Sukses

Meremajakan Rumah di Tahun Baru 2024, Penuhi Dulu Aspek Kenyamanan Bagi Penghuninya

Tahun baru 2024 di depan mata, sudah punya rencana apa untuk meremajakan rumah Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru 2024 di depan mata, sudah punya rencana apa untuk meremajakan rumah Anda? Namun sebelum berencana untuk memperbarui suasana rumah, terlebihi dulu pahami tentang konsep rumah yang sehat sebagai dasarnya.

"Kalau kita bicara rumah yang sudah jadi yang sudah layak fungsi sesuai dengan standar rumah sehat dengan pencahayaan dan sirkulasi udaranya," sebut Arsitek Praktisi yang juga pengurus nasional Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Toton Suhartanto saat wawancara melalui sambungan telepon, Kamis, 28 Desember 2023.

Lebih tepatnya Toton mengajak pemilik rumah untuk kembali bertanya, apakah rumah sudah nyaman bagi penghuninya? Jika belum, maka sebaiknya penuhi dulu konsep rumah yang sehat karena akan sangat berpengaruh bagi kondisi psikologis penghuninya. 

"Tapi kalau udah memenuhi syarat, (peremajaan rumah) lebih ke dekoratif seperti warna atau dekoratif furnitur aja bisa memberikan susasana beda," kata pria yang menjabat bidang Badan Media, Publikasi dan Kemitraan IAI periode 2021-2024. 

Menurutnya, meskipun memerlukan usaha yang lebih besar tapi akan memberi dampak besar orang yang tinggal di rumah tersebut. Sementara jika sudah terasa nyaman, maka hanya dengan sedikit perubahan rumah bisa terasa baru di tahun baru nanti.

"Kita bisa menggeser-geser dan mungkin menambahkan pernak-pernik atau jam dinding," sambungnya.

Tak perlu mengecat keseluruhan rumah, hanya dengan mengubah warna cat satu bidang dinding ruangan saja. Hal itu menurutnya akan bisa memberikan dampak psikologis baru bagi penghuninya.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memperbarui Ulang Rumah dengan Hemat Bujet

Toton menyambung, bahwa rumah pun akan terasa berbeda ketika memberikan tambahan penerangan. "Kalau lampu down light, tambahkan satu lampu gantung lagi di ruang makan, belanja ke toko dan cari barang diskon grosir furnitur sambil jalan-jalan," ungkapnya lagi.

Pernak-pernik artwork, juga sangat memungkinkan mengubah suasana rumah dengan drastis. Lalu setelahnya mengganti dekorasi ruangan, Anda bisa menggeser-geser posisi furnitur. 

Untuk menggeser posisi dan tata ruang, Toton menilai hal ini akan berpengaruh pada keterbatasan ruang yang tersedia. Apalagi rumah yang dibeli dari developer biasanya sangat terbatas luasnya, bahkan dari pintu masuk biasanya sudah terlihat semua, termasuk dapur.

Untuk menyiasati tata ruang, ia menyarankan agar lebih fokus pada menjaga kebersihan dan membuat terlihat rapi. Terutama dapur dan ruang makan yang biasanya tanpa sekat dan memang dengan ruang yang terbuka semuanya, sang pemilik rumah bisa melakukan segala aktivitas pagi sampai malam di ruang tersebut. 

 

3 dari 4 halaman

Menata Kembali Ruang Tidur

Tapi dalam mengganti tata ruang, itu pun juga bergantung pada furnitur yang ada. Kebanyakan menurut Toton, orang membeli furnitur jadi dibanding costum sehingga mungkin agak kebesaran dan untuk menggesernya agak sulit.

Itu sebabnya saat membeli furnitur, pemilik rumah memang sebaiknya mempertimbangkan ukurannya, pilih yang sesuai dengan ruangan di rumah. "Jangan ragu membawa meteran saat membeli furnitur dan pemilihan warnanya juga akan berpengaruh, jika gelap akan lebih menunjukan kesan formal," paparnya yang mengatakan saat ini orang cenderung memilih furnitur dengan finishing warna cerah agar membuat suasana ruangan lebih clean.

Di sisi lain, bukan hanya ruang yang terlihat oleh orang lain, kamar tidur sebagai ruang privat bagi pemilik rumah juga dapat diperbarui agar memberikan penyegaran suasana. "Memperbaruinya bisa dengan satu bidang dinding diubah warnanya, biasanya bagian belakang TV pakai yang cerah," saran Toton.

Sementara jika melihat tren warna untuk desain interior, menurutnya dari tahun ke tahun selalu berulang. Tapi untuk warna interior pilihannya jauh lebih bebas seperti penggunaan warna pastel yang akan mengubah ruang jadi lebih santai.

Sempat tren warna hijau sage, palet tersebut bisa jadi pilihan karena warnanya termasuk hijau pastel. Bisa juga warna santai nan kalem lainnya seperti biru muda dan kuning muda yang tidak terlalu cerah. Adapun warna untuk eksteroior karena sudah terkena cahaya matahari, orang-orang akan cenderung memilih palet abu-abu dan cokelat karena akan cocok untuk perpaduan warna dasar putih.

4 dari 4 halaman

Melihat Referensi Desain Interior Rumah

Gregory Jason, Principal Designer di Lifetime Design menambahkan bahwa memberikan penyegaran suasana dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya caranya dengan mengganti tata letak furnitur dan menambahkan elemen dekoratif pada ruangan seperti lukisan, tanaman hidup, throw blanket, atau bunga segar.

"Jika anda memiliki budget lebih, mungkin anda bisa mengganti cat dinding, ataupun mengganti warna lampu ataupun curtain," saran pria yang akrab disapa Jason tersebut, melalui wawancara tertulis dengan Liputan6.com, Jumat, 29 Desember 2023.

Lalu mengganti tata letak ataupun hanya menambahkan sedikit elemen dekoratif bisa memperbarui rumah tanpa banyak biaya. Bisa juga sedikit lebih kreatif dengan melakukan DIY seperti memasang wallpaper atau mengecat ruang sendiri.

Sementara, dengan adanya sedikit sekat memang bisa mempermudah pemilik rumah untuk mengubah tata ruang. Ruangan pun bisa bersifat multi fungsi dalam satu ruangan.

Tapi yang jauh lebih penting menurut Jason ketika akan mengubah suasana rumah, maka lihat kembali referensi desainnya atau membuat moodboard terlebih dahulu supaya konsep dan gaya yang diinginkan ada benang merahnya. "Perabot juga disarankan untuk memilih yang modelnya timeless dan mudah dipadu padankan," cetusnya.

Kemudian untuk warna cat yang akan tren tahun depan adalah yang lebih adventorous. "Walau warna netral pasti akan masih mendominasi. Warna peach, warna aquamarine yg playful bisa menjadi aksen warna di 2024 nanti untuk ruang yang lebih adventorous," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.