Sukses

Ridwan Kamil Liburan ke Negeri yang Tulisannya Lebih Banyak Konsonan daripada Vokal, di Mana Itu?

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambangi putri tercintanya, Camillia Laetitia Azzahra atau akrab disapa Zara, yang tengah menempuh studi di Inggris. Di momen ini pula, ia juga mengajak keluarganya berlibur ke Polandia.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambangi putri tercintanya, Camillia Laetitia Azzahra atau akrab disapa Zara, yang tengah menempuh studi di Inggris. Di momen ini pula, ia juga mengajak keluarganya berlibur ke Polandia.

"Terbang sejenak, menemui anak gadis yang sekolah di negeri seberang. Mumpung libur sekolah. Datang ke Negeri yang tulisannya banyak konsonannya daripada huruf vokalnya," bunyi keteranganya dalam unggahan liburan itu.

Kebersamaan mereka pun terekam dalam video singkat yang dibagikan melalui akun Instagram pribadi Ridwan Kamil pada Senin, 25 Desember 2023. Video dibuka dengan potret Kang Emil, begitu ia akrab disapa bersama istrinya Atalia Praratya, dan Zara sedang berfoto bersama.

Kemudian dilanjutkan dengan cuplikan Ridwan Kamil tengah berdiri dengan latar bangunan berjejer. Terlihat pula papan yang dipasang di tiang tepi jalan bertuliskan "Krzywickiej".

Zara yang ada di balik kamera pun bertanya mereka tengah berada di mana. Ridwan Kamil pun menjawab mereka sedang berjalan di Warsaw dan dirinya kesulitan membaca tulisan di papan itu.

Berlanjut pada tulisan lain yang berbunyi, "Swirszczynskiej" yang juga sulit diucapkan oleh pria berusia 52 tahun itu. Ada pula papan bertuliskan, "Ginczanki" yang berada di dekat sebuah taman.

Pemilik nama lengkap Mochamad Ridwan Kamil ini jalan-jalan di ibu kota Polandia, Warsawa. Dikutip dari Britannica, Kamis (28/12/2023), terletak di bagian timur-tengah negara itu, Warsawa juga merupakan ibu kota Mazowieckie województwo (provinsi).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dianugerahi Doctor Honoris Causa dari University of Glasgow Skotlandia

Ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sejak 2018 hingga 2023, Ridwan Kamil telah menjalani beragam program dan upaya untuk membawa provinsi tersebut ke arah yang lebih baik. Meski telah melepas jabatan tersebut, ia kembali membawa kabar bahagia.

"Alhamdulillah, Mendapat kabar baik, belasan inovasi pembangunan selama 5 tahun gubernur Jawa Barat mendapatkan pengakuan melalui pemberian gelar Doctor Honoris Causa dari salah satu universitas tertua di dunia, University of Glasgow Skotlandia," bunyi keterangan unggahannya pada Kamis, 9 November 2023 itu.

Suami Atalia Praratya tersebut melanjutkan bahwa gelar tersebut adalah yang kedua yang diraihnya. Sebelum itu, Ridwan Kamil lebih dahulu dianugerahi gelar doktor kehormatan oleh Dong A University dari Korea.

"Disyukuri dan jadikan hikmah, bahwa hidup itu harus selalu berkarya nyata, terukur, tuntas dan tidak bermotif ingin mendapatkan penghargaan ini itu. Biasanya apresiasi suka datang secara otomatis jika kerja kita benar adanya," tulisnya. Sebelum mengakhiri keterangan unggahan, ia pun punya pesan untuk Gen Z.

3 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Punya Pesan untuk Gen Z

"Pesan untuk generasi Gen Z:Ada tidak ada apresiasi, Kerja keras adalah kewajiban. Kerja inovatif adalah kebutuhan. Kerja berprestasi adalah kemuliaan. Hatur Nuhun," tutupnya.

Unggahan tersebut sukses mencuri atensi warganet yang memenuhi kolom komentar. "Fantastic university! Great city and country! 🏴󠁧󠁢󠁳󠁣󠁴󠁿 amazing achievement, congrats pa 👏," bunyi salah satu komentar.

Tanggapan lain berbunyi, "Yg ngasih DR HC bukan universitas kaleng2 😁 jadi orang2 awam pun percaya itu credible dan objective."

Sebelumnya, ia menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Dong-A University, Busan, Korea Selatan. Ada pun penganugerahan tersebut berlangsung pada Senin, 4 November 2019 siang waktu setempat.

Ia terlihat membagikan momen bahagia itu melalui sederet potret yang diunggah di akun Instagram pribadi. Ia tak sendiri, tetapi turut ditemani oleh istri tercinta, Atalia.

Dalam salah satu potret, Ridwan Kamil yang mengenakan toga berfoto bareng istrinya yang membawa bunga. Atalia tampil cantik dalam balutan kebaya asimetris warna putih dengan bros emas di bagian tengah kebaya.

4 dari 4 halaman

Ditemani Istri ke Korsel, Ridwan Kamil Terima Gelar Doktor Honoris Causa

Atalia melengkapi penampilan dengan kain batik penuh motif bersama paduan warna kuning, biru tua, cokelat tua, hingga biru muda. Ia memadukannya dengan hijab warna biru tosca.

Selain itu, Ridwan Kamil tak dapat menutupi antusiasmenya. Ayah dua anak ini pun menuliskan ungkapan bahagia dengan mendedikasikan pencapaian tersebut untuk keluarga tercinta.

"Saya dedikasikan semua ini untuk Ibunda tercinta, untuk istri tersayang, untuk anak-anak yang selalu suportif dan semua sahabat dan pihak2 yang selalu memberikan rasa semangat, rasa percaya dan doa-doa yang ikhlas," tulis Ridwan Kamil.

Emil mendapat gelar tersebut berkat inisiatifnya mendirikan desa digital. Ia sempat mengabari pemberian gelar doktor itu saat berpidato di Universitas Padjadjaran pada 15 September 2019 lalu. 

Ridwan Kamil juga menyertakan keterangan yang berisi harapan lewat pencapaian yang ia raih dapat menyemangati kiprah-kiprahnya selanjutnya untuk lebih baik. Begitu pula kian semangat membangun Jawa Barat dan Indonesia.

"Alhamdulillah atas segala nikmat Allah SWT yang senantiasa selalu memudahkan urusan hambaNYA," ucap syukur Ridwan Kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini