Sukses

Isu Bias Gender dalam Koleksi Couture Siap Pakai Terbaru Harry Halim

Seolah ingin mematahkan norma gender masyarakat dalam mode serta stereotipe jenis pakaian tertentu yang biasa dipakai pria atau wanita, sang desainer mengubah itu semua dalam deretan koleksi ready to wear couture.

Liputan6.com, Jakarta - Bias gender dalam fesyen, itulah yang ingin disampaikan desainer Harry Halim dalam rangkaian koleksi terbaru untuk Spring/Summer 2024 bertajuk "White Lies". Seolah ingin mematahkan norma gender masyarakat dalam mode serta stereotipe jenis pakaian tertentu yang biasa dipakai pria atau wanita, sang desainer mengubah itu semua dalam deretan koleksi ready to wear couture

"Audience di Indonesia mereka selalu kepikiran genderless fashion selalu mengacu pada LGBT. Sebenarnya, unisex untuk semua orang bisa female atau male, tapi tetap bisa terlihat laki atau perempuan," tutur Harry Halim saat konferensi pers di Bengkel Space, Kawasan SCBD Jakarta Selatan, Selasa malam, 17 Oktober 2023. 

Mengenai koleksi "White Lies", Harry mengatakan tema tersebut tercetus di setiap cerita dan saat-saat ia berpikir tentang koleksinya. Ketika bibir berucap, raga bertindak, namun jiwa dan rasa seakan ingin mengingkarinya, kata yang akhirnya terlontar adalah sebuah "kebohongan putih" untuk menengahkan konflik.

Kegundahan batin yang berawal dari pupusnya romansa anak manusia ini kemudian jadi renungan Harry Halim saat meresapi inspirasi untuk koleksi tersebut. Membawa inspirasi kerumitan isi hati dan kebenaran yang tak dapat terucapkan, ia menuangkannya lewat potongan-potongan busana antimainstream

Pertunjukan malam itu dibuka dengan deretan busana berpalet hitam. Koleksi ini ingin membantah stereotipe bahwa warna tersebut tidak sesuai dengan musim semi. "Hitam adalah tribute saya kepada semangat perlawanan anak muda," sambung Harry Halim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sisi Anggun dan Maskulin Sekaligus

Pekatnya hitam kemudian memudar, digantikan oleh erupsi warna-warna terang yang dinamis. Sebuah pesta penuh keberanian mencolok, bagaikan perayaan akan pergantian musim baru. 

Kejutan ini adalah sebuah interlude, karena palet hitam yang merupakan signature dari maison ini kembali menyapa, sebelum bertransisi secara dramatis menjadi putih. Seakan ingin menegaskan bahwa 'dusta' ini akhirnya muncul sebagai sesuatu yang memikat, serta menjadi simbol akan pupusnya batasan antara kebenaran dan kebohongan halus sebagai kejujuran jawaban mutlak isi hati. 

Koleksi berjumlah 31 potong busana itu pun juga membawa kontras tampilan busana-busana dengan potongan yang anggun. Palet putih itu didekorasi detail intricate serta konstruksi yang terinspirasi oleh arsitektur bergaya lembut.

Kontradiksi ini semakin menawan dengan kehadiran siluet yang melintas batasan gender, menyuarakan kebebasan dan keselarasan yang mengalir indah. Tak hanya menjadi potongan yang berlawanan dari koleksi ini, namun juga sebuah simbol optimisme terhadap awal yang baru.

3 dari 4 halaman

Deretan Selebritis Ikut Bergabung di Catwalk

Tak hanya para model yang wara-wiri di panggung fashion show Harry Halim untuk koleksi Spring/Summer 2024, sederet artis Tanah Air ikut memeriahkan. Beberapa wajah familiar yang teridentifikasi adalah Marsha Timothy, Wulan Guritno, Sophia Latjuba, Kelly Tandiono serta beberapa selebritis pria, seperti Herjunot Ali hingga Ivan Gunawan.

Marsha Timothy bahkan mengunggah momen saat menghadiri gelaran tersebut di Instagram pribadinya @marshatimothy. "White lies S/S 2024 Ready to Wear - Couture," tulis istri aktor Vino G. Bastian itu sambil mengucapkan selamat atas koleksi terbarunya.

Marsha mengenakan rancangan Harry Halim untuk lini House of Harry Halim dengan potongan blazer oversize yang desainnya mengaplikasikan kerah V. Atasan itu dipadukan dengan inner silver yang senada dengan rok mini sequin.

Makin terpancar aura bintangnya, sepatu runcing senada juga menghiasi kaki jenjang Marsha. Sementara, tatanan rambutnya dikuncir ke belakang dengan sebentuk anting bulat sebagai pelengkap aksesorinya. Ia juga terlihat menggenggam clutch bag di tangan kanannya.

4 dari 4 halaman

Kejutan Kehadiran Sophia Latjuba di Antara Model

Kehadiran Sophia Latjuba saat fashion show Harry Halim menjadi kejutan untuk para hadirin tamu. Ibunda Eva Celia ini terlihat sangat flawless dengan rambut hitam lurusnya. 

Busana putih yang dikenakannya cukup membuat pangling. Wanita 53 tahun itu tampak tak menua dengan usianya itu, ia berjalan dengan sebuah potongan blazer putih dengan aksen kantong. Siluet potongannya juga mengembung dengan puff pada bagian lengannya. 

Penampilannya dilengkapi juga dengan long boots putih bertali hingga seatas lutut. Sekilas tampilannya sangat edgy, tapi semua itu menjadi antimainstream berkat ekor di belakangnya. 

Tak hanya Sophia Latjuba, Wulan Guritno juga melintas di catwalk dengan nuansa yang lebih ceria bernada merah muda. Mini dress dengan akses rempel yang memperlihatkan lengannya itu seketika membuatnya tampil enerjik. 

Wulan tampak bersemangat ketika melintas sembari menyapa hadirin yang hadir dengan senyuman. Rambutnya dikuncir kuda dengan sepatu stileto yang membuatnya sangat menawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.