Sukses

5 Negara Paling Aman di Dunia Ini Bisa Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup!

Salah satu indikator yang bisa dijadikan patokan apakah negara tersebut wajib dikunjungi sekali seumur hidup adalah keamanan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu indikator yang bisa dijadikan patokan apakah negara tersebut wajib dikunjungi sekali seumur hidup adalah keamanan. Apalagi untuk seorang solo traveler yang seringkali merasa lebih rentan dan lebih aware terhadap keselamatan saat berlibur di suatu negara, keamanan menjadi kunci agar liburan jadi menyenangkan dan memorable.

Indeks Perdamaian Global sebagaimana lembaga pemeringkat negara-negara teraman di dunia secara tahunan yang dikurasi oleh Institute of Economics and Peace telah merilis daftar negara teraman di dunia di tahun 2023. Indeks tersebut ditopang oleh tiga faktor utama, yakni tingkat keselamatan dan keamanan masyarakat, tingkat konflik domestik dan internasional, dan tingkat militerisasi.

Jadi negara manakan yang teraman di dunia dan bisa dijadikan destinasi wisata untuk para pelancong, khususnya solo traveler di tahun ini? Berikut ini deretan 5 negara paling aman di dunia!

1. Islandia

Islandia menempati peringkat pertama negara teraman di dunia versi Indeks Global Peace Index di tahun 2023. Bagaimana tidak? Tingkat kejahatan di Islandia terbilang rendah bahkan kepolisian setempat tidak membawa senjata untuk melakukan patroli.

Selain sangat aman, Islandia juga merupakan negara indah yang menyambut wisatawan dari seluruh dunia. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan aurora borealis yang dinobatkan sebagai aurora terindah di muka bumi.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati danau glasial terbesar di Islandia yakni Danau Es Jokulsarlon, menikmati keindahan dan panorama gua es di Gua Es Vatnajokull, berendam di kolam air panas alami Blue Lagoon, hingga hiking di Pegunungan Hekla.

2. Denmark

Negara kedua yang paling aman terdapat di dataran Skandinavia, yakni Denmark. Yup, negara ini memiliki reputasi dalam tingkat toleransi yang tinggi dan kejahatan yang rendah, cocok untuk para solo traveler.

Di sini, kamu bisa menjelajahi Kota Odense yang menjadi kota romantis, fashionable, dan budaya yang sangat kental di Denmark. Di kota ini, kamu bisa mengambil foto yang Instagramable hingga menuliskan berbagai syair indah.

Nah, jika ingin mencicipi sajian kuliner khas Denmark, kamu harus singgah di Aarhus yang menjadi surga kuliner di Nordic Country ini. Dan jika kamu ingin membeli buah tangan untuk keluarga dan orang terdekat, harus singgah di Copenhagen, tepatnya di Vesterbro dan Kongens Nytorv untuk mendapatkan oleh-oleh yang menarik nan murah.

3. Irlandia

Negara yang terletak di dataran Britania ini menempati posisi ketiga sebagai negara teraman di dunia. Selain itu, Irlandia juga menyuguhkan banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi sebagai wisatawan dan solo traveler.

Kamu bisa menikmati nuansa gedung-gedung bergaya Victoria Kuno dan singgah di Trinity College yang merupakan kampus paling prestisius di Irlandia, tepatnya di Dublin. Selain itu, kamu bisa berkunjung ke Kilkenny yang merupakan kota kuno dari abad ke-6 dan dipenuhi dengan kastil, gedung, dan biara yang sudah ada dari zaman abad pertengahan.

Nah, buat kamu yang suka hiking, berkunjung ke Taman Nasional Connemara harus menjadi pilihan. Pasalnya, di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang memukau, kastil tua, dan berbagai flora serta fauna khas Irlandia.

4. Selandia Baru

Selandia Baru menjadi negara di luar Eropa yang dinobatkan sebagai negara teraman di dunia versi GPI. Negara ini juga menjadi tujuan populer bagi para backpacker dan wisatawan dengan anggaran terbatas yang sering memilih untuk bepergian sendirian.

Kamu bisa menikmati keindahan Danau Pukaki yang memiliki warna biru sangat jernih dan dikelilingi oleh bunga lupin serta berlatar Gunung Cook yang berselimut salju. Dengan kata lain, kamu bisa menikmati tiga keindahan alam sekaligus yang sangat cocok untuk ber-camping ria.

Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke Hobbiton yang terkenal sebagai rumah para hobbit. Selain itu, kamu juga bisa hiking di Roys Peak yang terdapat di sekitar Danau Wanaka dan menikmati pesisir pantai di Nugget Point Lighthouse.

5. Austria

Austria memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah menurut GPI. Faktanya, kejahatan dengan kekerasan hampir tidak ada di negara ini dan tidak pernah membuat wisatawan takut untuk berkunjung ke sini.

Selain tingkat kejahatan, destinasi wisata juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Austria untuk memikat para wisatawan. Di Austria, kamu bisa menikmati pemandangan indah dengan melakukan hiking di Kitzbuheler Horn. Di tempat ini, kamu juga bisa melihat berbagai pegunungan yang terhampar di Austria.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati air terjun Krimmler Ache yang memiliki ketinggian sekitar 380 meter dan terletak di ketinggian 1076 meter serta berada di lembah hutan.

Dan jangan lupa juga ketika berkunjung ke Austria, kamu haru mampir ke Giant Ice Cave yang merupakan situs warisan budaya UNESCO. Tempat ini merupakan sebuah gua yang berukuran besar dan letaknya berada di bawah tanah serta dikenal sebagai gua yang sangat impresif di Eropa.

Nah, itulah 5 negara teraman di dunia yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup jika kamu salah seorang pencinta jalan-jalan dan solo traveler. Namun sebelum melakukan perjalanan ke 5 negara teraman tersebut, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu fitur perbankan yang mempermudah segala transaksi di mana saja dan kapan saja ketika kamu berada di luar negeri.

Salah satu aplikasi mobile banking yang wajib dimiliki adalah D-Bank PRO by Danamon. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi satu kendali dari Danamon yang memiliki berbagai macam fitur dan benefit yang #SelaluMenggoda untuk mempermudah transaksi perbankan kamu sebagai nasabah.

Dalam aplikasi tersebut, nasabah dapat secara langsung dan mandiri melakukan pengecekan indikasi nilai tukar mata uang dan melanjutkannya untuk bertransaksi valas melalui fitur Exchange Rate Display. 

Selain itu, nasabah juga dapat secara langsung melakukan transfer valas antar rekening nasabah dengan nilai tukar yang lebih kompetitif menggunakan FX Live Rate melalui fitur FX Transfer.

Kemudian ada fitur Bank Notes Order yang bisa jadi andalan untuk persiapan liburan. Pasalnya, dengan fitur ini, kamu bisa menukar mata uang negara tujuan tanpa harus repot ke money changer. Adapun pemesanan bank notes pada layanan D-Bank PRO yang berlaku di cabang-cabang terpilih Bank Danamon untuk 5 mata uang: USD, JPY, EUR, SGD, dan AUD.

Selain itu, rate valas di D-Bank PRO berani diadu karena menggunakan FX Live Rate yang di-update setiap saat selama trading hours. Tak hanya itu, terdapat pula Market Insight yang berguna untuk monitor keadaan pasar melalui informasi pasar yang dapat diakses dengan mudah melalui layanan D-Bank PRO. 

Serunya lagi, D-Bank PRO #SelaluMenggoda punya program Adu Rate buat kamu yang nemu rate valas lebih kompetitif di bank lain. Kalau bisa membuktikan, D-Bank PRO bakal kembalikan dana kamu (rebate) 5x lipat! Buruan ikutan program ini karena hanya berlaku 9 Oktober 2023 - 31 Maret 2024.

Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut terkait aplikasi D-Bank PRO, kamu bisa saksikan Danamon Financial Friday yang selalu hadir memberikan solusi finansial melalui Danamon Expert dan tayang setiap Jumat di YouTube dan Vidio!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini