdapat beberapa kupu-kupu cantik dan berukuran besar di kawasan ini, baik pada siang hari maupun malam hari.

Di sini pendaki akan menemukan aliran deras sungai yang mungkin sulit untuk diseberangi. Bahkan, selama musim kemarau Anda mungkin harus melepas sepatu dan kaus kaki dan menyeberang, untuk itu persiapkan peralatan maupun fisik untuk melewati medan saat mendaki gunung ini.

3 dari 4 halaman

3. Kesulitan Pendakian

Jalurnya sekarang menanjak curam dan berlumpur serta tertutup akar tebal yang membuat segalanya menjadi sedikit sulit. Namun, saat berada di atas ketinggian 500 meter, suhu akan sedikit lebih rendah dan keringat Anda mulai berkurang.

Suara sungai masih bisa terdengar dari sini, setelah meninggalkan lokasi tadi. Ketika Anda mencapai tanda di ketinggian 689m, jalan setapak sudah sangat dekat dengan sungai lain yang lebih kecil. Tempat ini adalah sumber air terakhir dalam pendakian.

4. Jalan Becek Berlumpur

Dari titik ini jalurnya semakin berlumpur namun pemandangannya benar-benar terbuka dan akhirnya Anda akan mencapai tempat yang oleh sebagian besar penduduk setempat dianggap sebagai 'puncak' Salahutu. Tempat itu ditandai dengan pilar pemicu semen yang rusak dan sisa-sisa beberapa api unggun kecil bekas para pendaki.

Dengan medan seperti ini, pendaki harus bersiap-siap berjalan dalam keadaan agak licin. Namun keadaan ini juga terkadang ditemukan juga di gunung lainnya.

 

4 dari 4 halaman

5. Pemandangan Pulau Seram dari Atas Puncak

Pemandangan ke arah timur tidak dibatasi oleh pepohonan atau tumbuh-tumbuhan lainnya. Dengan pohon yang tak begitu rimbun, pendaki dapat melihat garis pantai timur pulau Ambon, dekat pulau Haruku dan beberapa puncak kecil di pulau besar Seram.

Pemandangan ke arah barat sebagian besar tertutup oleh pepohonan, namun jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda akan dapat melihat titik tertinggi pulau Ambon yang sebenarnya, terletak sekitar 2 kilometer ke arah barat, melewati puncak tengah yang lebih rendah di antara keduanya.

6. Puncak Gunung Salahutu yang Sebenarnya

Sayangnya, 2 kilometer itu harus banyak naik turun dan tidak ada jalur yang jelas. Sangat sedikit penduduk setempat yang mendaki ke puncak sebenarnya, setidaknya dari sisi ini dan secara total mungkin diperlukan ekspedisi pendakian selama 2 hari ke puncak sebenarnya dan kembali lagi.

Artinya, dengan asumsi tidak ada jejak dari arah lain. Jika anda mempunyai informasi mengenai Puncak Pulau Ambon yang sebenarnya silahkan tinggalkan komentar di bawah!

Sementara itu untuk turun, Anda akan memakan waktu sekitar 3 setengah jam. Pendaki lokal suka mandi di sungai Waai Tosoi saat turun. Ini merupakan cara yang baik untuk menenangkan diri sebelum 90 menit terakhir melalui perkebunan kembali ke jalan utama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini