Sukses

Panen Raya Budidaya Buah Melon Premium Hidroponik di Batusangkar

Kegiatan panen raya budidaya buah melon premium hidroponik oleh siswa SMKN 2 Batusangkar bekerjasama dengan Farmhill Academy.

Liputan6.com, Jakarta - PT Adhiguna Samasta Harsa (Farmhill Academy) melakukan kunjungan mitra ke SMKN 2 Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, pada Kamis 14 Desember 2023. Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri kegiatan panen raya budidaya buah melon premium hidroponik oleh siswa SMKN 2 Batusangkar yang bekerjasama dengan Farmhill Academy.

Kegiatan panen raya ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili staf ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Bupati Tanah Datar, Dirut Politeknik Payakumbuh, Kadis Pendidikan, Kadis Dikbud, Kadis Pariwisata, Dinas Pertanian, dan Ketua PGRI Tanah Datar.

SMKN 2 Batusangkar adalah pusat keunggulan yang memiliki semangat untuk membumikan teknologi pertanian di Sumatera Barat. Hal ini terlihat dari proyek terbaru 2023 bersama Farmhill Academy yang didukung oleh Kemendikbud dalam Teaching Factory.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 2 Batusangkar, Budi Dharmawan, ini merupakan terobosan baru yang pertama di Sumatera Barat yang menggunakan media dutch bucket greenhouse dalam pertanian. Hal ini memfokuskan sistem pertanian kepada sirkulasi dan efisiensi penggunaan air serta nutrisi untuk tanaman.

Sistem pertanian ini menghasilkan melon berkualitas premium dengan harga yang bersaing di pasaran mencapai 70 ribu/kg. Bahkan saat ini untuk pemasaran telah dilakukan pengiriman setiap minggu sebanyak 1 – 1,5 ton ke Pekanbaru dan menggunakan rotasi panen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menggandeng Petani Milenial

“Kesuksesan panen perdana kali ini tidak lepas dari dukungan Farmhill Academy, baik dari segi pemberdayaan SDM, desain konstruksi bangunan greenhouse, hingga pemasaran melon,” terang Budi.

Farmhill Academy adalah industri yang memiliki visi sebagai pendamping modern farming dari hulu ke hilir untuk praktisi profesional maupun wirausaha. Ada serangkaian program yang diberikan oleh Farmhill Academy diantaranya adalah Youth Farmers Development Program (YFDP), Teaching Factory dengan SMK Pertanian, Upskilling dan Reskilling Guru/ Dosen serta Bootcamp.

Direktur Farmhill Academy, M. Jatiardi Fitriantoro mengungkapkan keinginannya untuk pengembangkan pertanian di Indonesia dengan menggandeng petani milenial.

”Kami punya misi mengajak petani-petani muda untuk level-up pertanian di Indonesia melalui program Farmhill Academy. Di mana dengan menyinkronkan semua stakeholder, mulai dari pemerintah, media, komunitas, pendidikan, dan industri untuk pertanian yang lebih baik,” kata M. Jatiardi Fitriantoro.

3 dari 3 halaman

Kemajuan Ketahanan Pangan

"Realisasi kegiatan ini diwujudkan dengan penggunaan teknologi yang tepat guna dan pemberian pelatihan SDM untuk memiliki mindset yang baik, keterampilan, dan kemampuan dalam mengolahnya,” lanjut Ardi.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, juga memberikan dukungan penuh kerjasama antara SMKN 2 Batusangkar dan Farmhill Academy. Hal ini sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan ketahanan pangan di Tanah Datar serta Sumatera Barat.

“Saya sangat mengapresiasi capaian kegiatan SMKN 2 Batusangkar yang bekerjasama dengan Farmhill Academy. Harapan kedepannya program ini dapat terus berkelanjutan dan menjadi pilot project greenhouse dan motor penggerak di Tanah Datar. Dengan begitu, dapat memberikan motivasi semangat bagi SMK dan SMA lainnya dalam berkarya dan berinovasi,” tutur Eka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.