Sukses

Bocoran Agenda Brightspot Market 2023, Diikuti 250 Brand Lokal sampai Bicara Pengaruh AI pada Industri Kreatif

Untuk pertama kali selama diselenggarakan 14 kali, Brightspot Market 2023 akan berlangsung di dua lokasi sekaligus dalam dua akhir pekan.

Liputan6.com, Jakarta - Brightspot Market akan kembali terselenggara. Di edisi ke-14, Brightspot Market 2023 mengangkat tema "The Future is Human" guna menghadirkan platform bagi brand lokal untuk berkolaborasi dan beradaptasi dengan teknologi kecerdasan buatan alias AI.

Melalui penyelenggaraan di dua akhir pekan, pihaknya mengajak semua stakeholder untuk memastikan bahwa manusia tetap jadi fokus utama dalam setiap esensi dan strategi bisnis. Ini didorong dengan sambil memanfaatkan inovasi teknologi secara bijaksana untuk menciptakan nilai tambah pada pengalaman konsumen.

"Teknologi, dalam hal ini AI yang ternyata berpengaruh langsung pada sektor kreatif, ada untuk mendukung proses kreatif, karena pada akhirnya, human made itulah yang memberi nilai lebih pada sebuah produk," sebut founder Brightspot Market dan Future 10, Anton Wirjono, saat jumpa pers di bilangan Senayan, Jakarta, Selasa, 12 September 2023.

Selaras dengan itu, founder LTD dan Brightspot Market, Leonard Theosabrata, menegaskan pentingnya penciptaan produk. "Brightspot juga fokus pada produk dan development lifestyle-nya sampai ketemu nilai tambah yang bisa ditawarkan, baik ke pasar dalam maupun luar negeri," ujar dia di kesempatan yang sama.

Tahun ini, sebut Anton, ada lebih dari 800 brand lokal yang mendaftar sebagai partisipan Brightspot Market. "Tapi karena keterbatasan (lokasi acara), kami kurasi jadi 250 brand," katanya, menambahkan bahwa daftarnya didominasi label gaya hidup dan makanan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kurasi merek partisipan Brightspot Market tahun ini, ia melanjutkan, masih dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria, termasuk bagaimana pemilik jenama mendorong perkembangan bisnisnya, sense of style, dan nilai tambah yang ditawarkan. "Good quality product, good person behind the product, dan good brand," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangun Kesadaran Atas Praktik Berkelanjutan

Perubahan akan selalu berdampak pada segala aspek, termasuk alam. Karena itu, Brightspot Market 2023 juga bermaksud mengangkat konsep acara "Solarpunk," sebuah gerakan menuju "mada depan berkelanjutan" yang mendukung kolaborasi antar manusia, alam, dan teknologi.

Anton berkata, "Kami memang maunya nanti ke sana (menerapkan konsep berkelanjutan di setiap elemen Brightspot Market), tapi sekarang masih susah, karena secara bahan baku masih mahal (untuk brand). Kami juga maunya acara ini didukung penuh panel surya (sebagai sumber energinya)."

"Di antara brand lokal yang berpartisipasi, ada juga yang mengangkat konsep sustainability," imbuhnya. "Secara limbah (dari penyelenggaraan acara), terutama kemasan makanan, ini juga kami pikirkan. Pengolahan (limbah) sudah kami lakukan sejak tahun lalu, dan akan berlanjut tahun ini."

"Kami sekaligus ingin bangun awareness (tentang konsep berkelanjutan dalam berbisnis), karena kami juga enggak mau yang bagaimana-bagaimana dan akhirnya jadi green washing. Kami lakukan apa yang bisa kami lakukan sekarang, dan ini baru langkah awal," klaimnya. 

3 dari 4 halaman

Terselenggara di 2 Lokasi

Dalam agendanya, ada juga sesi Talks yang akan digelar selama Brightspot Market 2023. "Sekarang masih digarap. Kayaknya baru akan keluar (daftar pembicara dan temanya) minggu depan. Karena ini bukan agenda utamanya, rencananya hanya akan ada lebih dari 30 sesi," katanya.

Di samping itu, ada pula pertunjukan musik yang sudah lekat dengan target pasar mereka. "Malam di hari terakhir itu kemungkinan ada closing party," sebut Anton.

Tahun ini, ia menyambung, Brightspot Market juga akan terselenggara di dua lokasi di Plaza Senayan. Tempat ini kembali terpilih karena "strategis untuk jadi tempat para insan kreatif bertemu, bersosialisasi, dan menuangkan ekspresinya menghasilkan karya bersama."

Dalam perjalanannya, mereka menyebut, Plaza Senayan telah jadi bukti ketangguhan dalam bertahan menghadapi tantangan perubahan dengan berinovasi dan beradaptasi. "Cara masuknya juga gampang, pakai aplikasi Brightspot, gratis," kata Anton. "Sebaiknya sudah daftar di rumah, jadi nanti tinggal scan QR code sesampainya di lokasi."

4 dari 4 halaman

Ragam Penawaran

Penyelenggaraan Brightspot Market 2023 pun didukung BCA. EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya berbagi, "Menurut kami, Brightspot punya objektif yang clear, dan semakin lama semakin ketemu visinya (dengan BCA)."

"Akhirnya, benang merahnya adalah mendukung insiastif perkembangan industri kreatif, sekaligus menstimulasi generasi muda untuk punya banyak opsi dan belajar lebih banyak," imbuhnya.

Selain kemudahan bertransaksi, pihaknya juga menawarkan berbagai promo menarik, yakni:

  1. Voucer belanja senilai Rp100 ribu untuk minimal transaksi Rp300 ribu  khusus untuk transaksi menggunakan myBCA dan Rp200 ribu untuk minimal transaksi Rp800 ribu untuk transaksi menggunakan Kartu Kredit BCA, Debit BCA, dan QRIS di myBCA, BCA Mobile, dan Sakuku.
  2. Double Value penukaran voucer belanja menggunakan Reward BCA minimal Rp50 ribu mendapatkan voucher belanja hingga Rp600 ribu.
  3. Cicilan 0 persen hingga 12 bulan untuk minimal transaksi Rp500 ribu.
  4. Berbagai promo menarik lain di sejumlah tenant Plaza Senayan.

Brightspot Market akan terselenggara pada 27 September hingga 1 Oktober 2023, lalu dilanjutkan pada 6--8 Oktober 2023. "Tenant-nya akan sama dua akhir pekan ini, tapi produk yang dibawa beda," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini