Sukses

Gaya Andien Aisyah Pakai Baju Hasil Upcycle, Taplak Meja Jadi Kebaya Cantik

Kontribusi untuk meminimalisir sampah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya seperti yang dilakukan penyanyi Andien Aisyah menggunakan produk recycle dan upcycle, konsep penggunaan ulang suatu produk secara kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Kontribusi untuk meminimalisir sampah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya seperti yang dilakukan penyanyi Andien Aisyah dengan menerapkan upcycling atau penggunaan ulang suatu produk secara kreatif.

Untuk penampilannya di atas panggung, wanita berusia 38 tahun ini tak selalu harus menggunakan pakaian baru. Ia secara kreatif menggunakan produk upcycle yang diciptakan oleh para desainer Tanah Air.

"Percaya nggak sih kalau jewelry dan outfit yang aku pakai ini adalah recycle?" Ungkap Andien di TikTok akun pribadinya @andienaisyah, Sabtu, 16 September 2023.

Perhiasan berupa anting bunga besar bernada cerah biru dan ungu yang dikenakannya saat itu ternyata terbuat dari daur ulang limbah botol plastik. Bepe, desainernya, mengkaryakan jadi sedemikian cantiknya. "Gemes kan?" tanya Andien kepada pengikutnya.

Sementara, baju yang ia pakai merupakan hasil upcycle. Taplak meja disulap menjadi kebaya, sementara kain ungunya berasal dari vitrase gorden dan celana jins yang melengkapi tampilannya kali itu dibuat dari gabungan beberapa perca jins yang diberi beberapa detail manis.

Semua ide tersebut ternyata merupakan buah pikiran dari desainer Toton Januar. "Always adore him for his works," sambung Andien merasa bangga dengan karya Toton.

Andien mengaku selalu memiliki sesuatu dari konsep berkelanjutan, apalagi upcycle. "Mengkaryakan sesuatu yang sudah tidak dianggap oleh orang lain, kembali memiliki nilai, bahkan menjadi berkali-kali lipat lebih berharga," kata ibu dua anak ini.

Ia menambahkan, "Walaupun kecil, tapi aku merasa punya kebermanfaatan untuk bumi dan lingkungan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Memuji Keren

Konten tentang recycle dan upcycle yang dibuat Andien mendapat perhatian dari warganet. Mereka tak menyangka bahwa meskipun produk daur ulang, tampilannya tak kalah dari produk berbahan baru.

"Kok sama sih, gue juga kadang kalo ngeliat taplak meja suka mikir kok kayaknya lucu buat baju," komentar warganet.

"Keren banget ibuuuuukk," tulis warganet.

"Ternyata taplak meja bagus banget dijadiin baju," sambung warganet lainnya.

"Andai semua di bumi kayak kak Andirn, pasti bumi bahagia," komentar warganet lagi.

"Cantik bangetttt pakaian dan aksesorisnya juga banget astaga," tulis warganet.

"Lu keren banget sih kak Andien," celoteh yang lain.

"Aku sering gini, karena bisa jait jadi beberapa baju lama aku ubah dan suka disatuin dengan yang lain, sering banget style gue anet tapi gue nyaman," cerita warganet.

"Gorgeess always," tulis yang lain.

"Kak Andien, do u mind share username for accessories," tanya warganet yang dibalas Andien menyertakan akun @jewelbybepe.

3 dari 4 halaman

Puasa Intermitten

Selain peduli lingkungan, Andien juga dikenal sebagai salah satu artis yang menerapkan pola makannya sehat. Ia diketahui menjalani berbagai jenis diet, salah satunya ia puasa intermittent, yaitu metode puasa yang melibatkan periode jendela makan berkala.

Orang tentu penasaran dengan menu buka puasa intermittent yang dijalaninya, hal tersebut ia ungkap di akun TikTok pribadinya @andienaisyah. "Jadi hari ini, ini kan lagi buka intermitten fasting (puasa intermitten). Jadi, kalo buka itu aku paling suka minum broth, ini chicken bone broth karena untuk melapisi dinding pencernaan," katanya melalui unggahan pada Selasa, 5 September 2023.

Andien pun memperlihatkan isi bekalnya untuk buka puasa intermittent. Di kotak pertama terdapat brokoli, lalu ia juga membuka tempat makan berisi rendang plantbase yang di dalamnya juga terdapat daun singkong. Rendang plant based yang Andien konsumsi seratus persen nabati.

"Enak banget sumpah, kalo gue sih lebih suka di rendang plant based ini karena secara kolesterol juga jauh lebih rendah. Terus kaya akan protein juga," sambung Andien.  

4 dari 4 halaman

Pola Makan Sehat Andien

Selanjutnya, Andien mengeluarkan kotak berisi menu soto. Ia mengaku begitu menyukai soto karena di dalamnya terdapat kaldu memiliki protein dan terasa enak di perut. "Makan soto nggak pernah nggak enak ya," kata Andien lagi. 

Meski diet, ternyata kotak makan Andien masih banyak lantaran ia pun suka ngemil. Ia pun membuka kotak lainnya yang terdapat dua telur ceplok bersama labu yang dikukus. Di kotak lainnya, Andien membawa beberapa potong buah alpukat dan kacang-kacangan salah satunya kacang mete.

Konten yang disukai oleh lebih dari 1200 pengguna itu mendapat berbagai tanggapan. "Makan full serat, makanya metabolisme sehat juga ya. Semoga bisa ku tiru," tulis warganet.

"Mau mulai diet udah keinget seblak dan mi ayam," kata yang lain.

"Ide bekal sehat ke kantor," kata warganet.

"Kak bikin VT cara bikin makanannya kak," celoteh warganet.

"Rendang plantbase nya daging sapi atau jamur kak," tanya warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini