Sukses

Driver Ojek Online Donasikan Pendapatan untuk Palestina, Ramai Dipuji Warganet

Dukungan demi dukungan terus mengalir untuk Palestina. Di Tanah Air, berbagai pihak tak hanya lantang menyuarakan solidaritasnya, tetapi juga menggalang dana dan mendonasikan penghasilannya untuk warga Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan demi dukungan terus mengalir untuk Palestina. Di Tanah Air, berbagai pihak tak hanya lantang menyuarakan solidaritasnya, tetapi juga menggalang dana dan mendonasikan pendapatannya untuk warga Palestina.

Salah satunya datang dari seorang driver ojek online (ojol) bernama Ryan. Melalui sebuah unggahan di akun TikTok @mzojol, ia menjelaskan bahwa penghasilannya hari itu, yakni Kamis, 9 November 2023, akan didonasikan penuh untuk Palestina.

"Sekarang jam 5 pagi dan gua udah niat pendapatan ngojek gw hari ini untuk donasi kemanusiaan rakyat Palestina," kata Ryan dalam video yang diunggahnya.

"Bismillahirrahmanirrahim," katanya lagi yang sudah siap berjaket, sarung tangan, dan mengenakan masker.

Ia memperlihatkan layar ponsel pintarnya dapat order ke Stasiun Senen, Jakarta. "Penglaris ke stasiun senen," bunyi keterangan itu.

Ryan berkendara dengan senyum yang menghiasi wajahnya di pagi itu. "Udah bela-belain mau jemput, eh, di-cancel," curhatnya.

"Tadi tagih tunai Rp37.500, eh dikasih Rp50.000 katanya kembaliannya ambil aja," katanya lagi.

Ia sempat mengungkapkan paling senang mendapat orderan jauh dengan sekali jalan Rp30 ribu. Pukul 08.00, dikatakannya, ia sudah mendapat Rp117 ribu.

"Senang banget dapat customer yang ngorder siap jalan, terus murah senyum, habis itu pas turun bilang 'hati-hati di jalan ya mas'," lanjutnya sembari memberi customer tersebut bintang 5.

Pada cuplikan selanjutnya, driver ojol itu pun meregangkan badan karena sedari tadi duduk di motor. Ia kembali melaporkan pukul 10.00, ia sudah mendapat Rp163 ribu. "Seneng banget rezeki dilancarin gini," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Rp330 Ribu

Ryan pun beristirahat sejenak dan membeli buah semangka untuk teman-teman. Setelah itu, ia menyebutkan orderan yang ditunjukkannya jadi orderan terakhir pada hari itu.

"Pendapatan hari ini Rp307 ribu sama tip-nya Rp23 ribu," katanya.

Pada layar, terlihat dirinya telah berhasil mentransfer pendapatan Rp330 ribu tersebut. "Gua donasikan melalui Palang Merah Indonesia, semoga bermanfaat," ungkapnya.

Ryan menutup unggahan itu dengan menyebut, "Bantuan gue ini mungkin gak seberapa nilainya, tapi aksi dan postingan gue ini pengen nunjukin banyak kalangan masyarakat dunia yang bersama Palestina."

Video itu pun telah disaksikan lebih dari 2,5 juta kali di TikTok. Kolom komentar video itu juga telah dibanjiri dengan beragam pujian dari warganet.

"Alhamdulillah, berkah selalu Bang🍉🍉🇵🇸👍👍🥰," bunyi salah satu komentar.

Tanggapan lain berbunyi, "luar biasa semoga barokah."

"semoga berkah dan masnya semoga berkah selalu dan d beri kebaikan dunia akhirat Aamiin Allahumma Aamiin 🤲😊," kata warganet lain.

Respons lainnya berbunyi, "semangat mas,sama hati² jalan,semoga apa yang di lakukan mas ojol bisa membantu sodara kita di sana."

3 dari 4 halaman

Putri Ariani dan Dewa Budjana Galang Donasi untuk Palestina

Putri Ariani dan Dewa Budjana membuka donasi bagi para penyintas di Palestina. Hal tersebut disampaikan pelantun "Loneliness" tersebut melalui akun Instagram pribadinya @arianinismaputri pada Minggu, 5 November 2023. Dalam unggahan tersebut, Putri membagikan video menyanyi dengan musisi Dewa Budjana berada di sebelahnya memetik gitar.

Video dibuka dengan Putri dan Budjana membawakan lagu bertajuk "We Will Not Go Down" dari Michael Heart. Video tersebut juga menampilkan cuplikan video warga Palestina di tengah reruntuhan bangunan yang hancur dan anak-anak yang terluka.

Ada pula rombongan orang-orang yang menunjukkan solidaritasnya berdemo sembari membawa bendera Palestina. Di akhir video terlihat keterangan berbunyi, "We Will Not Go Down (Song for Gaza) by Michael Heart, Cover by Putri Ariani & Dewa Budjana."

Aksi kemanusiaan ini turut menggandeng Baznas Indonesia, lembaga pemerintah non-struktural yang menerima dan menyalurkan zakat dan infak dari muzaki untuk mustahik yang membutuhkan.

"Assalamualaikum teman-teman semua, Putri, Om @dewabudjana dan @baznasindonesia ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut andil dalam membasuh luka palestina dengan memberikan doa dan juga bantuan kepada saudara kita di Palestina," tulis Putri dalam kolom keterangan.

Ia juga menambahkan, "Teman-teman bisa memberikan donasi terbaiknya melalui BAZNAS di link dibawah ini.

SEDEKAH dapat disalurkan melalui:

▶️ Transfer Rekening BSI 1004266893a.n. Badan Amil Zakat Nasional

▶️ Klik: baznas.go.id/sedekahduniaislam."

4 dari 4 halaman

Tuai Banyak Dukungan

Unggahan Putri Ariani tersebut mendapat dukungan dari banyak pihak. Hal itu terlihat dari deretan respons yang memenuhi kolom komentar unggahan.

"Salut kepada Putri Ariani yang peduli pada "KEMANUSIAAN". Amanat dari UUD45 , Bhw penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan keadilan.✊️," bunyi salah satu komentar.

Tanggapan lain berbunyi, "Terima kasih putri, we stand with Palestine.. slalu 😢 kalo dengar lagu ini."

Warganet lain menuliskan, "Masya Allah alhamdulillah semoga berkah yang putri ,semoga niat baik nya di bls Allah SWT ,aamiinn ❤️❤️."

"tiada yang tak mungkin bagi Allah utk kedamaian di Palestina. Amiiiinn Ya Rob," ungkap lainnya.

Komentar lain berbunyi, "Both of you are extraordinary, Pray for GAZA."

"Bismillah, berkah rezeki & kariernya putri. Aamiin," tulis lainnya.

Komentar lain berbunyi, "Thanks putri dan dewa #forgaza #forhumanity."

"Terbaik tq Putri for the lovely song pray for Palestine," ungkap lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini