Sukses

Para Capres-Cawapres Kompak Pakai Kemeja Lengan Panjang di Acara Pengundian Nomor Urut Pilpres 2024

Di Acara Pengundian Nomor Urut Pilpres 2024 di kantor KPU, Selasa (14/11/2023), ketiga pasangan capres-cawapres sama mengenakan kemeja lengan panjang, meski dengan warna berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan bakal capres dan cawapres mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Pusat. Kedatangan tiga pasangan itu untuk menghadiri pengundian nomor urut capres-cawapres peserta Pilpres 2024 pada malam ini, Selasa (14/11/2023).

Pendukung tiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden juga datang dan saling adu keras yel-yel jelang pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024 di Gedung KPU RI, Jakarta. Tribun yang disiapkan untuk para pengusung pun riuh sorakan.

Berbagai pihak yang datang pun diperiksa terlebih dahulu sebelum bisa melalui pagar besi yang hanya difasilitasi pintu kecil untuk keluar masuk. Arus lalu lintas sendiri telah dialihkan oleh petugas kepolisian yang berjaga.

Tampak massa pendukung tiga paslon telah mendekati sekitaran KPU dengan membawa berbagai atribut partai dan calon presiden-wakil presiden yang didukung.Terlihat yang paling menojol adalah spanduk bergambar siluet Gibran Rakabuming Raka yang diyakini dapat memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran saja.

Pantauan tim Pemilu Liputan6.com, Selasa (14/11/2023), suasana makin meriah usai ketiga calon capres-cawapres memasuki Gedung KPU RI. Diawali dengan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, disusul Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Dalam kesempatan itu ketiga pasangan kompak sama-sama memakai kemeja lengan panjang. Dalam live streaming yang ditayangkan kanal Youtube Enam+, Prabowo terlihat mengenakan kemeja warna biru muda dan celana panjang hitam, sementara Gibran memakai kemeja abu-abu dan celana panjang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nomor Urutan Capres-Cawapres di Pilpres 2024

Lalu Ganjar mengenakan kemeja dan celana panjang hitam sementara Mahfud memakai kemeja putih, celana panjang serta kopiah hitam. Beda lagi dengan pasangan Anies-Cak Imin yang sama mengenakan kemeja putih, celana panjang hitam dan pecu hitam serta lencana bertuliskan ‘AMIN’ di bagian atas kiri kemeja

Dalam kesempatan itu terlihat juga Ketua Umum PDIP dan Presiden ke-RI, Megawati Soekarnoputri. Kali ini Megawati tidak memakai baju merah tapi baju putih tangan panjang dengan rompi warna hitam.

Hasil pengundian nomor urut untuk Pilpres 2024 adalah, Anies-ak Imin mendapatkan nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor urut 2 dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3. Acara pengundian nomor urut capres-cawapres sudah dimulai pada pukul 18.30 WIB dengan diawali makan bersama yang akan dihadiri langsung pasangan capres-cawapres dan juga para ketua umum partai politik.

"Kami memberikan undangan bagi masing-masing calon. Nanti (tamu) akan kami layani di tribun yang disiapkan di halaman parkir kantor KPU. Kuotanya adalah untuk masing-masing pasangan calon 150 orang," ucap Ketua KPU Hasyim Asyari di kantor KPU, Jakarta, Senin (13/11/2023).

3 dari 4 halaman

Acara Pengundian Nomor Urut Diawali Makan Malam

Setelah makan malam, kata Hasyim, acara akan dialnjutkan dengan pleno terbuka pengundian nomor urut capres dan cawapres.  Adapun sebelumnya, KPU telah resmi menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sebagai kontestan pilpres 2024.

Penetapan tiga pasangan itu setelah KPU berdasarkan hasil verifikasi dokumen hingga tes kesehatan. Tiga pasangan yang ditetapkan yaitu, pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Kemudian, Ganjar-Mahfud yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Terakhir, pasangan Prabowo-Gibran yang diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

4 dari 4 halaman

Masa Kampanye Pilpres 2024

Sebelum mengumumkan penetapan capres-cawapres, KPU sudah menggelar rapat pleno secara tertutup. "Tiga pasangan calon Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019," kata Anggota KPU Idham Holik di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin (13/11/2023).

"Hasil sidang pleno tersebut telah kami tuangkan dalam PKPU nomor 1631 tahun 2023," ujar Idham.

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Hasyim Asy'ari menyatakan, batas waktu penyerahan struktur lengkap tim kampanye adalah tiga hari sebelum masa kampanye pasangan capres-cawapres. Adapun masa kampanye yang diberikan oleh KPU mulai tanggal 28 November 2023.

"Kalau menurut ketentuan di dalam Undang-Undang Pemilu dan Peraturan KPU tentang Kampanye itu maksimal 3 hari sebelum dimulai kampanye," ujar Hasyim.Menurut Hasyim, setelah ini akan disampaikan batas maksimal untuk penyerahan tim kampanye kepada setiap masing-masing pasangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini