Sukses

KAI Umumkan Kompensasi bagi Penumpang Terdampak Gangguan Operasional Usai KA Argo Semeru Anjlok dan Diserempet KA Argo Wilis

KAI memberi kompensasi berupa pengembalian bea pada penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan atau keterlambatan KA penumpang imbas anjlokan KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian KA Argo Semeru anjlok di Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta sebelum diserempet KA Argo Wilis pada Selasa, 17 Oktober 2023. Akibat kejadian ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan ketentuan kompensasi bagi penumpang terdampak gangguan operasional.

"KAI memberi kompensasi berupa pengembalian bea pada penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan atau keterlambatan KA penumpang imbas anjlokan KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis," tulis pihaknya melalui akun X resmi, dulunya Twitter, Selasa, 17 Oktober 2023.

Mereka menyambung, "Kompensasi tersebut berupa pengalihan perjalanan dengan sarana KA lain, moda transportasi lain, hingga pengembalian bea jika KA-nya mengalami keterlambatan keberangkatan KA. Refund tiket dapat dilakukan di seluruh stasiun online hingga H+7 dari tanggal keberangkatan yang tertera di tiketnya."

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," imbuhnya. Secara lebih jelas, pihaknya juga menjelaskan dalam poin-poin berikut:

  1. Penumpang yang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan atau di tengah perjalanan, karena gangguan operasional yang disebabkan anjlokan KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis, sehingga menyebabkan penundaan atau keterlambatan KA yang dinaiki, (mereka) dapat melakukan pengembalian bea sebesar 100 persen di luar bea pesan.
  2. Apabila terjadi penundaan keberangkatan KA di stasiun keberangkatan penumpang yang diperkirakan berlangsung selama satu jam atau lebih, penumpang dapat melakukan pengembalian bea sebesar 100 persen di luar bea pesan.
  3. Jika penumpang kereta bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan atau di tengah perjalanan karena menolak menggunakan sarana kereta atau moda transportasi pengganti, mereka dapat melakukan pengembalian besa sebesar 100 persen di luar bea pesan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketentuan Lain

4. Tiket lain yang dibatalkan dapat dilakukan pemgembalian bea 100 persen secara langsung:

  1. Tiket perjalanan kembalinya penumpang (return).
  2. Tiket kereta api dengan sifat persambungan yang mengalami kegagalan perjalanan untuk kereta api lanjutan.
  3. Tiket lain yang masih berlaku yang dimiliki penumpang.

5. Penumpang kereta Suite Class Compartement yang dialihkan ke kereta Panoramic atau kereta branding lainnya akan mendapat refund 50 persen dari harga tiket yang dimiliki.

6. Penumpang kereta Luxury yang dialihkan ke kereta Panoramic akan mendapat refund 50 persen dari harga tiket yang dimiliki.

7. Proses pembatalan dan pengembalian bea dilakukan di loket stasiun online dengan batas waktu sampai H+7 dari tanggal yang tertera di tiket.

Mengutip laporan kanal Bisnis Liputan6.com,  Selasa, 17 Oktober 2023, perjalanan kereta api yang terganggu akibat kejadian tersebut, yakni:

  • KA 115 (Ranggajati) dari Yogkakarta - Solo dengan KA 139KS2 Dari Solo - Cirebon dengan plb 115KS
  • KA 211 (Logawa) dari Solo - Tegal dengan Plb 211KS, dari Tegal - Purwokerto dengan Plb 211KS2
  • KA 105 (Gayabaru Malam selatan) dengan Plb 105KS (Solo – Cirebon Prujakan)
  • KA 122 (Jokotingkir) dengan Plb 222KS2 (Cirebon Prujakan/Solo), menjadi KA 222KS1 (Solo/Purwosari)
  • KA 124 (Bangunkarta) dengan plb 124KS (Cirebon/Solo)
3 dari 4 halaman

Evakuasi Penumpang

Di unggahan terbarunya pada Selasa malam, KAI menyebut telah mengevakuasi para penumpang KA Argo Semeru yang anjlok. Perjalanan para penumpang dialihkan ke KA Sawunggalih menuju Stasiun Kroya atau Purwokerto.

Dengan begitu, para penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan KA lain ke Jakarta. Penumpang KA Argo Wilis dievakuasi menggunakan KA Bandara YIA menuju Stasiun Yogyakarta, dialihkan ke KA lain menuju Surabaya.

"Untuk meminimalisasi dampak keterlambatan pada KA-KA lain, KAI melakukan rekayasa pola operasi dengan memutar KA-KA yang seharusnya melalui petak jalan Yogyakarta – Kutoarjo (jalur selatan), dialihkan dengan melalui petak jalan Tegal – Semarang (jalur utara)," kata EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Penumpang-penumpang KA terdampak akan mendapat pemberitahuan saat di stasiun atau melalui pesan WhatsApp/SMS yang tercantung dalam manifes. Di samping itu, KAI juga memberi service recovery pada penumpang yang mengalami keterlambatan karena kejadian ini. Disebutkan juga bahwa tim evakuasi di lapangan sudah berkoordinasi mendatangkan rangkaian alat berat dan lokomotif penolong untuk mengevakuasi sarana terdampak.

 
4 dari 4 halaman

Kronologi Kejadian

Kronologi kejadian sudah dipaparkan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal. Ia menjelaskan, usai KA Argo Semeru anjlok, ada kecelakaan tambahan, yakni laju KA Argo Wilis dari arah berlawanan yang menemper KA Argo Semeru.

"Selang beberapa waktu kemudian, pukul 13.25 WIB, rangkaian KA 6 Argo Wilis datang dari arah barat dan menemper rangkaian KA Argo Semeru. Aibat hal tersebut, petak lintas tempat kejadian tidak dapat dilalui di kedua arah," sebut dia.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) tengah menjalin koordinasi intensif dengan tim tanggap darurat untuk memastikan tidak ada korban, sekaligus mendalami kronologis terjadinya insiden untuk dilakukan langkah penanganan selanjutnya," pungkas Risal.

Sementara itu, Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, berkata, "Berdasarkan data yang dihimpun, saat ini (Selasa) terdapat tiga korban luka ringan yang sedang ditangani tim kesehatan Daop 6. Daop 6 juga melaporkan tidak ada korban jiwa pada kejadian ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini