Sukses

Resep Mie Ayam Rumahan Ala Abang-Abang, Lezat Tanpa Bau Amis

Mie ayam menjadi makanan yang sangat dikenal di Indonesia, makanan ini banyak dikenal di daerah-daerah tertentu. Meski makanan tersebut bukan makanan asli dari Indonesia namun makanan ini paling digemari masyarakat.

Liputan6.com, Denpasar - Mi atau bakmi adalah makanan berbahan dasar tepung dan telur pertama kali ditemukan di China berabad-abad silam, dan diperkenalkan oleh pedagang Tionghoa ke Indonesia sebagai makanan lezat dan murah.

Dahulu olahan bakmi dari pedagang Tionghoa itu selalu ditambahkan irisan daging ayam atau babi, sebagai penambah rasa mereka akan menambahkan minyak babi. Namun, berjalannya waktu akhirnya olahan bakmi banyak yang dibuat oleh masyarakat Indonesia dengan berbagai inovasi juga varian rasa yang tentunya halal.

Salah satu bakmi yang sudah dimodifikasi resepnya yang akhirnya dikenal dengan sebutan mi ayam, makanan tersebut biasa dijajakan oleh para pedagang yang mayoritas berasal dari wilayah di Wonogiri dan Sukoharjo.

Liputan6.com akan mengulas resep abang-abang pedagang mi ayam yang lezat tanpa bau amis dengan biaya ramah kantong dan bisa dikerjakan di dapur rumah. berikut adalah resep mi ayam lezat tanpa bau amis yang wajib dicatat resepnya:

- Mi : 1 Kg (bagi menjadi 15-17 porsi) bisa dibeli di pasar atau supermarket

- Ayam fillet dada : 1 kg rebus hingga matang lalu potong dadu air rebusan jangan dibuang

- 3 batang daun bawang iris-iris sepanjang 3 cm

- 2 batang sereh digeprek

- 1 ruas jahe digeprek (untuk menghilangkan bau amis ayam)

- 1 ruas lengkuas digeprek

- 3 lembar daun salam

- 3 lembar daun jeruk

- 120 ml kecap manis (dua bungkus kecap reffil)

- Sawi hijau rebus dan sisihkan

- Bawang goreng

- 3 sendok teh penyedap rasa

- Garam dan gula secukupnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Bau Amis

Bumbu : 

- 12 butir bawang merah kupas

- 12 butir bawang putih kupas

- 6 butir kemiri

- 2 ons lada biji

- 2 ruas kunyit

Semua bahan bumbu dihaluskan tumis hingga harum lalu masukkan sereh, jahe, lengkuas, daun jeruk dan daun salam setelah layu masukkan potongan ayam aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Jika selera tambahkan ceker dan kepala ayam rebus tunggu beberasa saat masukkan garam penyedab rasa dan kecap manis sambil diaduk. Kemudian tambahkan air secukupnya hingga olahan ayam berkuah, tunggu hingga bumbu meresap (jangan terlalu lama supaya ayam tidak lembek dan hancur) angkat dan diamkan.

Bahan untuk kuah kaldu:

Air satu panci air bekas merebus ayam di atas api tambahkan potongan tulang ayam dan bakso tunggu hingga mendidik lalu kecilkan api. 

Bahan untuk merebus mi:

Siapkan air satu panci sedang, kemudian tunggu hingga mendidih lalu masukkan mi yang sudah disiapkan lalu masak selama 5 menit. Angkat mi yang sudah matang dan masukkan ke dalam wadah mangkok yang telah diberi 1 sendok teh minyak ayam atau kecap asin. aduk-aduk mi lalu beri toping ayam yang sudah dimasak sebelumnya taburi dengan bawang goreng, tambahkan sawi rebus disamping potongan ayam. 

Selanjutnya siapkan mangkok kecil ambil air kuah kaldu dengan bakso taburi potongan daun bawang lalu sajikan bersama dengan semangkuk mi ayam yang telah siap. Nah semangkuk mi ayam ala abang-abang lezat tanpa bau amis siap disajikan dengan pangsit goreng untuk keluarga di rumah. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.