Sukses

Machu Picchu Tambah Kuota Kunjungan Harian Mulai 1 Januari 2024

Kuota kunjungan ke reruntuhan Inca kuno Machu Picchu ditambah menjadi 4.500 per hari. Kementerian Kebudayaan Peru juga mengatakan bahwa pada tanggal-tanggal tertentu, kuota dapat ditingkatkan menjadi 5.600 mulai 1 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kuota kunjungan ke reruntuhan Inca kuno Machu Picchu ditambah menjadi 4.500 per hari. Kementerian Kebudayaan Peru juga mengatakan bahwa pada tanggal-tanggal tertentu, kuota dapat ditingkatkan menjadi 5.600 mulai 1 Januari 2024.

Dikutip dari AFP, Kamis (7/12/2023), Machu Picchu saat ini mengizinkan 3.600 hingga 3.800 pengunjung per hari. September 2023, Peru menutup sementara tiga sektor Machu Picchu akibat dampak padatnya pengunjung di lokasi tersebut.

Machu Picchu, 130 kilometer dari Cusco, dibangun pada abad ke-15 di ketinggian 2.500 meter atas perintah penguasa Inca Pachacutec. Bangunan ini dianggap sebagai keajaiban arsitektur dan teknik dan dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 1981.

Pariwisata adalah kunci bagi perekonomian Peru. Negara ini menarik sekitar 4,5 juta pengunjung sebelum pandemi Covid-19 pada 2020. Jumlah kunjungan diperkirakan akan berakhir tahun ini dengan sekitar setengah dari jumlah tersebut, yaitu 2,2 juta.

Dikenal sebagai "kota Inca yang hilang", Machu Picchu ditemukan pada 1911 oleh penjelajah Amerika Hiram Bingham. Di layar perak, karakter petualang Indiana Jones sebagian terinspirasi oleh Bingham.

Pada awal 2023, kegiatan wisata di Machu Picchu dan Inca Trail Network -paket perjalanan menyusuri jejak masyarakat Inca di masa lalu- terpaksa dihentikan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini merupakan dampak dari kerusuhan politik di Peru.

Dikutip dari CNN, Senin, 23 Januari 2023, Direktorat Kebudayaan Terdesentralisasi dan Direktorat Suaka Sejarah Machu Picchu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat, 20 Januari 2023, bahwa wisatawan yang memiliki tiket masuk tertanggal 21 Januari 2023 atau setelahnya dapat mengklaim pengembalian uang hingga satu bulan setelah protes berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebagian Jalur Kereta Api Rusak

Sementara, menurut situs berita pemerintah Peru, Andina, sebagian jalur kereta api Urubamba - Ollantaytambo - Machu Picchu rusak selama protes anti-pemerintah pada Kamis, 19 Januari 2023. Situasi itu memaksa penghentian layanan kereta hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Layanan kereta yang ditangguhkan menyebabkan 417 orang, termasuk 300 warga negara asing, terdampar di Distrik Machu Picchu. Setidaknya 300 dari turis itu adalah orang asing, menurut Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru Luis Helguero.

Helguero mengatakan pihak berwenang sedang mengevaluasi dan memperbaiki kerusakan agar para wisatawan dapat dievakuasi. Beberapa turis telah dievakuasi dengan berjalan kaki, tetapi perjalanan itu, kata Helguero, memakan waktu setidaknya enam hingga tujuh jam.

PeruRail mengatakan pada Kamis pekan lalu bahwa pihaknya menangguhkan layanannya ke dan dari Machu Picchu, di antara tujuan lainnya, karena jalur diblokir dan rusak di berbagai tempat. "Kami menyesali ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh penumpang kami karena situasi di luar kendali perusahaan karena protes di Cuzco," kata pernyataan itu.

3 dari 4 halaman

Protes Massa di Peru Mereda, Layanan Kereta ke Machu Picchu Kembali Dibuka

Layanan kereta api ke Machu Picchu yang bersejarah di Peru sebagian dilanjutkan pada Rabu, 8 Februari 2023. Layanan kereta ini diaktifkan kembali setelah hampir tiga minggu ditangguhkan akibat protes anti-pemerintah.

Dikutip dari CNA, Kamis, 9 Februari 2023, layanan ke destinasi wisata andalan Peru itu dilanjutkan karena penduduk setempat ingin kembali ke kota kecil di kaki situs Inca kuno. Meski begitu, Benteng Machu Picchu tetap ditutup.

Kereta pertama tiba di kota kecil itu tepat setelah fajar pada Rabu dengan sekitar 80 orang di dalamnya, termasuk segelintir wisatawan, menurut laporan wartawan AFP. Kereta berangkat lagi dengan sekitar 280 penumpang.

Kota itu menderita banyak kekurangan setelah terputus selama 18 hari. Kereta adalah satu-satunya cara untuk mencapai kota selain dengan berjalan kaki dan memakan waktu satu setengah jam dari kota wisata Ollantaytambo.

Pada Selasa, 7 Februari 2023, pemerintah kota Machu Picchu mengatakan "kekurangan makanan, obat-obatan, tenaga kesehatan dan pasokan darurat". Untuk saat ini kereta api akan melakukan dua perjalanan sehari pada Rabu dan Minggu.

4 dari 4 halaman

Turis Prancis dan Swiss Diusir dari Machu Picchu Usai Foto Tanpa Busana

Dua turis Eropa diusir dari Machu Picchu pada Kamis, 4 Mei 2023 karena berfoto tanpa busana di destinasi bersejarah tersebut. Para turis, satu orang Prancis dan satu orang Swiss, ditemukan oleh personel pengawas taman, lapor CNN en Espanol.

Dikutip dari Euronews, Selasa, 9 Mei 2023, dilaporkan bahwa salah satu turis foto tanpa busana, sementara turis yang lain mengambil fotonya di dekat situs House of the Guardian Inca. Keduanya diserahkan ke polisi yang menghapus foto mereka dan menahan mereka karena ketidaksenonohan publik, menurut sebuah cuitan di akun Twitter Policía Nacional del Perú (PNP).

Pejabat telah mengingatkan pengunjung untuk mematuhi peraturan kunjungan dan rekomendasi dari petugas keamanan di Machu Picchu. "Keajaiban dunia harus dihormati!" cuit PNP melalui akun Twitter-nya.

Ini bukan pertama kalinya orang Eropa mendapat masalah karena berpose tanpa busana di situs Warisan Dunia UNESCO kuno. Peru meningkatkan pengawasan di Machu Picchu pada 2014 karena praktik melesat di situs budaya ikonik menjadi tren.

Dua wisatawan dari Australia dan Selandia Baru ditahan pada 2013 karena mengambil foto memamerkan bokong mereka. Potret tersebut kemudian menjadi viral di media sosial Peru.

Video YouTube tentang turis yang berlarian dengan penjaga dalam pengejaran mereka juga muncul secara online. Pada 2021, seorang turis Inggris dan Prancis ditangkap atas tuduhan yang sama. Mereka kemudian didakwa di pengadilan dengan pelanggaran moral.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini