Sukses

Patung Merlion Singapura Dibuka Lagi, Disorot Lampu Warna-warni demi Meriahkan Tahun Baru 2024

Hampir semua tempat di berbagai negara akan menyalakan kembang api sebagai pertanda datangnya tahun yang baru. Tak terkecuali dengan Singapura yang sudah menyiapkan momen pergantian tahun dengan kembang api spektakuler.

Liputan6.com, Jakarta - Ikon Singapura, patung Merlion di Merlion Park, kawasan Marina Bay sempat ditutup menggunakan perancah (scaffolding) pada 25 September 2023 lalu. Kini mendekati penghujung 2023, tempat wisata terkenal tersebut telah dibuka kembali bahkan tampil dengan nuansa baru. 

Mengutip dari laman Timeout, Rabu (27/12/2023), wisatawan kini bisa menyaksikan kilauan lampu menakjubkan di Merlion dalam pertunjukan Brightening Lives pada malam hari. Pertunjukan ini berlangsung mulai 26 hingga 31 Desember 2023. Pertunjukan ini menampilkan proyeksi cahaya di The Fullerton Hotel Singapore, Merlion, dan ArtScience Museum.

Uniknya tampilannya merupakan karya seni siswa dari sekolah setempat yang masing-masing mengirimkan pesan harapan dan semangat menuju tahun yang lebih baik. Dalam sebuah unggahan di akun TikTok @darrenbloggie, seorang warga berbagi tentang keindahan cahaya lampu yang berganti-ganti tema tersebut. 

Latar pemandangan The Fullerton Hotel Singapore yang terkenal sebagai landmark megah neoklasik yang dibangun pada 1928 juga menampakan suasana spektakuler Singapura di malam hari. Letaknya pun berdekatan dengan ArtScience Museum, salah satu tujuan turis saat ke Negeri Singa. 

Diketahui sebelumnya, pengerjaan perawatan patung Merlion juga sempat dilakukan pada 27--28 Juli 2023. Pekerjaan itu biasanya hanya berlangsung beberapa hari, namun perbaikan yang terakhir berlangsung lebih dari sebulan.

Direktur kepatuhan dan layanan perusahaan Singapore Tourism Board (STB) Hazel Teh menerangkan kepada CNA bahwa pekerjaan perbaikan itu akan mencakup perbaikan retakan pada patung. Patung itu juga akan dibersihkan.

"Perbaikan ini diperlukan untuk memastikan pelestarian jangka panjang landmark ikonik Singapura ini," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembang Api Artisanal Sambut Tahun Baru 2024 di Singapura

Hampir semua tempat di berbagai negara akan menyalakan kembang api sebagai pertanda datangnya tahun yang baru. Tak terkecuali dengan Singapura yang sudah menyiapkan momen pergantian tahun dengan kembang api spektakuler. 

Negeri Singa akan mengadakan pertunjukan kembang api 'artisanal', sebuah pertunjukan cahaya yang menginspirasi dan aktivitas ramah keluarga sepanjang Desember. Kembang api akan dipusatkan dekat teluk sehingga akan lebih baik bagi penonton untuk menyaksikan pertunjukannya.

Kembang api akan dinyalakan setiap jam menjelang tengah malam, menggambarkan kisah ketahanan Singapura dalam menghadapi tantangan pada 2023. Puncaknya adalah ekstravaganza berdurasi 12 menit yang menampilkan kembang api yang berubah warna seiring mekarnya waktu dengan soundtrack yang dikurasi.

Kemudian hiburan lainnya, selain bermain salju di Ice Magic: Winter Wonderland, Anda juga bisa menambah kehangatan di TurboCharged, arena go-kart di Bayfront Event Space. Dapatkan tiket untuk mengikuti balapan menegangkan di trek, dengan latar belakang Marina Bay yang menakjubkan. 

3 dari 4 halaman

Hiburan Let’s Celebrate 2024

Pengunjung juga bisa sekadar menjadi penonton di dek atap, kedai makanan dan minuman. Semua hiburan tadi telah disiapkan bagi mereka yang tertarik untuk piknik dadakan. TurboCharged akan mulai pada 14--31 Desember 2023.

Untuk Anda yang ingin merayakan tahun baru dengan nyanyian dan tarian? Para artis Mediacorp siap memimpin konser hitung mundur tahunan Let's Celebrate 2024.

Let's Celebrate 2024 hadir di The Promontory di Marina Bay pada 31 Desember 2023. Daftar artisnya belum dirilis, namun nantikan bintang lokal dan internasional, penampilan DJ live, stand minuman, dan permainan karnaval dengan atraktif. 

Pertunjukan ini patut dinantikan karena akan menjadi sebuah hiburan ekstravaganza yang juga disiarkan langsung dan streaming. Tak hanya penonton di Marina Bay, tapi warga yang sengaja berkumpul di rumah untuk menyambut Tahun Baru juga bisa bersama-sama melihat kembang api menerangi gedung tersebut.

Tiket masuk Let's Celebrate 2024 gratis. Gerbangnya akan dibuka pada pukul 19.00 waktu Singapura dengan rangkaian aktivitas seru dan seru yang dimulai pada pukul 19.30. Kegiatan ini meliputi DJ live spinning, makanan, minuman, permainan, dan peluang memenangkan hadiah.   

4 dari 4 halaman

Pertunjukan Kembang Api Musikal di Hong Kong

Masih di kawasan Asia, menyambut Tahun Baru 2024 Hong Kong bakal kembali menggelar pertunjukan kembang api Malam Tahun Baru terbesar di kota itu pada Minggu, 31 Desember 2023. Memanfaatkan lanskap kota yang ikonis, para penonton bakal disuguhi pertunjukan kembang api musikal berdurasi 12 menit, yang berarti lebih panjang serta megah dibanding pertunjukan serupa sebelumnya.

Bangunan depan Hong Kong Convention and Exhibition Centre (HKCEC) akan dihiasi jam hitung mundur berskala besar. Tepat tengah malam, angka 2024 bakal menerangi gedung di tepi pelabuhan tersebut, mengawali sebuah pertunjukan yang diselaraskan bersama pertunjukan kembang api yang memukau, perpaduan harmonis antara musik perpaduan artistik dan pertunjukan cahaya yang semarak.

"Pertunjukan ini akan membuat penonton di seluruh dunia penuh dengan harapan dan kegembiraan saat Hong Kong menyiapkan panggung untuk awal yang luar biasa di tahun 2024," bunyi keterangan tertulis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, pada Rabu (27/12/2023). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini