Sukses

Kisah Wanita Kunjungi Makam Ayah Pakai Kebaya dan Toga di Hari Wisuda

Sang ayah selalu bermimpi melihat anaknya lulus kuliah dan menjadi sarjana. Sebelum bisa menyaksikan anaknya diwisuda, ia meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita pemilik akun TikTok @ichaletina membagikan sebuah video yang mendalam dan menyentuh hati banyak warganet. Video ini mengisahkan kenangan yang mengharukan antara wanita tersebut dengan mendiang ayahnya, yang meninggal dunia seminggu setelah ia menyelesaikan sidang skripsinya.

Dalam video berdurasi 26 detik yang diunggah pada Jumat, 3 November 2023, wanita ini berbagi momen-momen spesial yang terjadi setelah ia menyelesaikan sidang skripsi. Meskipun berhasil menyelesaikan pendidikannya, dia harus menghadapi kesedihan kehilangan sang ayah, yang tidak bisa menyaksikan momen bahagianya di hari wisuda.

Dalam video tersebut, dia menerangkan bahwa ia dinyatakan lulus sidang skripsi pada Juni 2023. Pada bulan itu, kondisi kesehatan ayahnya sudah bermasalah hingga harus dirawat. Ketika dia datang untuk memberitahukan kabar baik tentang kelulusannya, ayahnya terlihat sangat bahagia dan bangga melihat prestasinya.

Pada Oktober 2023, wanita ini menjalani prosesi wisuda di kampusnya. Sayangnya, ayahnya tidak bisa hadir di hari spesial tersebut, karena ia telah meninggalkan dunia ini seminggu setelah sang putri lulus dari sidang skripsinya. Sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa ayahnya, ia datang ke makamnya pada hari wisuda dengan mengenakan kebaya berwarna biru dongker dan toga.

Video ini pun menjadi viral di media sosial dan menyentuh banyak hati, memperlihatkan kedalaman rasa cinta seorang anak kepada ayahnya. Dalam momen yang penuh haru ini, wanita tersebut bercerita dalam videonya.

"Dari dulu papa cuma pengen lihat aku lulus sidang dan jadi sarjana. I did it, papa. Aku udah sarjana, officially. Hope you're proud of me, papa. I love you, always."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Ramai Ikut Bercerita

Video tersebut berhasil meraih banyak perhatian dengan jumlah tayangan sebanyak 96 ribu per Sabtu, 4 November 2023 dan mendapatkan reaksi yang mendalam dari warganet. Banyak di antara mereka yang juga berbagi cerita pribadi mereka tentang kehilangan orang yang dicintai dan memberikan dukungan dan penghiburan kepada wanita tersebut.

"I feel u kak,dulu bapak pengen banget liat aku kuliah & jadi sarjana pertama dikeluarga tapi pas aku menata jalan menuju kedunia perkuliahan beliau malah pergi duluan,jadi bingung harus berhenti disini/tetap lanjut jalan soalnya semangatku udah ikut kekubur wkwk, btw semangat kakkkk," tulis salah satu akun di kolom komentar ikut bercerita.

"Samaa kakk, aku ujian juni, agustus wisuda, juli awal yudisium tp 3-4 hari setelah yudisium papa udah gaada," bubuh akun lainnya.

"Huhuu kita sama kak, aku juga mau wisuda tp papa udah gaada🥲🥲 im sure he’s proud of youu kak!!💖," kata salah satu akun memberi semangat.

"Kak itu pas abis sidang papanya aja sebangga ituuu sama kakakak😭😭😭 aku jg sidang dan wisuda ga ada papa, tapi papa kita pasti liat diatas sana," ujar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Cerita Wisuda Lainnya

Wisuda merupakan salah satu momen emosional dalam hidup sebagian orang. Euforianya bahkan acap kali dibagi dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Sementara keluarga inti biasanya jadi orang yang menghadiri wisuda, lain cerita dengan konten media sosial yang viral beberapa waktu lalu.

Merujuk unggahan akun TikTok @ferantinoo, baru-baru ini, seorang wisudawati didampingi keluarga besarnya. Si pengunggah video menulis, "Lucu banget lihatnya. Sehat-sehat ya keluarganya." Di rekaman berdurasi 15 detik tersebut, mereka tidak hanya berfoto merayakan momen tersebut.

Sebagai perpanjangan tangan selebrasi, keluarga ini juga tampak piknik di halaman kampus. Mereka terlihat duduk beralas tikar, membuka ragam makanan yang sudah disiapkan untuk disantap bersama. Tidak lupa, mereka juga tidak segan membantu membuat konten media sosial si wisudawati. "Kompak banget," sebut salah satu TikToker.

Video yang sudah mencatat 1,1 juta penayangan saat artikel ini ditulis juga berkomentar, "Lucu banget. Keluarganya bener-bener mengapresiasi kakaknya 🥰." "Temenku kemrin makeup jam satu malem ya ampun buat wisuda wkwk😭 padahal acara wisudanya jam 8 pagi😂 Keluarganya pun dateng jam 2 malem," sahut warganet lain bercerita.

4 dari 4 halaman

Momen Haru Wisuda di UGM

Sebelumnya, acara wisuda di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 23--24 Agustus 2023 menyisakan kenangan mengharukan. Momen ini bermula ketika salah seorang wisudawati memohon izin berfoto bersama Rektor UGM Ova Emilia dan ibunya di panggung acara.

Kisah menyentuh ini dibagikan melalui akun TikTok @ugm.id. "Kalau ada kesempatan, pengen ngucapin apa ke Bunda kalian?" bunyi keterangan dalam video acara wisuda UGM tersebut.

Video berdurasi dua menit dan 12 detik itu diawali dengan seorang wisudawati yang mengenakan toga bicara di podium sekaligus meminta izin. "Setelah ini saya mohon izin kepada ibu Rektor, mohon izin mau mengundang ibu saya, mau ikut foto dan bersalaman ke depan, diperbolehkan mboten njih?" tanya wisudawati itu.

Setelah diizinkan, ia tidak lupa berterima kasih sembari tersenyum semringah. "Njih matur nuwun sanget," katanya.

Video berlanjut dengan momen wisudawati dan ibunda foto bareng rektor UGM. Sesi foto usai, momen itu ditutup dengan salam-salaman dan terdengar denting piano melantunkan musik Bunda yang dipopulerkan Melly Goeslaw. "Persembahan lagu untuk para ibu yang sedang berbangga atas pencapaian anaknya," bunyi keterangan dalam video.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini