Sukses

Viral Warga Jakarta Kena Prank Pertunjukan Kembang Api Tahun Baru 2024 di PIK 2

Kembang api Tahun Baru 2024 yang disulut di PIK 2 terekam tidak melesat ke langit.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan malam Tahun Baru identik dengan pertunjukan kembang api yang spektakuler. Itu sebabnya banyak orang sengaja datang ke pusat kota untuk menyaksikan kembang api, bahkan meski harus bermacet-macetan.

Namun, pada malam pergantian Tahun Baru 2024 kemarin, warga Jakarta yang sengaja mendatangi kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 justru kena prank. Pertunjukan kembang api yang diharapkan nyatanya tidak mengudara di langit kawasan utara Jakarta tersebut.

"Siapa yang kena prank kembang api di Aloha PIK 2 hari ini?" tanya seorang warga melalui akun @hansontjung di TikTok, menunjukkan video suasana malam tahun baru di PIK 2, dikutip Senin (1/1/2024).

Rekaman tersebut diawali sekelompok orang yang menabuh gendang dan suguhan pertunjukan bermain api. Kemudian, video disambung suasana saat warga ramai bersiap dalam posisi akan merekam keseruan Tahun Baru melalui pertunjukan kembang api.

Sayangnya, kembang api yang telah disulut justru tidak melesat ke langit, tapi hanya berupa asap selayaknya kembang api gagal. Bahkan, kembang api tak bisa membumbung tinggi dan mengeluarkan pijar-pijar api yang cantik.

Para warga terdengar bersorak kecewa, padahal mereka sudah menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen itu. Sampai akhir, tidak ada satupun kembang api yang terlihat, bahkan suara letupan keras yang kerap mengagetkan.

"Tahun depan di-prank lagi dong," tulis akun tersebut, menyuarakan kekecewaan terkait perayaan malam Tahun Baru 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Warganet tentang Tahun Baru di PIK

Unggahan video yang mendapatkan 6.879 tanda suka sampai berita ini tayang itu mengundang beragam reaksi warganet melalui ratusan komentar. Di antaranya, ada warganet yang menyanggah dan memberitahu bahwa di tempat lain di PIK terlihat banyak kembang api.

"Gw semalam deket pantjoran PIK Batavia PIK banyak kok kembang apinya," sanggah warganet. "Cluster di PIK 2 lebih meriah kembang apinya keknya dibanding aloha wkwkw," komentar warganet.

"Mana MC baru ngumumin sebelum countdown kalau nggak ada kembang api," tulis yang lain. "Di PIK 2 itu jalur pesawat, jadi kembang api dilarang keras," jawab yang lain.

"Di Pancoran PIK juga jalur pesawat tapi ada," balas warganet. "Tapi dulu ada kembang api waktu belum ada PIK," balas warganet lagi. "Nyesel gua tadi ke PIK," sambung warganet.

"Udah bermacet-macet ria sampai PIK 2, nontonnya asep ngebul," curhat warganet.

"Udah paling bener semalem gua ke Jl Expo Kemayoran nonton konser sekaligus nonton kembang api super meriah, mantap si sampe dengkul kram," warganet memberitahu. 

3 dari 4 halaman

Malam Tahun Baru di Bundaran HI

Kontras dengan itu, mengutip laporan Tim News, Senin (1/1/2023), malam tahun baru 2024 di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dimeriahkan dengan diterbangkannya 500 drone yang menampilkan lampu warna-warni. Saat detik-detik hitung mundur menuju Senin, 1 Januari 2024, ratusan drone melakukan aktraksi di atas langit Bundaran HI.

Ratusan drone itu membentuk pesawat hingga angka hitung mundur.  Momen pergantian tahun itu pun diikuti pesta kembang api yang meledak indah di atas langit Bundara HI. Kembang api meletus selama setidaknya 30 detik yang diabadikan para warga dengan ponsel mereka.

Di samping itu, ditampilkan pula tulisan "Happy New Year 2024" di sebuah videotron berukuran besar di Gedung Plaza Indonesia.

Di kesempatan itu, hadir Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Ia mengajak masyarakat di momentum pergantian tahun untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan menjelang  pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Bersama seluruh elemen masyarakat kita jaga kesatuan persatuan terutama dalam hal menjelang pesta demokrasi 2024," sebut dia.

4 dari 4 halaman

1.640 Personel Mengamankan Perayaan Malam Tahun Baru

Heru melanjutkan, "Sekali lagi selamat menikmati acara malam muda mudi kota global, menjadikan momen ini sebagai perekatan kebersamaan masyarakat Jakarta yang heterogen."

Ia berharap 2024 jadi tahun yang membawa kebahagiaan dan harapan bagi seluruh wilayah ibu kota. "Sekali lagi, selamat menyongsong tahun 2024 untuk seluruh masyarakat Jakarta. (Semoga) tahun baru membawa kebahagiaan, kesuksesan, kemakmuran bagi kita semua, serta penuh harapan demi sukses Jakarta untuk Indonesia," kata dia.

Di kesempatan itu, hadir pula Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, serta Kapolda Irjen Pol. Karyoto. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengerahkan 1.640 orang personel mengamankan perayaan malam tahun baru 2024 di Jakarta, Minggu, 31 Desember 2023.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengungkap, sebanyak 930 personel mengamankan acara Malam Muda Mudi di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin. Sebanyak 360 personel Satpol PP lainnya mengamankan acara hiburan tahun baru 2024 di tingkat kota/kabupaten administrasi Jakarta. Lalu, 350 personel mengamankan ruang publik pada libur tahun baru 1 Januari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.