Sukses

Siswa SD Muhammadiyah di Sidoarjo Dapat Pelajaran Tidur Siang, Guru: Anak Jadi Lebih Fokus dan Bahagia

Sudah banyak penelitian yang mengungkap tentang manfaat dari tidur siang, terutama untuk anak-anak yang memerlukan waktu tidur lebih panjang dibanding orang dewasa.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah banyak penelitian yang mengungkap tentang manfaat tidur siang, khususnya untuk anak-anak yang memerlukan waktu tidur lebih panjang dibanding orang dewasa. Karena itu, sebuah sekolah di Sidoarjo menjadikan tidur siang sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti para siswanya.

Adalah Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4 Zamzam di Sidoarjo, Jawa Timur tempat di mana pelajaran tersebut diberikan ke siswa. Mengutip dari video Liputan6 SCTV, Jumat (1/12/2023), disebutkan bahwa pihak sekolah mewajibkan siswa tidur siang di sekolah selama satu jam. Sekolah dasar yang berlokasi di Desa Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo itu menginisiasi program tidur siang untuk anak-anak kelas 1.

Para murid di kelas itu berbaring di sebuah ruangan khusus yang disediakan usai salat zuhur dan makan siang. Program tidur siang ini dilatarbelakangi kondisi dan anak-anak yang tidak fokus saat program belajar mengajar berlangsung pada siang hari. Hal ini lantaran mereka diduga sudah capek karena belajar sejak pagi hari. 

"Kami lihat siswa lebih kondusif dan lebih bahagia di sekolah karena mereka tidak dibebankan full pelajaran, tidak. Tapi dari pagi sampai dengan jam mau zuhur itu pelajaran, setelah itu mereka akan istirahat tidur siang," ungkap Kiki Arya Wijaya, guru SD Muhammadiyah 4 Zamzam di Sidoarjo, Jawa Timur, dalam video di TikTok yang diunggah pada September 2023 lalu dan kembali viral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siswa Mengaku Senang Usai Tidur Siang

Dalam video tersebut, mereka tidur di karpet dengan bantal masing-masing. Siswa perempuan tidur berdampingan dengan sesamanya, begitu halnya dengan siswa laki-laki. Mereka tertib dengan program tidur siang tersebut.

Sang guru pun menuturkan bahwa anak-anak membutuhkan waktu tidur lebih lama dibanding orang dewasa. Tidur siang punya sejumlah manfaat untuk anak, mulai menjaga kesehatan fisik hingga memperbaiki suasana hati.

Hal terbukti dari pengakuan salah seorang siswa SD di Sidoarjo. Ia mengaku lebih senang usai tidur siang. Tidur siang secara rutin akan mendukung proses belajar anak. Mereka bisa mengingat hal-hal yang sudah dipelajari dan lebih konsentrasi saat belajar.

Tidur siang secara rutin akan membuat anak lebih rileks dan segar. Saat kembali bermain, anak jauh lebih aktif dan semangat. Tidur siang dapat membuat perkembangan emosi anak lebih optimal. Sebuah penelitian bahkan mengungkap, balita yang tidur kurang dari 14 jam cenderung lebih cepat cemas dan rewel daripada balita yang cukup tidur.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang

Mengutip kanal Health Liputan6.com, tidur siang adalah periode tidur singkat atau sejenak yang biasanya terjadi di siang hari. Bagi banyak orang dewasa, terlebih pekerja, tidur siang akan membantu menjaga kewaspadaan atau mengatasi kelelahan di siang hari.

Kebutuhan dan manfaat tidur siang bisa bervariasi tiap individu. Meski begitu, ada juga orang dewasa yang tidak terbiasa untuk tidur siang, bahkan di hari libur kerja. Mereka lebih menyukai menghabiskan waktu di siang hari dengan beraktivitas.

Tidur siang cukup tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, tapi juga turut memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengutip informasi dari Sleep Foundation, tidur siang untuk orang dewasa dapat memberikan sejumlah manfaat berikut ini:

Tidur siang sejenak bisa memulihkan dan mengurangi kelelahan di siang hari. Usai malam hari yang dirasa kurang tidur, tidur siang dapat mengatasi rasa kantuk di siang hari.

Tidur siang dapat sangat bermanfaat bagi pekerja shift yang kesulitan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan harus waspada pada jam-jam yang tidak teratur. Tidur siang sejenak di siang hari dapat meningkatkan performa kinerja di tempat kerja. 

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Tidur siang dapat meningkatkan fungsi kognitif seperti memori, penalaran logis, dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa penelitian menemukan, kalau kinerja fisik juga dapat meningkat setelah tidur siang bisa mengalami peningkatan daya tahan, waktu reaksi, dan kinerja kognitif.

Perhatikan durasi tidur siang Anda. Tidur siang sebaiknya jangan terlalu lama. Anda bisa tidur kurang dari 30 menit. Jika lebih dari 30 menit, Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk kembali bangun, atau dalam bahasa sains disebut sleep inertia.

Dalam beberapa kasus, tidur siang yang lebih lama sekitar 1,5 jam mungkin juga bermanfaat. Jangka waktu ini memungkinkan tubuh melewati tahapan-tahapan tidur dan menghindari gangguan. Jenis tidur siang yang lebih lama ini mungkin sangat membantu bagi pekerja darurat (emergency worker) dan pekerja shift yang berusaha menghindari kelelahan.

Tidur siang mungkin terlalu berlebihan jika mengganggu tidur di malam hari. Terkadang tidur siang selama 90 menit atau lebih bisa menyegarkan, tapi dapat menjadi masalah jika dilakukan terlalu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini