Sukses

Gampang dan Asyik, Begini Tips Senam Zumba untuk Pemula

Zumba telah menjelma menjadi salah satu jenis olahraga senam yang banyak diminati. Anak-anak muda hingga orang tua menyukai gerakan-gerakan yang terinspirasi gaya tarian dari Amerika Latin.

Liputan6.com, Jakarta Zumba telah menjelma menjadi salah satu jenis olahraga senam yang banyak diminati. Anak-anak muda hingga orang tua menyukai gerakan-gerakan yang terinspirasi gaya tarian dari Amerika Latin.

Tidak hanya membuat kita berkeringat, senam zumba memberikan banyak manfaat, dari membakar lemak dan kalori, mengencangkan massa otot, menguatkan sendi, membangun daya tahan hingga melatih semua seluruh bagian tubuh dari bawah ke atas.

Diiringi musik ceria dan asik, menjadikan zumba olahraga penuh ritme yang menyenangkan dan tidak membosankan. Sekali mencobanya, dijamin tertarik untuk mengikutinya sampai selesai dan bahkan ingin mengulanginya dikemudian hari. 

Buat kamu yang ingin memulai dan menjadikan senam ini bagian dari gaya hidup, berikut beberapa tips yang kamu perhatikan supaya senam zumba jadi menyenangkan, aman dan menyehatkan.

1. Gunakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Supaya dapat bergerak dengan leluasa, gunakan pakaian khusus olahraga yang ringan dan dapat menyerap keringat sewaktu zumba. Hindari pakaian yang kaku dan tebal, karena akan menghambat gerakanmu. Selain itu, gesekan pakaian yang kaku pada kulit dapat beresiko iritasi.

Selain pakaian, sepatu juga harus diperhatikan. Gunakan sepatu dengan insole yang tebal dan empuk seperti jenis sepatu lidah pendek agar lebih fleksibel dan nyaman saat bergerak.

2. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan dilakukan setidaknya 5-10 menit sebelum zumba. Gerakan yang dilakukan pun cenderung perlahan, mudah, dan konsisten. Pentingnya gerakan pemanasan adalah untuk peregangan otot, agar otot lebih elastis dan lentur, mengurangi risiko kram, cedera, dan pegal pada otot setelah aktivitas olahraga.

Pemanasan sebelum zumba juga bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh, mempersiapkan kinerja jantung, dan pembuluh darah. Hindari pemanasan yang berlebihan agar tidak mengalami cedera sendi dan tidak mengalami kehabisan energi.

Sama seperti pemanasan, lakukan aktivitas pendinginan setelah zumba dengan cara yang lembut, hindari melakukan gerakan yang melompat atau gerakan lain yang lebih cepat.

Atur napas saat melakukan pemanasan, gerakan inti, hingga pendinginan. Dengan melakukan aktivitas pemanasan sebelum zumba dan aktivitas pendinginan setelah zumba dengan benar, akan memiliki risiko cedera yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak melakukan aktivitas pemanasan dan pendinginan.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Untuk menjaga tubuh tetap berenergi dan mencegah dehidrasi, penting sekali minum air sebelum memulai kelas zumba. Sebaiknya, minum air putih 20 menit sebelumnya dan dan secukupnya alias tidak terlalu banyak. Jika kebanyakan minum, perut akan terasa kembung dan sakit ketika dibawa gerak.

Selesai latihan zumba, pastikan untuk mengonsumsi air putih atau air mineral. Jangan langsung mengonsumsi minuman dingin atau bahkan makanan berat. Air mineral dapat membantu tubuh dalam proses pemulihan dengan mengganti cairan yang hilang selama latihan dan mengoptimalkan pemulihan otot dan jaringan tubuh. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikan latihan Zumba dengan baik.

4. Atur Jadwal Zumba

Zumba termasuk olahraga yang mudah diikuti oleh pemula. Jadi nggak perlu ragu untuk memulainya. Aturlah jadwal senam, mulailah satu atau dua kali dalam seminggu. Tubuh perlu membangun stamina dan daya tahan untuk zumba. Agar terasa lebih menyenangkan, ajaklah teman dan keluarga untuk berlatih zumba bersama.

Kabar gembiranya, buat kamu yang di Jakarta dan sekitarnya bisa banget mengikuti event PRUActive Family dari Prudential yang menghadirkan sesi zumba fitness bersama Olivia Tommy atau yang dikenal Olivia MasterChef di Prajurit Expo, Balai Kartini, Jakarta pada 26 November 2023.

Mengusung konsep Family Fun Workout, PRUActive Family ini nggak hanya menghadirkan senam Zumba, tapi juga ada K-POP Cardio, Poundfit dan Fun Exercise bersama para trainer berpengalaman dan tentunya bintang tamu spesial Friday Noraebang yang ajak keluarga olahraga sambil karaokean seru!

Event PRUActive Family yang sudah menyapa masyarakat di berbagai kota seperti Surabaya, Bandung, dan Makassar ini, tidak hanya mengajak masyarakat untuk merasakan keseruan berolahraga, tetapi juga menghadirkan Food Bazaar yang menyediakan berbagai kuliner lokal menarik dari kota Jakarta. 

Tak ketinggalan, ada PRU Corner dengan kegiatan Fun Educative Talkshow berupa edukasi tentang menjalani hidup keluarga yang bahagia dan sehat bagi para orang tua. PRUActive Family juga menyediakan booth medical check-up gratis yaitu Healthy Corner. Di booth tersebut kamu bisa mengecek kondisi tubuh kamu dan keluarga. 

Terakhir, ada PRUFamily Corner yang menyediakan berbagai solusi perlindungan keluarga, khususnya literasi keuangan dan berbagai hadiah menarik. Wah, banyak banget PRUActive Family yang di-support oleh RS Premier, Mayapada, RS EMC, Eka Hospital, Lemonilo, Eastspring? Kamu juga bisa mendapatkan Anlen gratis lho jika mengisi survei di sana.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dapat kamu ikuti hanya dengan merogoh kocek yang sangat terjangkau yakni Rp52.000 untuk 4 orang (paket family), lho. Selain itu, ada juga paket couple untuk 2 orang seharga Rp32.500 dan Rp22.750 per orang.

So, segera dapat tiketnya di sini supaya tidak kehabisan, ya!

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini