Sukses

Cara Mengurus Paspor di Garuda Indonesia Travel Fair 2023, Kuota Maksimal 60 Orang

Untuk pertama kalinya Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) menyediakan layanan pengurusan paspor di lokasi selama pameran perjalanan berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia Travel Fair 2023 (GATF 2023) hadir dengan konsep yang berbeda dari sebelumnya. Mengusung tema "One Stop Shopping Experience", pameran perjalanan yang diadakan dari Jumat, 27 Oktober 2023, sampai Minggu, 29 Oktober 2023 ini memberikan layanan lengkap bagi para pengunjung.

Vice President Corporate & Channel Garuda Indonesia, Arsena Permasadhie, mengungkapkan bahwa selain menyediakan tiket pesawat, konsumen juga dapat menemukan berbagai pilihan akomodasi, berbelanja perlengkapan perjalanan seperti koper, serta mengurus dokumen perjalanan, termasuk paspor.

Untuk mendukung hal tersebut, pihak imigrasi akan hadir dengan booth layanan paspor instan, memudahkan bagi mereka yang ingin mengurus paspor secara cepat. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai hiburan, mulai dari konser musik hingga beragam kuliner yang bisa dinikmati di lokasi.

"Untuk memasuki venue GATF 2023 di Jakarta, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25 ribu, atau hanya Rp1 bagi mereka yang menggunakan QRIS Livin," katanya dalam jumpa pers GATF di Jakarta, Selasa, 24 Oktober 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menambahkan bahwa Garuda Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Jendral Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk memberikan layanan paspor. Lalu, bagaimana cara mengurus paspor di GATF 2023? 

1. Unduh Aplikasi

Proses pengajuan paspor di GATF 2023 dilaksanakan secara online melalui aplikasi. Anda bisa mendapatkan aplikasi M-Paspor di platform sesuai dengan jenis perangkat yang Anda miliki. Jika Anda menggunakan perangkat Android, temukan aplikasinya di Playstore. Sementara bagi pengguna perangkat iOS, aplikasi tersedia di App Store.

"Kuota maksimal 50--60 orang kami layani langsung," kata seorang petugas imigrasi kepada Liputan6.com, ditemui Jumat, 27 Oktober 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Registrasi Aplikasi

Untuk mengakses M-Paspor, Anda perlu membuat akun dengan langkah-langkah berikut:

a. Buka aplikasi M-Paspor yang menunjukkan halaman masuk

b. Klik "Daftar Akun"

c. Masukkan informasi yang diperlukan untuk pendaftaran

3. Masuk ke Aplikasi

Setelah mendaftar, Anda bisa masuk ke M-Paspor dengan instruksi berikut:

a. Buka M-Paspor yang menampilkan halaman masuk

b. Ketikkan email Anda.

c. Masukkan password Anda

d. Tekan "Masuk"

e. Jika berhasil masuk, Anda akan melihat pemberitahuan syarat dan ketentuan.

4. Layar Utama

Di layar utama aplikasi paspor, Anda akan melihat berbagai banner dan pilihan untuk mengajukan paspor.

5. Cara Mengajukan Paspor

Berikut adalah langkah-langkah pengajuan paspor:

a. Klik "Permohonan Paspor Reguler"

b. Anda akan mendapatkan notifikasi untuk memastikan informasi diisi dengan benar

c. Tentukan paspor untuk kategori (Dewasa atau Anak)

d. Input NIK Anda

Klik "Pilih Foto", kemudian formulir akan muncul untuk Anda masukkan Nama, Tanggal Lahir, dan NIK.

e. Isi kuesioner yang disediakan. Tahap ini mengandung beberapa pertanyaan untuk menentukan tipe paspor yang Anda perlukan.

f. Unggah dokumen yang diperlukan seperti e-KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran, setelah itu tekan "Lanjutkan"

g. Klik "Tambah Daftar Pemohon" untuk menambahkan informasi pemohon baru. Setelah Anda menekan "Tambah Pemohon", formulir kuesioner akan muncul. Pengguna perlu mengisi kuesioner tersebut. Selesai mengisi kuesioner, informasi pemohon baru akan ditambahkan.

h. Pilih lokasi Kantor Imigrasi, untuk langkah ini, Anda dapat memilih titik ICE BSD sebagai tempat pendaftaran. Jangan lupa mengunjungi booth kantor imigrasi dengan membawa persyaratan lengkap, asli dan fotokopi ukuran A4, serta materai Rp10 ribu.

3 dari 5 halaman

Promo Menarik Tempat Wisata dan Jajanan Pasar

GATF 2023 tidak hanya menghadirkan layanan pembuatan paspor, tetapi juga beragam diskon dan promosi menarik dari berbagai tempat wisata selama tiga hari acara tersebut berlangsung. Beberapa penawaran yang bisa Anda temukan antara lain:

1. The Jungle Waterpark, menawarkan kesempatan langka bagi pengunjung untuk mendapatkan tiket masuk dengan harga khusus. Jika Anda berkunjung ke stand mereka di ICE BSD, Anda dapat memperoleh tiket masuk untuk weekdays hanya seharga Rp30 ribu per orang, turun dari harga normal Rp60 ribu. Sementara untuk weekend, tiket ditawarkan seharga Rp37,5 ribu, turun drastis dari harga asli Rp100 ribu per orang.

2. Safari Resort menawarkan tiket masuk untuk anak-anak dan dewasa seharga Rp220 ribu, turun dari harga normal Rp255 ribu per tiket.

Bagi Anda yang ingin mengisi perut di sela berburu promo, Hotel & Resorts Santika Indonesia menyediakan aneka jajanan pasar lokal dengan harga terjangkau:

1. Pastel seharga Rp10 ribu

2. Talam Ketan hanya Rp6 ribu

3. Risoles dengan isi mayonnaise Rp10 ribu

4. Pie Susu manis Rp6 ribu

5. Kue Ku lezat seharga Rp6 ribu

6. Lemper ukuran jumbo Rp6 ribu

7. Putu Ayu manis dan legit Rp6 ribu

8. Klepon dengan isian gula merah Rp6 ribu

9. Kue Lapis Pepe Rp6 ribu

10. Wajik ketan Rp6 ribu

4 dari 5 halaman

Promo Menarik Penerbangan

Di GATF 2023, selain fokus pada layanan lain serta produk yang berkaitan dengan perjalanan, banyak pula pihak menawarkan berbagai promo menarik yang mencakup penerbangan, diantaranya:

1. Agen Penerbangan Astrindo menghadirkan penawaran tiket penerbangan baik domestik maupun internasional dengan harga menggiurkan. Rute domestik untuk pp antara lain:

a. Palembang dengan tarif Rp1,1 juta

b. Surabaya seharga Rp1,4 juta

c. Tanjung Pinang Rp1,6 juta

d. Denpasar Rp1.7 juta

e. Labuan Bajo Rp2,1 juta

f. Medan Rp2,1 juta

g. Makassar Rp2,1 juta

h. Manado Rp2,8 juta

i. Sorong Rp3,5 juta

j. Jayapura Rp4,8 juta

Untuk rute internasional, tiket pp juga ditawarkan seperti untuk:

a. Singapura Rp2,7 juta

b. Kuala Lumpur Rp2,3 juta

c. Hongkong Rp4,1 juta

d. Bangkok Rp5 juta

e. Guangzhou Rp6 juta

f. Seoul Rp6,6 juta

g. Melbourne Rp7,4 juta

h. Sydney Rp7,6 juta

i. Tokyo Rp7,9 juta

j. Amsterdam Rp12,6 juta

2. Aerohaji, agen travel dan umrah ikut mengeluarkan promo menarik yaitu "buy ticket get visa" untuk tujuan umrah. Harganya cukup kompetitif, dimulai dari Rp17,7 juta.

3. Agen Mitra di sisi lain menghadirkan promosi yang mencakup merchandise e-money card untuk 100 pembeli pertama dengan minimal transaksi Rp5 juta dan hadiah menarik lainnya.

 

 

5 dari 5 halaman

Promo Menarik Koper dan Penginapan

4. Bagi yang ingin membeli tas & koper, ada berbagai brand ternama dari Jepang seperti Ace, Proteca, dan Summit yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Koper-koper tersebut ditawarkan dengan diskon menarik dan garansi yang memudahkan konsumen.

Contohnya, koper jenis Proteca Lustry - Small Trolley diskon 20 persen dari harga Rp11,3 juta menjadi Rp8,7 juta. Selain itu, koper dari Ace jenis terbaru, yaitu Amrose, didiskon 50 persen. Jenis lainnya, Ace Trolley tas Soelte Aldito diskon sebesar 60 persen. Ada juga garansi 5 tahun dengan spareparts dan biaya perbaikan gratis untuk koper Ace.

Untuk koper lokal, Kooper, terdapat diskon untuk jenis AC6050 all size dan all colors, dengan ukuran 20 inchi, yang harga awalnya Rp3,4 juta menjadi Rp1,7 juta. Untuk ukuran 24 inchi, harga awal Rp4 juta menjadi Rp2 juta, dan ukuran 28 inchi, harga awal Rp 4,6 juta menjadi Rp2,3 juta. Ada juga garansi 5 tahun dengan spareparts dan biaya perbaikan gratis untuk koper Ace4.

Terakhir, Aerowisata, yang merupakan salah satu perusahaan anak dari Garuda Indonesia, juga memberikan promo khusus yang dinamakan "Promo Special Gate". Beberapa penawaran menarik meliputi menginap di Hotel Bintang 5 Prama Sanur Beach Bali dengan harga Rp799 ribu per net/room/night, Hotel Bintang 3 Asana Biak Papua Rp625 ribu per net/room/night, dan Grand Hotel Preanger Bandung Rp500 ribu per net/room/night.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.